Warga Cemas, Harimau Sumatra Diduga Mangsa Anak Sapi di Tangkahan 

Tim diturunkan antisipasi konflik berkelanjutan

Langkat, IDN Times - Konflik antar Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) dengan manusia terus terjadi di sekitar Taman Nasional Gunung Lauser (TNGL). Terbaru, dikabarkan si belang memangsa satu ekor anak sapi (lembu) di sekitar wisata alam Tangkahan, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

"Benar, kemarin kejadiannya. Kami ada mendapat laporan dari tim Taman Nasional Gunung Lauser (TNGL) terjadinya konflik," kata Kepala Seksi Wilayah II BBKSDA Sumut Herbert Aritonang, melalui pesan whatsapp, Kamis (27/4/2023).

1. Tim akan diturunkan tangani konflik berkelanjutan

Warga Cemas, Harimau Sumatra Diduga Mangsa Anak Sapi di Tangkahan Harimau Sumatra Citra Kartini saat berada di Sanctuary Harimau Barumun, Paluta, Sumut. (Saddam Husein for IDN Times)

Atas kejadian ini, Herbert mengakui, jika pihaknya saat ini sudah melakukan penangan awal. Seperti memang kamera trap dan kadang jebak serta mengusir Harimau agar tidak kembali masuk ke perkampungan warga. "Besok akan diterjunkan tim gabungan untuk penanganan lebih lanjut," jelas Herbert.

Dirinya juga tidak menampik jika ada satu ekor hewan ternak lembu milik warga yang dimangsa. Untuk itulah, pihaknya akan terus melakukan antisipasi agar konflik tidak berkelanjutan. "Kita berharap agar konflik segera teratasi dan tidak ada korban jiwa," tegas Herbert.

Baca Juga: Hendak Takziah, Satu Keluarga Tewas Kecelakaan di Aceh Timur

2. Warga masih cemas meski konflik sudah ditangani pihak terkait

Warga Cemas, Harimau Sumatra Diduga Mangsa Anak Sapi di Tangkahan Harimau Sumatra, yang masuk perangkap dan berhasil diamankan petugas di Langkat (IDN Times/ istimewa)

Meski sejauh ini pihak terkait sudah melakukan penanganan. Warga disana masih diterpa rasa cemas akan konflik berkelanjutan. Warga juga sempat memposting hewan yang dimangsa Harimau Sumatra dan beredar luas di media sosial.

Tampak satu ekor anak sapi mati dengan luka gigitan pada bagian paha belakang. Tak hanya itu dalam postingan dibumbuhi tulisan agar warga mewaspadai kejadian ini.

"Waspada! untuk warga kawasan Tangkahan, Kabupaten Langkat, diharapkan waspada, karena Harimau Sumatra sudah turun gunung dan mulai memangsa hewan ternak" tulis salah satu akun.

3. Rusaknya ekosistem alam disinyalir kuat membuat hewan buas keluar hutan

Warga Cemas, Harimau Sumatra Diduga Mangsa Anak Sapi di Tangkahan Harimau Sumatra, yang masuk perangkap dan berhasil diamankan petugas di Langkat (IDN Times/ istimewa)

Dalam postingan lain juga memberikan himbauan agar manusia dapat menjaga kelestarian dan ekosistem. Karena dengan menjaga ekosistem serta kelestarian alam hutan kemungkinan hal seperti ini tidak akan terjadi.

Sehingga konflik ini dapat terjaga dan antar hewan buas dan manusia dapat hidup berdampingan. Sebab, tidak hanya kali ini saja Harimau Sumatra memangsa hewan ternak. Untuk di Kabupaten Langkat, sudah untuk kesekian kalinya hewan buas ini memangsa hewan ternak yang dilepas liarkan.

"Jaga ekosistem Gunung Lauser sebelum mereka semua turun gunung" tulis postingan lain yang beredar di media sosial.

Baca Juga: Korban Truk Masuk Jurang Bertambah, 5 Meninggal 38 Luka-Luka

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya