Civitas Ganjar Gelar Diskusi Politik untuk Millennial dan Gen Z

Ajak anak muda untuk melek politik agar gak golput

Medan, IDN Times- Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dengan Civitas Ganjar di Medan menggelar diskusi publik dan rembug anak muda untuk millennial dan gen Z. Diskusi bertemakan "Suara Pemuda, Suara Masa Depan: Gen Z dan Milenial Menuju 2024" di Kafka Cafe, Sabtu (19/8/2023).

Citivas Ganjar merupakan gabungan dari alumni Mmda Universitas Riau (Unri) dan Universitas Sumatera Utara (USU).

"Hari ini kegiatan semacam bincang-bincang aspiratif, itu lebih ke arah diskusi. Biasanya relawan dan elemen-elemen politik ini punya rumah, punya posko. Kali ini, kita yang membawa posko ke tengah masyarakat," kata Koordinator Wilayah Civitas Ganjar, Berry Sitohang dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

1. Banyak kegelisahan para millennial dan gen z soal kondisi politik di Indonesia

Civitas Ganjar Gelar Diskusi Politik untuk Millennial dan Gen ZDiskusi untuk millennial dan gen Z yang digelar Civitas Ganjar di Medan, Sabtu (19/8/2023) (Dok.Istimewa)

Para peserta banyak mengungkap kegelisahan, aspirasi dan pertanyaan-pertanyaan mengenai politik di Indonesia. Hal itu membuat diskusi berjalan menarik.

"Jadi, kami bisa menampung aspirasi sampai pertanyaan yang ingin ditanyakan masyarakat sekitar pemilihan presiden ke depan. Khususnya, untuk anak muda, gen-z dan milenial," ujar Berry.

Berry mengatakan sesuai tujuan para sukarelawan Civitas Ganjar mengadakan kegiatan kali ini, yakni untuk mengedukasi generasi muda tentang politik sekaligus menyadarkan mereka untuk terlibat aktif di dalamnya.

"Tujuan yang pertama, yang paling pokok, kita ingin sekalian juga memberikan edukasi politik, penyadaran politik atau penyadaran hak-hak sipil politik bagi masyarakat khususnya anak muda. Karena, anak muda ini salah satu (kalangan) pemilih di angka yang dominan. Tetapi, masih banyak, dominan yang bersikap apatis terhadap politik," katanya.

Baca Juga: Profil Zinedine Alam Ganjar, Putra Ganjar Pranowo yang Berprestasi

2. Lewat forum-forum diskusi ini, anak muda bisa belajar politik

Civitas Ganjar Gelar Diskusi Politik untuk Millennial dan Gen ZCivitas Ganjar di Medan menggelar diskusi publik dan rembug anak muda untuk millennial dan gen Z di Medan, Sabtu (19/8/2023) (Dok.Istimewa)

Respons positif dari para milenial dan gen-z pun didapatkan dari digelarnya diskusi ini. Apalagi lewat forum-forum seperti ini mereka bisa belajar soal politik.

"Dari beberapa acara termasuk hari ini kami merasakan animo yang luar biasa dari kawan-kawan anak muda. Ternyata, banyak kawan-kawan anak muda ini yang memuji bahkan sampai berkata kenapa dari dulu tidak ada forum seperti ini. Tempat di mana mereka berekspresi sekaligus belajar politik," tutur Berry.

Pada kesempatan itu pihanya juga mensosialisasikan sosok Ganjar Pranowo yang diusung PDI Perjuangan menjadi calon presiden 2024.

"Selama ini teman-teman Kota Medan yang kita jangkau, khususnya anak muda, itu antusias dan semua siap mendukung apalagi melihat sepak terjang dan personanya Pak Ganjar itu sendiri," ujar Berry.

3. Mengajak kaum muda untuk tidak golput

Civitas Ganjar Gelar Diskusi Politik untuk Millennial dan Gen ZDiskusi untuk millennial dan gen Z yang digelar Civitas Ganjar di Medan, Sabtu (19/8/2023) (Dok.Istimewa)

Sementara itu salah seorang peserta Samuel Yoshua Sibarani mengatakan dengan diskusi ini bisa mengajak kaum muda untuk tidak golput saat Pemilu 2024. Hal yang selama ini kerap menjadi fenomena setiap kontestasi pemilihan.

"Kegiatan ini sangat baik untuk terutama milenial atau anak muda karena saya rasa kegiatan ini bisa menambah pemikiran orang muda untuk dapat memilih dan juga ikut politik ke depannya," ujarnya.

Hal itu karena banyak yang tidak mengetahui dan menyadari pentingnya memilih pemimpin yang baik untuk kemajuan bangsa dan negara ke depannya.

"Banyak anak muda itu melakukan golput sekarang. Itu karena, tidak mengerti tentang apa politik ini. Siapa Presiden selanjutnya yang layak untuk kita pilih dan di sini kita dapat belajar itu tadi," kata Samuel.

Soal Ganjar sendiri, Samuel berharap jika terpilih bisa menyalurkan aspirasi kaum muda.  "Harapan saya untuk Pak Ganjar dapat lebih memperhatikan anak muda karena kita anak-anak muda ini bisa menjadikan negara ini menjadi suatu kreativitas yang baru," harapnya.

Salah satu harapannya adalah pengembangan di bidang olahraga. Agar Indonesia bisa lebih banyak prestasi di bidang internasional. "Dalam kegiatan olahraga juga karena anak muda sekarang banyak yang suka olahraga juga. Lebih meningkatkan kegiatan-kegiatan olahraga seperti sepakbola, futsal ataupun voli," tutup Samuel.

Baca Juga: Habis Masa Jabatan 5 September, Gubernur Edy Rahmayadi Mau Jaga Cucu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya