Rekrutmen Calon Badan Adhoc, KPU Binjai Perkenalkan Aplikasi SIAKBA

Aplikasi yang mempermudah pendaftaran calon badan Adhoc

Binjai, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai, Sumatra Utara, memperkenalkan Sistem Informasi Anggota KPU Badan Adhoc (SIAKBA). Perangkat sistem teknologi informasi ini berbasis web dalam rangka memfasilitasi tahapan seleksi anggota KPU Provinsi, Kabupaten/ Kota dan Badan Adhoc (PPK, PPS, PPLN).

"Nantinya pelamar tidak lagi mendaftar dengan membawa berkas ke kantor KPU Binjai, melainkan melalui aplikasi," kata Komisioner KPU Kota Binjai Robby Effendi, Jumat (28/10/2022).

1. Pendaftaran badan adhoc dibuka, aplikasi dapat diakses 15 atau 16 November 2022

Rekrutmen Calon Badan Adhoc, KPU Binjai Perkenalkan Aplikasi SIAKBAKomisioner KPU Binjai Divisi SDM dan Parmas, Robby Effendi mengumumkan pendaftaran PPK (Dok.IDN Times/istimewa)

Robby mengatakan, pendaftaran Badan Adhoc untuk PPK dan PPS melalui aplikasi SIAKBA mulai dibuka pada tanggal 15 dan 16 November 2022 mendatang. Bagi pelamar yang ingin melakukan pendaftaran dapat mengakses siakba.kpu.go.id. Cara mendaftarnya juga sangat mudah, hanya mengikuti intruksi dalam aplikasi SIAKBA.

"Mendaftar melalui website caranya dengan membuat akun dan diminta e-mail pelamar. Kemudian ikuti langkah selanjutnya, buat password dan nanti akan masuk balasan di e-mail pelamar," beber Robby, sedikit menggambarkan cara melakukan pendaftaran.

Baca Juga: Obat Sirop Dilarang, Apotek di Binjai-Langkat Akui Omzet Berkurang

2. Ikuti proses, mendaftar melalui SIAKBA dipastikan tidak rumit

Rekrutmen Calon Badan Adhoc, KPU Binjai Perkenalkan Aplikasi SIAKBAKomisioner KPU Binjai (Dok.IDN Times)

Dirinya memastikan, jika pelamar yang mendaftar melalui SIAKBA tidak rumit. Pelamar tinggal mengikuti proses dan arahan atau bimbingan dari aplikasi yang telah tertera. Sebab semua akan diarahkan dalam aplikan.

"Nanti bakal diminta ijazah, kemudian surat berkelakuan baik dan sebagainya, tinggal upload. Tidak rumit," jelas Robby.

3. Peranan badan adhoc hal vital dalam penyelenggaraan Pemilu

Rekrutmen Calon Badan Adhoc, KPU Binjai Perkenalkan Aplikasi SIAKBAKomisioner KPU Provinsi Ira didampingi komisioner KPU Binjai saat memberikan keterangan (IDN Times/ istimewa)

Robby mengakui, bahwa peranan badan adhoc merupakan hal yang vital dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu). Badan adhoc merupakan ujung tombak KPU, oleh karenanya perlu merekrut orang-orang yang memiliki kualitas.

"Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat menciptakan sistem pekerjaan yang praktis, akurat dan ramah penggunaannya," tegas dia, sembari mengakui dalam minggu pertama atau kedua ini KPU Binjai akan segera melakukan sosialisasi terkait aplikasi SIAKBA. 

Baca Juga: KPU Binjai Sosialisasikan Tahapan Pemilu, Polisi Petakan Daerah Rawan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya