RSU Bidadari Binjai Juara Favorit Kompetisi Mutu Pelayanan BPJS

Lomba diikuti seluruh rumah sakit di Indonesia

Binjai, IDN Times - Rumah Sakit Umum Bidadari Binjai berhasil menjuarai lomba Fast Competition faskes tahun 2023 tingkat nasional yang diadakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. RSU Bidadari Binjai menjadi satu-satunya wakil Sumatra Utara dan Aceh yang maju sampai babak final dan berhasil meraih juara favorit menyingkirkan ribuan rumah sakit yang ada di Indonesia dalam peningkatan mutu pelayanan.

Sertifikat penghargaan sebagai juara favorit yang ditandatangani Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti dan diserahkan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan, dr. Yasmin Ramadhana Harahap kepada Komisaris PT Bidadari Medikal Nusantara H. Nurdiansyah di Aula RSU Bidadari Binjai, Jumat (8/9/2023).

1. Fast Competition merupakan kompetisi strategi peningkatan mutu layanan di fasilitas kesehatan

RSU Bidadari Binjai Juara Favorit Kompetisi Mutu Pelayanan BPJSDirektur Jaminan Perlayanan Kesehatan, Lily Kresnowati mengungkapkan BPJS Kesehatan berperan dalam hal memberikan penjaminan akses layanan kesehatan sebagai upaya penanganan stunting, mulai dari akses kesehatan bagi ibu saat hamil, saat persalinan maupun pasca persalinan. (Dok. BPJS Kesehatan)

Direktur RSU Bidadari Binjai, dr Esti Aditya Dewi bersyukur RSU Bidadari Binjai berhasil menjuarai Fast Competition faskes tahun 2023. "Fast Competition merupakan kompetisi strategi peningkatan mutu layanan di fasilitas kesehatan yang merujuk pada program Transformasi Mutu Layanan Nasional dengan tema strategi Peningkatan mutu layanan JKN yang mudah, cepat dan setara," katanya.

Esti menjelaskan di Fast Competition faskes 2023 RSU Bidadari Binjai menampilkan dua video yang menunjukan layanan inspiratif fasilitas kesehatan kepada peserta JKN dan implementasi fasilitas kesehatan terhadap maklumat janji layanan JKN

"Fast Competition faskes 2023 dilaksanakan di bulan juli dimulai dari babak penjurian finalis, RSU Bidadari Binjai berhasil raih top 25 nasional setalah dilakukan penilaian, kemudian dipenilaian Onsite berupa kunjungan Visitasi dari BPJS Pusat di bulan agustus RSU Bidadari Binjai berhasil raih top 5 dan terpilih sebagai juara favorit dalam peningkatan mutu pelayanan," katanya.

Baca Juga: Radio Suara Binjai Sarana Hiburan dan Edukasi di Lapas Binjai

2. RSU Bidadari Binjai melakukan optimalisasi penggunaan Mobile JKN

RSU Bidadari Binjai Juara Favorit Kompetisi Mutu Pelayanan BPJSDirut RSU Bidadari menerima penghargaan dari BPJS Kesehatan (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Esti mengatakanm RSU Bidadari Binjai mendukung penuh digitalisasi layanan guna efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam melaksanakan transformasi mutu layanan.

"Dalam mendukung digitalisasi layanan itu, RSU Bidadari Binjai melakukan optimalisasi penggunaan Mobile JKN, sehingnga dapat menurunkan antrian dalam pelaksanaan serta peningkatan kepuasan pasien," ucapnya.

Saat ini RSU Bidadari Binjai sedang mengikuti kompetisi lomba faskes berkomitmen dan lomba open inovasi faskes yang juga diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. "Mohon doa restu dan dukungan semua pihak agar RSU Bidadari Binjai dapat kembali meraih hasil maksimal dan dapat membawa nama baik Kota Binjai di kancah Nasional," harapannya.

3. Fast Competition guna meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit diseluruh Indonesia

RSU Bidadari Binjai Juara Favorit Kompetisi Mutu Pelayanan BPJSDirut RSU Bidadari menerima penghargaan dari BPJS Kesehatan (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan, dr. Yasmin Ramadhana Harahap, MM mengatakan, perlombaan Fast Competition faskes tahun 2023 dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Ke-55 BPJS Kesehatan terkait strategi mutu layanan fasilitas kesehatan.

"Rumah sakit Bidadari Binjai masuk sebagai juara favorit Fast Competition dan hari ini penyerahan sertifikat penghargaan dan uang tunai yang kami berikan," katanya.

Yasmin mengatakan, perlombaan Fast Competition faskes tahun 2023 diikuti seluruh rumah sakit di Indonesia  lima rumah sakit masuk dalam nominasi salah satunya RSU Bidadari Binjai.

"Setelah dilakukan penilaian dari Kantor Pusat BPJS Kesehatan tanpa pemberitahuan dan melakukan wawancara dengan orang yang berobat secara acak untuk melihat langsung apakah sudah sesuai seperti video yang dikirim oleh RSU Bidadari Binjai ternyata hasilnya benar, bagus mutu layanannya dan terpilihlah sebagai juara favorit," ucapnya.

Ia berharap pelayanan yang sudah bagus terus di RSU Bidadari Binjai ini dapat dipertahankan dan kalau bisa ditingkatkan. "Sehingga masyarakat peserta JKN lebih nyaman berobat karena mutunya sudah terjamin," pungkasnya.

Baca Juga: Otak Pelaku Pembunuh Eks DPRD Langkat Divonis 15 Tahun, Sidang Ricuh

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya