Rakit Berbentuk Tank Hingga Kapal Tempur Selusuri Sungai Bingai Binjai

Cara Pemko Binjai memeriahkan HUT ke-78 RI 

Binjai, IDN Times - Sebanyak 78 peserta ambil bagian dalam perlombaan rakit hias yang diselenggarakan Pemerintah Kota Binjai. Kegiatan dilakukan dalam rangka menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-78, Sabtu (13/8/2023).

Para peserta yang mengikuti mulai dari berbagai instansi di Kota Binjai mulai dari KONI, Kejaksaan dan satuan TNI - Polri serta masyarakat. Para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan yang berpusat di aliran Sungai Bingai ini.

1. Berbahan dasar batang pisang, ada rakit berbentuk tank hinggaa kapal tempur

Rakit Berbentuk Tank Hingga Kapal Tempur Selusuri Sungai Bingai BinjaiPerlombaan rakit hias yang diselenggarakan Pemko Binjai meriahkan kemerdekaan RI ke-78 (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Peserta terlihat mendekorasi rakit berbahan dasar batang pisang sangat kreatifitas dengan gaya masing-masing. Mulai dari rakit berbentuk tank, kapal tempur hingga kapal pesiar terlihat menelusuri sungai.

Kemeriahan dan kesemarakan terlihat jelas dengan antusias ratusan warga yang memadati bantaran (pinggir) sungai hingga disetiap jembatan. Bahkan ratusan masyarakat ini berteriak terus menerus memberi semangat kepada para peserta.

Terlebih ketika melihat Walikota Binjai Amir Hamzah melintas dengan menggunakan rakit yang didekorasi dengan konsef perahu nelayan. Berbagai pernak pernih melambangkan kota binjai juga mewarnai perahu. "Semangat Pak Wali," teriak warga, disambut lambaian tangan orang nomor satu di Kota Binjai dengan tubuh basah kuyup.

Baca Juga: Eksekutor Sempat Ragu Tembak Eks DPRD Langkat

2. Wali kota bernostalgia kenang masa kecil menelusuri sungai dengan rakit

Rakit Berbentuk Tank Hingga Kapal Tempur Selusuri Sungai Bingai BinjaiPerlombaan rakit hias yang diselenggarakan Pemko Binjai meriahkan kemerdekaan RI ke-78 (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Wali Kota Binjai Amir Hamzah mengatakan, sangat bersyukur bisa mengikuti perlombaan rakit hias bersama dengan masyarakat menyusuri sungai Bingai dan ini merupakan nostalgia semasa kecilnya.

"Lomba rakit hias dari batang pisang ini merupakan kearifan lokal. Alhamdulillah terlihat antusias peserta yang mengikuti perlombaan ini banyak 78 peserta," kata Amir Hamzah.

Amir Hamzah mengatakan selesai perlombaan rakit hias batang pisang yang digunakan dapat dimanfaatkan untuk membuat tali, sehingga dapat bernilai ekonomi.

"Dengan dilaksanakannya perlombaan rakit hias ini maka bergeraklah ekonomi banyak pedangan-pedagang yang mendapatkan rezeki," seru Amir Hamzah.

3. Ini hadiah dan kriteria yang harus dipatuhi seluruh peserta rakit hias

Rakit Berbentuk Tank Hingga Kapal Tempur Selusuri Sungai Bingai BinjaiPerlombaan rakit hias yang diselenggarakan Pemko Binjai meriahkan kemerdekaan RI ke-78 (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Lomba rakit hias yang diperlombakan menempuh jarak 5 kilometer, dimulai dari tepian Sungai Bingai di Kelurahan Berngam, Kecamatan Binjai Kota dan berakhir di Limau Sundai, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai, Sumatra Utara.

Salah satu penilaian yang diambil sebagai pemenang dalam perlombaan rakit hias yang dilaksanakan yakni, Kreativitas dekorasi, Tingkat kesulitan dekorasi, Kekompakan tim (seragam), Rakit hias dalam keadaan utuh sampai di garis finish (tidak berantakan).

Untuk hadiah lomba rakit hias juara pertama peserta mendapatkan sepeda dan uang tunai Rp1,5 juta, juara kedua sepeda dan uang tunai Rp1 juta, juara tiga, empat dan lima sepeda dan uang tunai Rp500 ribu. Selain kegiatan rakit hias, dalam memeriahkan kemerdekaan RI berbagai kegiatan juga akan dilaksanakan Pemko Binjai.

Baca Juga: Polisi Sita Perahu dan Kayu Diduga Ilegal dari Warga di Sibolga

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya