Ada Aplikasi Mudik, BPJS Kesehatan Sibolga Siap Beri Pelayanan

Bisa untuk yang tidak terdaftar di kota Sibolga

Sibolga, IDN Times - BPJS Kesehatan Kota Sibolga pastikan bahwa peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tetap akan memperoleh pelayanan kesehatan menjelang libur lebaran Tahun 2019.

Hal ini disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sibolga, Rudhy Suksmawan Hardhiko dalam acara konferensi pers Mudik Nyaman Bersama, Senin (27/5).

"Mulai dari H-7 sampai H+7 Lebaran 2019, atau tepatnya mulai tanggal 29 Mei - 13 Juni 2019, peserta JKN-KIS tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk," jelas Rudhy.

Rudhy mengatakan, jaminan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS merupakan bentuk komitmen BPJS Kesehatan memberikan kemudahan portabilitas bagi peserta JKN-KIS.

"Bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik di luar kota, akan mendapat pelayanan kesehatan dengan cara mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut," jelasnya.

Baca Juga: Mudik Lebaran, BPJS Kesehatan Bisa Dipakai di Luar Kota Terdaftar

1. BPJS sediakan aplikasi mudik BPJS Kesehatan

Ada Aplikasi Mudik, BPJS Kesehatan Sibolga Siap Beri Pelayananpanduanbpjs.com

Dikatakan, bagi peserta JKN-KIS yang ingin melihat daftar FKTP tersebut, saat ini BPJS telah menyediakan sebuah aplikasi Mudik BPJS Kesehatan atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

"Bagi peserta yang membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, maka peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar," bebernya.

Pada kesempatan itu, Rudhy juga menjelaskan bahwa saat ini seluruh fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun lanjutan, wajib memberikan pelayanan penangan pertama kepada peserta JKN-KIS.

"Walaupun dengan kondisi gawat darurat, peserta JKN-KIS akan tetap dilayani, yang terpenting peserta JKN-KIS tetap mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku," jelasnya.

2. Peserta JKN-KIS diharapkan memiliki status kepesertaan yang aktif

Ada Aplikasi Mudik, BPJS Kesehatan Sibolga Siap Beri PelayananIDN Times/Hendra Simanjuntak

Rudhy juga mengingatkan, bagi para peserta JKN-KIS diharapkan disiplin membayar iuran khususnya peserta yang sedang mudik dan selalu membawa kartu JKN-KIS.

"Pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang status kepesertaannya aktif," ungkapnya.

Selain memberikan pelayanan kesehatan yang prima saat hari libur lebaran, pihak BPJS juga telah memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS yang ingin mengetahui informasi pelayanan BPJS melalui aplikasi Mudik BPJS Kesehatan dan mobile JKN.

"Aplikasi tersebut dapat di-download melalui playstore. Dari aplikasi tersebut, peserta BPJS akan mengetahui informasi tentang BPJS, baik alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, dan info penting lainnya tentang BPJS," ungkapnya.

 

3. Layanan BPJS Kesehatan selalu beroperasi selama 24 jam

Ada Aplikasi Mudik, BPJS Kesehatan Sibolga Siap Beri Pelayananpexels/pixabay

Ditambahkannya, saat ini BPJS juga telah memiliki fitur aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) di rumah sakit untuk pendaftaran bayi baru lahir peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

"Layanan BPJS Kesehatan melalui care center 1500 400 ini beroperasi selama 24 jam termasuk hari minggu dan libur, jadi peserta JKN-KIS dapat memperoleh informasi atau menyampaikan pengaduan," ungkapnya.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya