Banyak Even Sport Tourism di Jakarta, Yakin Menarik Wisatawan Medan 

Sudah 300-an pelari Medan daftar Jakarta Marathon 2022

Medan, IDN Times- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang menggalakkan sport tourism dengan hadirnya berbagai fasilitas baru. Hal ini untuk menarik wisatawan datang ke Ibu kota termasuk dari Kota Medan.

Hal itu disampaikan Triatin Permanik selaku Sub Koordinator Urusan Pemasaran Pariwisata Dalam Negeri-Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta di sela gelaran Jakarta Travel Fair 2022 di Medan, Minggu (28/8/2022).

"Setelah dua tahun vakum karena pandemuk, saat ini ada berbagai fasilitas untuk mendukung sport tourism kini tersedia seperti Sirkuit Formula E, ada juga Jakarta Internasional Stadium (JIS). Ini membuktikan keseriusan pemprov mengangkat sport tourism," kata Triatin.

1. Berbagai even Sport Tourism digelar di Jakarta

Banyak Even Sport Tourism di Jakarta, Yakin Menarik Wisatawan Medan Triatin Permanik dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta dan Irwan Kurnia Wisnu, Direktur Inspiro Mega Convexindo, penyelenggara Jakarta Marathon di ajang Jakarta Travel Fair 2022 Medan (IDN Times/Doni Hermawan)

Selain itu bicara sport tourism juga biasanya menyoal even. Di Jakarta ada beberapa even sport yang bisa mendatangkan wisatawan. Salah satunya Jakarta Marathon 2022 yang akan start 16 Oktober 2022 lalu.

"Disparekraf berkolaborasi dengan Jakarta Maraton. Kita serius menggarap sport tourism. Ada wisata lari dan sepeda. Tidak melulu untuk lari profesional. Lari di ikon tertentu didampingi tour guide bercerita tentang tempat bersejarah. Wisata sepeda juga seperti itu dan setiap Minggu," tambahnya.

Untuk itu Disparekraf aktif menggandeng berbagai komunitas. Termasuk komunitas lari.

"Awalnya kita pancing dengan kegiatan dinas. Tapi gak terus-terusan disupport APBD. Kita gandeng komunitas pelari kemudian kita jadi tour guidenya," bebernya.

Selain itu ada juga berbagai even lain yang sedang hype. Seperti kompetisi jetski di Ancol.

Baca Juga: Jakarta Travel Fair 2022 Diyakini Bisa Tarik Wisatawan Medan 

2. Konsep Sport Tourism harus dipikirkan dengan matang

Banyak Even Sport Tourism di Jakarta, Yakin Menarik Wisatawan Medan ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Sementara Direktur Inspiro Mega Convexindo, Irwan Kurnia Wisnu selaku penyelenggara Jakarta Marathon 2022.

"Dari Jakarta Marathon itu bisa melibatkan 12 ribu orang. Sebelum pandemik itu bisa mencapai sekitar 1.600 orang tiap negara. Persiapannya dengan Disparekraf luar biasa. Didukung Pemprov hingga Pemkot. Potensial evennya seperti apa harus dipikirkan. Even ini sudah ada sejak Pak Jokowi Gubernur DKI Jakarta," kata Irwan.

Menurutnya konsep Sport Tourism harus dipikirkan secara matang. "Jadi tidak asal pakai nama sport tourism, tapi bagaimana even itu mendatangkan wisatawan baik dari dalam dan luar negeri. Ketika inbound itu bagus dalam satu even akan ada banyak yang terdampak. Mereka pasti nyari hotel,UMKM souvenir. Perputaran uangnya, bagaimana spent money sport tourism. Kolaborasi jangan putus atau asal-asalan," bebernya.

3. Banyak pelari asal Medan yang ikut Jakarta Marathon

Banyak Even Sport Tourism di Jakarta, Yakin Menarik Wisatawan Medan Danar Widianto saat tampil di Jakarta Travel Fair 2022 (Dok.Istimewa)

Potensinya terlihat menggandeng berbagai pelari dari berbagai kota. Termasuk Medan. "Pelari Medan banyak yang sudah lama ikut Jakarta marathon Tertunda 2 taun. Dari jadwal 2020 ada 300 pelari dari Medan. Kebanyakan juga mereka berlibur ke Jakarta. Medan potensial untuk mengembangkan sport tourisme itu. Banyak ikon yang bisa kita lalui.Kalau maraton harus cari heritagenya satu kota misalnya Istana Maimun, Durian Ucok. Jadi orang tahu di Medan ini ada hal ini dan itu," pungkasnya.

Even Jakarta Travel Fair 2022 di Medan ini digelar sejak Jumat (26/8/2022) hingga Minggu (28/8/2022). Even yang digelar di Atrium Sun Plaza Medan ini menghadirkan peserta dari berbagai atraksi, travel agen, tranporasi, perbankan dan hotel Jakarta. Selain itu juga berbagai hiburan menarik seperti penampilan Saykoji dan ditutup performa penyanyi muda yang lagi hype, Danar Widianto.

Baca Juga: Jakarta Travel Fair 2022 Digelar di Medan, Cek Tanggalnya!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya