3 Kelurahan Ini Masuk Zona Merah untuk Pilkada Binjai 2020

Polres Binjai siap beri perhatian ekstra untuk pengamanan

Binjai, IDN Times - Dalam rangka persiapan Pemilihan Wali kota dan Wakil Wali Kota Binjai tahun 2020. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar rapat koordinasi dengan Kapolres Binjai.

Dalam rapat tersebut, ada beberapa hal yang menjadi pembahasan. Salah satunya adalah membahas daerah mana saja yang masuk dalam titik rawan (zona rawan) di Kota Rambutan ini.

1. Perkenalkan diri dan jalin tali silaturahim

3 Kelurahan Ini Masuk Zona Merah untuk Pilkada Binjai 2020Bawaslu dan Kapolres Binjai berkoordinasi jelang Pilkada Binjai 2020 (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Ketua Bawaslu Kota Binjai, Arie Nurwanto mengakui, memang kedatangan mereka ke Mapolres Binjai guna menemui Kapolres AKBP Romadhoni, guna memperkenalkan para staf dan dalam pertemuan itu ada sedikit pembahasan jelang Pemilu.

"Kebetulan Kapolres Binjai, terbilang baru menjabat, untuk itu kami memperkenalkan diri guna menjalin silaturahim. Dalam pertemuan kami juga berkoordinasi permasalahan Gakkumdu pada Pilwaki nanti," kata Arie Nurwanto, Rabu (22/1).

Baca Juga: Pilkada Medan 2020, NasDem Beri Sinyal Kuat Dukung Menantu Jokowi

2. Ada beberapa daerah masuk zona merah

3 Kelurahan Ini Masuk Zona Merah untuk Pilkada Binjai 2020Bawaslu dan Kapolres Binjai berkoordinasi jelang Pilkada Binjai 2020 (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Arie Nurwanto menjelaskan, secara khusus telah menyampaikan indeks kerawanan pemilu kepada Kapolres Binjai. Harapannya akan ada perhatian lebih untuk beberapa daerah yang selama ini kerap terjadi pelanggaran pemilu.

"Kepada Kapolres sudah kami sampaikan indeks kerawanan pemilu, yang terbilang terjadinya kerawanan dan kecurangan dan intimidasi. Kelurahan Tanah Seribu, Tanah Merah, dan Kelurahan Bhakti Karya di Kecamatan Binjai Selatan," ujarnya.

Dengan demikian, kata Arie, pihak Bawaslu berharap bisa terus berkoordinasi dengan aparat kepolisian, guna pengamanan kantor dan wilayah demi Pemilu yang aman, damai, dan kondisif.

"Biasa di sana (zona rawan) kerap terjadi gesekan saat pemasangan alat peraga kampanye, ada APK yang dirusak, dicoret dan hilang. Kami bersyukur Kapolres juga merespon baik dan positif apa yang telah disampaikan," jelasnya.

3. Masuk zona merah, polisi beri perhatian lebih

3 Kelurahan Ini Masuk Zona Merah untuk Pilkada Binjai 2020Bawaslu dan Kapolres Binjai berkoordinasi jelang Pilkada Binjai 2020 (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Kapolres Binjai melalui Kasubag Humas Polres Binjai, AKP Siswanto Ginting mengapresiasi silaturahmi dan langkah cepat Bawaslu Binjai dalam berkoordinasi. Kedepan apa yang disampaikan Bawaslu Binjai menjadi perhatian pihak aparat penegak hukum.

Terkait zona merah, Kapolres Binjai, AKBP Romadhoni Sutardjo akan melakukan upaya dengan menemui tokoh-tokoh masyarakat setempat agar ikut serta dalam suksesmya Pilwako Binjai yang aman dan kondisif.

"Apa yang disampaikan Bawaslu Binjai akan jadi perhatian Polres Binjai. Harapannya silaturahmi stakeholder terkait Pilwako bisa lancar hingga pemilu selesai aman dan kondusif. Untuk zona merah pastinya akan dilakukan upaya-upaya penegakan Kamtibmas," pungkas AKP Siswanto Ginting.

Baca Juga: Pendaftaran PPK Pilkada Medan 2020 Dibuka, Ini Jadwal dan Caranya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya