Uniknya Anggota DPRD Binjai, Ada yang Masih Kuliah dan Ada yang Jomblo

30 anggota DPRD Binjai dilantik

Binjai, IDN Times - Sebanyak 30 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Binjai periode 2019-2024 dilantik. Pelantikan berlangsung di gedung dewan sementara, Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Binjai Utara, Selasa (17/9).

Di antara 30 anggota DPRD yang akan menjalani tugasnya. Tiga diantaranya tergolong masih berusia muda dan belia. Bahkan salah satu anggota DPRD yang dilantik belum berumah tangga (lajang).

1. Ryan Prasetiya Kusnanda, anggota DPRD Binjai termuda

Uniknya Anggota DPRD Binjai, Ada yang Masih Kuliah dan Ada yang JombloIDN Times/Handoko

Ryan merupakan anggota legislatif paling muda di Kota Binjai. Politikus Partai Gerindra itu masih berusia 23 tahun. Tapi, dia sudah menikah dengan Meiry Yolanda Zulkarnaen tahun 2015 lalu.

Saat ini, anak dari pasangan Kusprianto dan Erniati itu sudah memiliki dua orang anak laki-laki yang lucu. Walau sudah berkeluarga dan menjadi wakil rakyat, ternyata Ryan masih mengecap pendidikan di semester 7 Universitas Medan Area (UMA) dengan mengambil jurusan Teknik Sipil, mengikuti jejak sang ayah.

Ryan mengajak para anak muda di Kota Binjai untuk meraih mimpi dan cita-cita setinggi langit. "Bersama, kita generasi muda mengejar mimpi, jangan pakai setengah-setengah," ungkap Ryan.

2. Benny Aula Sanjaya, muda dan satu-satunya kader Partai Hanura yang duduk di DPRD Kota Binjai

Uniknya Anggota DPRD Binjai, Ada yang Masih Kuliah dan Ada yang JombloIDN Times/Handoko

Selain Ryan, ada juga anggota DPRD yang tergolong milenial. Benny Aula Sanjaya, pria dengan wajah menawan dan berkulit putih kelahiran Desember 1992 silam. Walau masih berusia 26 tahun, namun Benny sudah memiliki dua anak, laki-laki dan perempuan dari hasil pernikahannya dengan Cut Tiara Aprilia.

Biarpun masih pemula di dunia politik, tapi Benny cukup sukses. Dia berhasil mencatatkan namanya sebagai 'pemenang' dalam pemilihan legislatif dengan suara terbanyak dan satu-satunya kader Partai Hanura yang duduk di DPRD Kota Binjai.

Baca Juga: Unik! Usai Pelantikan Anggota DPRD Sumut Dapat Hadiah Obat Masuk Angin

3. Yudi Pranata, anggota DPRD Binjai muda dan mengaku jomblo

Uniknya Anggota DPRD Binjai, Ada yang Masih Kuliah dan Ada yang JombloIDN Times/Handoko

Menjadi satu-satunya anggota DPRD di Kota Binjai yang masih lajang. Pria ganteng kelahiran 17 Oktober 1991 silam itu juga seorang pengusaha muda yang bergerak di bidang kontraktor. Di sela-sela pelantikan, Yudi mengaku masih belum memiliki pasangan (kekasih). "Belum ada pacarku," kata Yudi tersenyum.

Pria hitam manis yang khas dengan brewoknya itu ternyata sangat mencintai dunia pendidikan. Terbukti, Yudi mendapat gelar sarjana hukum dari Universitas Islam Sumatera Utara (UISU).

Tidak puas dengan S-1 saja, anak ke tiga dari empat bersaudara itu kembali melanjutkan kuliah di Universitas Sumatera Utara (USU). Saat ini, Yudi telah menyandang gelar Magister Kenotariatan.

Setelah dilantik menjadi anggota DPRD, anak dari pasangan Razalie dan Lailani Kalsum itu tidak mematok harus ditempatkan di komisi apa. Di mana pun, kata Yudi dia ditempatkan akan bekerja sungguh-sungguh.

Yudi berharap, anak muda di Kota Binjai untuk menjauhi narkoba dan menjadi sosok anak muda yang kreatif, menginspirasi generasi milenial untuk terus berkarya dan melakukan banyak hal positif. 

4. Ini nama-nama anggota DPRD Binjai terpilih

Uniknya Anggota DPRD Binjai, Ada yang Masih Kuliah dan Ada yang JombloIDN Times/Handoko

Sebanyak 30 anggota DPRD Binjai yang dilantik yakni dari Dapil I Ahmad Azrai Aziz (Gerindra), Ryan Wijaya (PDIP), H Noor Sri Alam Putra (Golkar), M Yusuf (Golkar), Syahrial (Nasdem), Marasonang Lubis (PKS), Sri Susilawati (PPP), Emagata (PAN) dan M Sajali (Demokrat).

Dapil II, Ryan Prasetiya Kusnanda (Gerindra), Yudi Pranata (Gerindra), Gim Ginting (PDIP) Boniran (Golkar), T Matsyah (Nasdem), Fitriyani (PKS), Aidil Putra (PAN) dan Ahmad Hasian Siregar (Demokrat).

Dapil III, Joko Basuki (Gerindra), M Syarif Sitepu (PDIP), Norasiah (Golkar), Kristiana Gusuartini (Golkar), Hairil Anwar (PKS), Ardiansyah Putra (PAN) dan J. Sawitma Nasution (Demokrat)

Dapil IV, M Iskandar (Gerindra), M Atan (PDIP), Mizwar Gunawan Hsb (Golkar), Hairul Sembiring (Nasdem), Irhamsyah Putra Pohan (PPP) dan Benny Aula Sanjaya (Hanura).

5. Sumpah dipimpin Ketua Pengadilan, pelantikan dihadiri langsung Wali kota

Uniknya Anggota DPRD Binjai, Ada yang Masih Kuliah dan Ada yang JombloIDN Times/Handoko

Hadir pada pelantikan tersebut Walikota Binjai HM Idaham, mantan Ketua DPRD Binjai yang baru dilantik sebagai anggota DPRD Sumut Zainuddin Purba, para pejabat Pemko Binjai serta unsur Forkopimda. Sumpah dan janji pada pelantikan tersebut langsung dipimpin Ketua Pengadilan Negeri (PN) Binjai Fauzul SH.

Pada kesempatan tersebut, Pimpinan Dewan sementara H Noor Sri Syah Alam Putra atau akrab disapa Kires, menegaskan agar anggota dewan yang baru dilantik hendaknya lebih profesional untuk memperjuangkan aspirasi maupun hak-hak rakyat.

"Kita juga harus meningkatkan kemampuan agar dapat bersinergi dengan para Forkopimda dengan baik demi kepentingan rakyat," tegas Kires.

Sementara itu, Wali Kota Binjai HM Idaham mengucapkan selamat kepada para anggota dewan yang dilantik. Idaham berharap, ke depannya dapat bekerja dengan lebih baik lagi.

"Semoga menjalankan amanah yang diberikan masyarakat dan dapat bekerja sama dengan pemko maupun Forkopimda," ucap Idaham.

Idaham juga menyampaikan sambutan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) yang mengharapkan legislatif dan eksekutif dapat bersinergi dengan baik. "DPRD dan kepala daerah berkedudukan sejajar tetapi memiliki fungsi yang berbeda. Karena itu diharapkan diharapkan dapat bersinergi," ucap Idaham menyampaikan sambutan Gubsu.

Baca Juga: Mertua Anggota DPRD Binjai Diserang Pekerjanya Saat Makan Rambutan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya