Dilantik, 50 Anggota DPRD Simalungun Kompak Gunakan Baju Adat

Ada 28 wajah baru anggota dewan

Simalungun, IDN Times - Sebanyak 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  (DPRD) Simalungun resmi mengikuti sumpah dan janji jabatan untuk periode 2019-2024. Dalam paripurna ini hadir Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM bersama Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga MSi, Rabu (25/9).

Pengambilan Sumpah/ janji para anggota DPRD ini menarik karena semuanya  berpakaian adat etnis Simalungun. Pria menggunakan Gotong, sedangkan wanita memakai Bulang. Pelantikan dan pengikraran sumpah/janji anggota DPRD ini dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Abdul Hadi Nasution SH MH dan rohaniawan Islam, Kristen dan Katolik.

1. Diawali pembacaan surat keputusan Gubernur Sumut

Dilantik, 50 Anggota DPRD Simalungun Kompak Gunakan Baju AdatDok.IDN Times/istimewa

Sekretaris DPRD Simalungun Sahat ML Simangunsong membacakan surat keputusan Gubernur Sumatera Utara tentang peresmian pemberhentian anggota DPRD Simalungun masa jabatan 2014-2019 dan peresmian pengangkatan anggota DPRD Simalungun masa jabatan 2019-2024. 

Selanjutnya Ketua DPRD masa Jabatan 2014-2019 Drs Johalim Purba menyerahkan palu pimpinan sidang kepada pimpinan sementara Timbul Jaya Sibarani (Partai Golkar) dan Samrin Girsang (PDIP).

Baca Juga: Uniknya Anggota DPRD Binjai, Ada yang Masih Kuliah dan Ada yang Jomblo

2. Pesan Bupati Simalungun kepada anggota DPRD periode sebelumnya

Dilantik, 50 Anggota DPRD Simalungun Kompak Gunakan Baju AdatDok.IDN Times/istimewa

Bupati Simalungun JR Saragih dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerjasama dan dukungan dari DPRD periode 2014-2019 yang telah bersama-sama dalam mendukung pembangunan di Simalungun. Kepada DPRD yang baru diambil sumpah janjinya, Bupati juga menyampaikan ucapan selamat bekerja dan  bergabung bersama-sama melanjutkan pembangunan di Simalungun. 

"Mari kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan, walau tidak lagi menjabat tetapi kita harus tetap bersama membangun Simalungun lebih baik ke depan," ujar JR Saragih.

3. Sebanyak 28 anggota DPRD wajah baru, berikut nama keseluruhan

Dilantik, 50 Anggota DPRD Simalungun Kompak Gunakan Baju AdatDok.IDN Times/istimewa

Hasil pemilihan April 2019 lalu, dari 50 anggota DPRD Simalungun yang dilantik tersebut, 28 orang diantaranya merupakan wajah baru.

Berikut nama-nama Anggota DPRD Simalungun masa jabatan 2019-2024 yang berasal dari 11 partai politik dengan perolehan kursi, Partai Golkar sebanyak sembilan kursi, PDIP (8), Demokrat (7), Gerindra (6), Nasdem (5), Hanura (4), Perindo (4), PKS (2), PAN (2), PPP (2) dan Berkarya (1).

Mereka itu, Timbul Jaya Sibarani, Marandus Tindaon, Sugiarto, Lindung Samosir, Binton Tindaon, Umar Yani, Jaminta Purba, Edi Suprapto dan Jhon Redikalmen Sidauruk (Partai Golkar). 

Maraden Sinaga, Rospita Sitorus, Jhonson Riduan Sinaga, Mariono, Arifin Panjaitan, Jon Manat Purba, Junita Veronica Munthe dan Samrin Girsang (PDIP). 

Walpiden Tampubolon, Johanes Sipayung, Irwansyah Purba, Histoni Sijabat, Erna Sari Purba, Andre Andika Sinaga dan Elias Barus (partai Demokrat). 

Bona Uli Rajagukguk, Juarsa Siagian, Sastro Joyo Sirait, Fao Saut Sinaga, Badri Kalimantan dan Erwin Parulian Saragih (Partai Gerindra). 

Bernhard Damanik, Ucok Alatas, Tumpak Silitonga, Jamerson Saragih dan Karpan Saragih (Partai Nasdem). 

Sarudin Gultom, Esron Simbolon, Suriawan dan Jarusdin Sinaga (Partai Hanura). Linawati Sirait, Agus Irawan Sinaga, Sariadi Saragih dan Saida Purba (Partai Perindo). 

Ikhwanudin Nasution dan Usmayanto (PKS). Hendra Sukma Sinaga dan Adianto Pasaribu (PPP). Edi Sumanto dan Salbin Damanik (PAN). Benfri Sinaga (Partai Berkarya).

Baca Juga: Selamat! Ini 50 Anggota DPRD Langkat  Terpilih 2019-2024

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya