Viral Video Wanita Imami Pria di Langkat, Disebut Hanya Konten Youtube

Padepokan Sendang Sejagat sebut video diedit sepenggal

Langkat, IDN Times - Rekaman video yang menunjukkan seorang wanita memimpin salat (imam) dengan makmunya laki-laki, sempat viral dan menghebohkan. Khususnya warga Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

Dalam video berdurasi sekitar 26 menit lebih ini, menggambarkan situasi mulai dari seorang pria kesurupan hingga salat yang diimami wanita. Hingga video tersebar luas dan menjadi tontonan dan dibanjiri berbagai komentar.

1. Video sempat viral, menjadi perhatian kepolisian dan MUI Langkat

Viral Video Wanita Imami Pria di Langkat, Disebut Hanya Konten YoutubeIlustrasi medsos (Unsplash.com/Plann)

Video itupun disebut-sebut dibuat di salah satu Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Khafiyah. Namun ternyata, video tersebut digagas oleh Padepokan Sendang Sejagat yang berada di Hinai Kiri, Kecamatan Secanggang, Langkat, Sumatera Utara, untuk konten di Youtube.

Kemudian Jumat, 30 Juni 2023 pihak kecamatan, kepolisian, MUI Langkat, dan pimpinan Padepokan Sendang Sejagat, telah melakukan mediasi dan klarifikasi terkait video seorang wanita memimpin salat dan makmumnya laki-laki. "Sudah diklarifikasi," kata Kasat Intel Polres Langkat, AKP M Syarif Ginting, Sabtu (1/7/2023).

Baca Juga: Mahfud Sebut Ada Dugaan Tindak Pidana di Pondok Pesantren Al Zaytun

2. Klarifikasi dari pihak pimpinan Padepokan Sendang Sejagat

Viral Video Wanita Imami Pria di Langkat, Disebut Hanya Konten YoutubePotongan video perempuan jadi imam salat (Screenshot Youtube Al Anshnaf Bandit PSS)

Adapun yang disampaikan oleh pimpinan Padepokan Sendang Sejagat, Sunaryo alias Mas Karyo, dalam kegiatan mediasi dan klarifikasi, jika permasalahan ini timbul karena terdapat tayangan sepenggal dari video tersebut.

"Dari awal chanel Youtube dibuat hanya untuk hiburan semata-mata, dan tidak bermaksud menyinggung atau menistakan agama serta tidak bermaksud membuat kontroversial dalam masyarakat," jelas Karyo.

Diakui Karyo, video viral itu sebenarnya video konten berupa film pendek dengan judul "Pesantren Sesat Dapat Menghapus Dosa".

3. Diakui pimpinan pondok video viral karena ada oknum atau mengedit hingga terpotong

Viral Video Wanita Imami Pria di Langkat, Disebut Hanya Konten YoutubePimpinan Padepokan Sendang Sejagat membuat video klarifikasi usai video viral di Medsos (IDN Times/ istimewa)

Adapun ini bertujuan mengedukasi kepada masyarakat agar tidak terjerumus dan terpengaruh terhadap ajaran Islam yang menyimpang. "Video tersebut viral karena adanya oknum yang memotong atau mengedit video dengan adegan penyimpangan yang dilakukan Ponpes Al-Khafiyah, tanpa melihat isi penuh dalam video yang sebenarnya," terang Karyo.

Dalam alur cerita film yang dibuat pihak Padepokan Sendang Sejagat, ingin membuktikan dan menyadarkan kepada pengikutnya, Ponpes Al-Khafiyah mengajarkan ajaran Islam yang menyimpang dengan cara-cara sihir atau gendam agar pengikutnya mengikuti perintah guru ponpes tersebut. Guru Ponpes menjanjikan dapat menghapus dosa pengikutnya dengan membayar uang sebesar Rp 50 juta.

Sehingga harapan dengan adanya film tersebut,  Pimpinan Padepokan Sendang Sejagat ingin mengedukasi kepada masyarakat agar tidak terpengaruh dan terjerumus kepada Ponpes yang mengatasnamakan Islam untuk meraup keuntungan pribadi. Sementara itu, pihak kecamatan, kepolisian, dan MUI Langkat, mengunjungi Lokasi Padepokan Sendang Sejagat. Selanjutnya dilaksanakan video klarifikasi oleh pihak Padepokan Sendang Sejagat.

Baca Juga: 348 Kg Sabu dari Malaysia Gagal Diselundupkan ke Aceh

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya