77 Rumah di Sergai Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Desa Pematang Pelintahan paling parah

Medan, IDN Times- Sebanyak 77 rumah warga di Kabupaten Serdang Bedagai rusak karena hujan deras disertai angin puting beliung pada Selasa (22/8/2023) malam. Ada empat kecamatan di Sergai yang terdampak. 

Bupati Sergai Darma Wijaya menyambangi wilayah-wilayah yang terdampak pada Rabu (23/8/2023) pagi tadi. Didampingi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sergai Fritz Ueki Prapanca Damanik, mereka menuju Desa Pematang Pelintahan Kecamatan Sei Rampah yang paling parah terdampak.

“Dari beberapa desa yang terkena dampak bencana puting beliung, Desa Pematang Pelintahan Kecamatan Sei Rampah merupakan desa dengan kerusakan paling banyak yakni sekitar 56 rumah. Namun ada beberapa rumah warga dari desa lain yang juga terkenda dampak di kecamatan lainnya," kata Darma, Rabu (23/8/2023). 

1. Pemkab Sergai akan bantu agar rumah bisa diperbaiki

77 Rumah di Sergai Rusak Diterjang Angin Puting BeliungBupati Sergai Darma Wijaya meninjau rumah warga yang rusak diterjang angin puting beliung (Dok.Istimewa)

Darmawa mengaku prihatin atas musibah yang dialami warganya. Kepada warga dia menjanjikan akan mencari solusi untuk perbaikan rumah. 

"Pemkab Sergai terus mencari solusi untuk segera dapat memberikan bantuan dari pemerintah daerah sekaligus berupaya agar rumah warga dapat segera diperbaiki," ujar Darma.

Baca Juga: Berangkat Dinas Pagi, Polisi di Sergai Tewas Kecelakaan

2. Total 77 rumah di 4 kecamatan rusak

77 Rumah di Sergai Rusak Diterjang Angin Puting BeliungBupati Sergai Darma Wijaya meninjau rumah warga yang rusak diterjang angin puting beliung (Dok.Istimewa)

Sementara itu, Kepala BPBD Sergai Fritz Prapanca Damanik menjelaskan, ada beberapa desa dari empat kecamatan yang terdampak. Antara lain, Desa Pematang Pelintahan dan Desa Sei Rejo (Kecamatan Sei Rampah), Desa Paya Lombang (Kecamatan Tebing Tinggi), Desa Bandar Tengah (Kecamatan Bandar Khalifah), Desa Tebing Tinggi, Desa Mangga Dua dan Desa Nagur (Kecamatan Tanjung Beringin)

“ Secara keseluruhan total rumah yang mengalami rusak sebanyak 77 rumah dengan rincian rusak berat sebanyak 50 rumah dan rusak ringan 27 rumah,” bebernya.

3. BPBD akan salurkan bantuan untuk perlengkapan renovasi rumah

77 Rumah di Sergai Rusak Diterjang Angin Puting BeliungBupati Sergai Darma Wijaya meninjau warga yang rumahnya rusak diterjang angin puting beliung (Dok.Istimewa)

Fritz menambahkan untuk perbaikan BPBD menyalurkan bantuan dari Pemkab Sergai untuk renovasi rumah warga. 

"Pemkab Sergai melalui BPBD terus mengupayakan bantuan stimulan berupa Bantuan Tidak Terduga (BTT) dari pemerintah daerah untuk kebutuhan bantuan perlengkapan renovasi rumah warga seperti seng dan broti," pungkasnya.

Baca Juga: Hampir Menyerah, Wisudawati IPK 4.0 Unimed Ungkap Rahasia Belajarnya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya