Jakarta Travel Fair 2022 Diyakini Bisa Tarik Wisatawan Medan 

Wisata urban Jakarta jadi daya tarik

Medan, IDN Times- Jakarta Travel Fair (JTF) 2022 memilih Kota Medan sebagai salah satu venue. Hal ini karena Medan dianggap pasar yang tepat untuk menarik wisatawan ke Jakarta.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Provinsi DKI Jakarta, Hari Wibowo. "Medan buat kita penting. Buy power warga Medan tinggi. Segmentasi pasar kami tepat di Medan. Jadi kami berharap warga Medan bisa datang untuk menikmati perubahan di Jakarta yang kami jadikan wisata urban dan #kotakolaborasi," kata Hari saat konfrensi pers di Medan, Rabu (24/8/2022).

Jakarta Travel Fair 2022 akan berlokasi di Atrium Sun Plaza Medan pada 26-28 Agustus 2022, mulai 10.00-21.00 WIB dan menghadirkan banyak hiburan, pertunjukan kesenian, games, program bincang-bincang hingga beragam diskon paket wisata dan belanja serta penampilan dari Saykoji dan Danar Widianto.

1. Wisata perkotaan hingga belanja menarik perhatian

Jakarta Travel Fair 2022 Diyakini Bisa Tarik Wisatawan Medan Jakarta Travel Fair 2022 digelar di Medan 26-28 Agustus 2022 (Dok.Istimewa)

Menurut Hari, ada banyak perubahan yang bisa dinikmati wisatawan di Jakarta. Mulai dari Layanan MRT dan LRT mempermudah akses yang terintegrasi dengan transportasi kota dan teknologi komunikasi sehingga ramah untuk semua pendatang. "Berbagai konsep baru ruang ketiga dan wisata urban terus hadir salah satunya taman kota yang turut menjadi rekomendasi tempat wisata, seperti Tebet Eco Park, Taman Ismail Marzuki, Taman Menteng dan taman terbuka lain yang makin nyaman dikunjungi. Selain itu, wisata perkotaan yang tak kalah ikonik seperti Taman Impian Jaya Ancol, Monumen Nasional hingga Wisata Kota Tua yang makin cantik berkat revitalisasi dengan jalur pedestrian sebagai kawasan rendah emisi menjadi pengalaman wisata istimewa," tambahnya.

Selain itu tentunya wisata belanja juga jadi salah satu hal yang spesial di Jakarta. "Siapasih yang ke Jakarta kalau tujuannya gak belanja. Saya pernah dapat cerita seorang wisatawan harus kelebihan bagasi hingga 50 kilogram karena belanja," bebernya.

Baca Juga: Jakarta Travel Fair 2022 Digelar di Medan, Cek Tanggalnya!

2. Wisatawan Medan dan Sumut punya karakter yang unik

Jakarta Travel Fair 2022 Diyakini Bisa Tarik Wisatawan Medan Jakarta Travel Fair 2022 digelar di Medan 26-28 Agustus 2022 (Dok.Istimewa)

Data BPS menunjukkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan ke obyek wisata unggulan menurut lokasi di DKI Jakarta lebih dari 5 juta. Dinas Pariwisata dan Ekonomi kreatif menyambut baik animo masyarakat bertandang di Ibu Kota dengan terus membangun secara nyata ide dan konsep kreatif yang menawarkan pengalaman baru dan menjadi oase di tengah Jakarta, termasuk menciptakan paket wisata untuk publik dengan bekerja sama dengan pegiat wisata Jakarta.

Ketua ASITA Provinsi Sumatera Utara, Solahuddin Nasution mengatakan, wisatawan Medan dan Sumatra Utara punya karakter yang unik. Sehingga memfavoritkan wisata urban.

“Wisatawan Medan dan Sumatera Utara memiliki karakter yang unik saat mengunjungi Jakarta. Wisata urban perkotaan yang trendy dan wisata belanja menjadi daya tarik utama, night life dan kuliner Jakarta juga menjadi andalan yang selalu dicari oleh wisatawan domestik, seperti para pengunjung dari Medan. Banyaknya ruang ketiga yang inklusif di Jakarta dan populer hampir di seluruh Indonesia tentu juga memberikan pesona tersendiri bagi masyarakat daerah. Berswafoto di JPO Phinisi, selfie di Dukuh Atas atau SCBD, menaiki MRT dan Busway, hingga menikmati Kota Tua akan berikan kegembiraan tersendiri saat menikmati Ibu Kota," beber Solahuddin.

3. Jadikan Jakarta sebagai role model wisata heritage

Jakarta Travel Fair 2022 Diyakini Bisa Tarik Wisatawan Medan Gedung-gedung yang berlokasi di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Zumri Sulthony mengatakan agenda Jakarta Travel Fair 2022 menjadi pemicu semangat Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara untuk lebih aktif ke depan melakukan pembenahan dan mempromosikan sektor pariwisata yang ada di Medan dan Sumatra Utara secara umum.

"Menerapkan tata kota yang sesuai dengan karakter kota Medan dan dapat berkontribusi positif membantu penyerapan dan pemulihan wisata dan ekonomi. Kami mendukung penuh pelaksanaan Jakarta Travel Fair 2022, mengingat aktivitas wisata optimal memiliki peran bagi kenaikan jumlah produk domestic bruto (PDB) dan tentunya penyumbang devisa," tambahnya.

Kepala Seksi Promosi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumut, Dedi Arian Rizki Siregar mengatakan, Medan bisa menjadikan Jakarta sebagai role model. Terutama untuk wisata Kota Tua.

"Sumut juga sedang mengembangkan wisata heritage seperti di kawasan Kesawan. Jadi kita bisa mencontoh Jakarta untuk pengelolaannya," pungkasnya.

Nantinya ada berbagai pegiat wisata yang hadir pada JTF kali ini. Mulai dari hotel, perjalanan wisata dan lain-lain.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Jakarta Timur yang Seru, Gak Cuma Mall 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya