SMAN 1 Binjai Masuk Sekolah Terbaik UKBI dari Kemendikbud-Ristek 

Pelajar SMAN 1 Binjai juga berprestasi di berbagai kompetisi

Binjai, IDN Times - Sebuah prestasi yang membanggakan diraih Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Binjai, Sumatera Utara. Salah satu sekolah favorit di kota Rambutan itu masuk 40 daftar sekolah terbaik penerima apresiasi kegiatan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka.

"Kegiatan UKBI Adaptif Merdeka ini dilaksakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, yang puncaknya pada 28 Oktober 2021 lalu," kata Kepala SMA Negeri 1 Binjai, Syahfrizal Tarigan, Senin (8/11/2021).

1. Prestasi diharapkan bisa ditingkatkan

SMAN 1 Binjai Masuk Sekolah Terbaik UKBI dari Kemendikbud-Ristek Tambang Emas Martabe Salurkan Beasiswa Martabe Prestasi 2020 (Dok. IDN Times)

Syahfrizal menegaskan, dalam kegiatan UKBI ini, SMA Negeri 1 Binjai satu-satunya sekolah di Sumatera Utara yang meraih apresiasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

"Alhamdulillah, SMA Negeri 1 Binjai masuk dalam sekolah terbaik giat UKBI nasional. Mudah-mudahan prestasi ini dapat ditingkatkan untuk lebih baik lagi ke depannya," jelas Syahfrizal.

2. Sejumlah pelajar di SMA Negeri 1 juga ikuti kompetisi tingkat provinsi dan nasional

SMAN 1 Binjai Masuk Sekolah Terbaik UKBI dari Kemendikbud-Ristek Ilustrasi Pelajar (SMP). IDN Times/Mardya Shakti

Syahfrizal menambahkan, selain berprestasi di tingkat nasional. Sejumlah pelajar SMA Negeri 1 Binjai, juga mengikuti berbagai kompetisi di tingkat Sumatra Utara. Di antaranya meraih juara.

"Alhamdulillah, pelajar SMA Negeri 1 Binjai, yang mengikuti kompetisi tingkat Sumut untuk kegiatan Kompetisi Sains Nasional dan berhasil menjadi finalis tingkat nasional mewakili Sumatra Utara di bidang Biologi," kata dia.

3. Berikut pelajar yang mengikuti berbagai kompetisi tingkat Sumut dan nasional

SMAN 1 Binjai Masuk Sekolah Terbaik UKBI dari Kemendikbud-Ristek Tambang Emas Martabe Salurkan Beasiswa Martabe Prestasi 2020 (Dok. IDN Times)

Menurut Syahfrizal, sejauh ini Reyhan Devishkar Almahmud, pelajar kelas XII MIPA 1 saat ini tengah berjuang untuk meraih medali di tingkat nasional. Kompetisi ini dimulai 8-9 November 2021 dan dilaksanakan secara daring.

Selain itu, jelas dia kembali, peserta didik disana atas nama Wiadela Rahma Rasikah, kelas X IPA 2 juga meraih juara 1 lomba baca puisi Gebyar Bulan Bahasa V Tingkat Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut, Cabang Dinas Stabat.

"Ada juga atas nama Shavana Salsabillah, pelajar kelas XI IPA 3, peserta karate putri pada lomba kompetisi  tingkat provinsi di Berastagi, dan Wira Halim, pelajar kelas XII IPA 3, mengikuti seni gitar solo pada festival lomba seni siswa nasional tingkat Sumut di Berastagi," timpal dia.

4. Diharapkan dapat meningkatkan motivasi bagi siswa dan siswi lainya

SMAN 1 Binjai Masuk Sekolah Terbaik UKBI dari Kemendikbud-Ristek Penyerahan medali di Lomba Panahan Tingkat Nasional Balikpapan Indoor Archery Competition di Bandara SAMS Sepinggan (Dok.Humas Bandara SAMS Sepinggan)

Untuk meningkatkan prestasi para pelajar, pihak sekolah telah memberikan apresiasi kepada para pelajar yang mengikuti kompetisi tingkat Sumut maupun Nasional.

"Kita harapkan, pemberian apresiasi dapat meningkatkan motivasi siswa/ siswi yang lain untuk lebih berprestasi dan mengharumkan sekolah, baik tingkat provinsi, nasional, maupun internasional," harap Syahfrizal.

Baca Juga: Kisah Lina, Memilih Jadi Bidan di Medan Ketimbang Sekolah di Jerman

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya