85 Peserta Ikut PTQ RRI Medan, Termasuk untuk Tartil Tuna Netra

Diharapkan lahirkan qari dan qariah nasional

Medan, IDN Times- Pekan Tilawatil Quran (PTQ) LPP RRI Medan resmi dibuka di Auditorium RRI, Minggu (3/4/2022). PTQ yang memasuki edisi ke -52 ini merupakan acara tahunan radio pemerintah itu di bulan suci Ramadan.

Kepala Stasiun LPP RRI Medan, Mirza Musa berpesan kepada seluruh peserta bisa memberikan penampilan terbaik, sehingga wakil RRI Medan yang akan tampil di tingkat nasional bisa meraih juara.

PTQ yang mengusung tema 'Rahmat semesta, pulih bersama, bangkit perkasa' ini tentu diharapkan menjadi spirit bersama untuk tetap menyiarkan kalam ilahi meski masih dalam suasana pandemi Covid -19

"Melalui tema ini nantinya para peserta yang meraih juara, kami harapkan bisa mewakili di tingkat nasional yang akan berlangsung di Takengon," harap Mirza.

1. Diharapkan PTQ RRI nasional berikutnya digelar di Medan

85 Peserta Ikut PTQ RRI Medan, Termasuk untuk Tartil Tuna NetraIlustrasi Al-Qur'an dan Buku Yasin (IDN Times/Besse Fadhilah)

Mirza juga menginginkan untuk pelaksanaan PTQ RRI tingkat nasional di tahun berikutnya bisa dilaksanakan di Medan. Namun, harus tetap disinergikan dengan pemerintah daerah demi suksesnya acara. "Mudah - mudahan RRI Medan tahun depan atau dua tahun mendatang bisa menjadi tuan rumah. Maka, harus juga bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah," katanya. 

Lebih lanjut dikatakan Mirza, untuk pemenang cabang Tilawah putra/putri, Tahfiz putra/putri, dan Tartil tuna netra putra berhak mewakili Medan ke tingkat nasional. 

"Untuk cabang tartil yang mewakili Medan akan diberangkatkan ke nasional. Mudah - mudahan RRI Medan bisa juara. Begitu juga untuk cabang lain bisa juara di tingkat nasional," pesan Mirza.

Baca Juga: PTQ RRI Medan Digelar, Ada Lomba Tartil Qur’an Tuna Netra 

2. Diharap jadi embrio lahirnya qari dan qariah nasional hingga internasional

85 Peserta Ikut PTQ RRI Medan, Termasuk untuk Tartil Tuna Netrapixabay/pexels

Sementara ketua Forum Komunikasi Pemerhati (FKP) RRI Medan, Ustadz M Fadli Sudiro,berharap PTQ RRI Medan menjadi embrio sekaligus rahimnya para qari dan qariah nasional bahkan internasional. Apalagi Medan merupakan gudangnya qari dan qariah yang sudah banyak meraih prestasi terbaik di tingkat internasional.

"Harapannya lahirlah generasi - generasi qurani di masa mendatang yang akan menjadi bagian pemimpin negeri. Tentunya generasi - generasi yang mendapat tuntutan Alquran. Kita berharap mereka bisa menjadi juara di tingkat nasional nanti," tutur Ustadz Fadli.

3. Total diikuti 85 peserta dan termasuk tuna netra

85 Peserta Ikut PTQ RRI Medan, Termasuk untuk Tartil Tuna NetraPembukaan PTQ ke-52 RRI Medan (Dok.Istimewa)

Sementara ketua panitia PTQ, Imelda Adnin menyampaikan, total jumlah peserta yang mengikuti lomba berjumlah 85 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 46 peserta cabang tilawah putra/putri, kemudian 14 peserta cabang Tausiyah putra/putri, Tahfiz Qur'an 15 Juz putra/putri diikuti 21 peserta, dan Cabang tartil Qur'an sensorik tuna netra putra. 

"Hari pertama yang dimulai cabang Tilawah. Kemudian Senin cabang Tausiyah dan Tahfiz, serta hari ketiga untuk Tartil sensorik tuna netra dan final cabang tilawah," jelas Imelda. 

Adapun dewan hakim pada acara PTQ RRI Medan 2022, yakni Tuah Sirait (ketua dewan hakim), Syaifuddin Hazmi Lubis (anggota), dan H Ahmad Muhajir (anggota).

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 Hijriah untuk Kota Medan dan Sekitarnya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya