Puluhan Rumah di Kota Binjai Rusak Diterpa Puting Beliung

Kerusakan terjadi di dua kecamatan

Binjai, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang (puting beliung), melanda beberapa daerah di Sumatra Utara, Jumat (15/7/2022) malam. Dampak dari peristiwa alam ini membuat puluhan rumah di dua Kecamatan, Kota Binjai, Sumatra Utara, porak poranda.

Kerusakan rumah warga hampir rata-rata pada bagian seng (atap rumah). Bahkan peristiwa yang melanda ini membuat beberapa pohon tumbang dan listrik sempat terputus untuk sementara waktu. 

1. Terdata 81 rumah dan sebuah fasilitas umum rusak pada bagian atap

Puluhan Rumah di Kota Binjai Rusak Diterpa Puting BeliungRumah yang rusak diterpa puting beliung di Kota Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Koordinator Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai Surya mengatakan, sejauh ini pihaknya masih terus membantu warga untuk memperbaiki beberapa rumah yang terdampak akibat hujan deras disertai angin kencang atau yang kerap disebut puting beliung.

Personil yang diturunkan juga mulai melakukan pembersihan dan mengevakuasi pohon yang bertumbangan menutupi badan jalan.

"Ada sekitar 81 rumah yang terdata mengalami kerusakan pada bagian atap," kata Surya, Sabtu (16/7/2022).

Baca Juga: Sejarah Lapangan Merdeka Medan, Tempat Umumkan Proklamasi di Sumut

2. Listrik sempat padam, pohon bertumbangan menutupi badan jalan

Puluhan Rumah di Kota Binjai Rusak Diterpa Puting BeliungRumah yang rusak diterpa puting beliung di Kota Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Tidak hanya rumah dan pohon yang disapu hujan disertai angin kencang ini, menurut Surya, sebuah fasilitas umum juga mengalami kerusakan. Ada juga sebuah musollah yang rusak akibat kejadian malam tadi.

"Listrik juga sempat terputus karena ada kabel yang putus diduga tertimpa batang atau pohon tumbang," jelas dia.

Untuk sejauh ini, ungkap Surya, Pusdalops terus melakukan koordinasi bersama pihak kelurahan dan kecamatan dalam melakukan update data terkait pasca bencana.

Satgas dibantu warga juga terus berjibaku dalam evakuasi pohon dan rumah terdampak, serta tetap standby di lokasi pasca kejadian. "Tidak ada korban jiwa maupun luka atas peristiwa ini. Kerugian warga masih dalam proses pendataan," terang Surya.

3. Berikut rincian rumah yang rusak akibat hujan disertai angin

Puluhan Rumah di Kota Binjai Rusak Diterpa Puting BeliungPetugas PLN yang memberibaiki jaringan akibat kabel putus diterpa puting beliung di Kota Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Dirinya menegaskan, adapun data puluhan rumah yang mengalami kerusakan yang ditimbulkan akibat kejadian di dua Kecamatan, tujuh Kelurahan yakni Kecamatan Binjai Utara, Kelurahan Nangka sebanyak lima rumah, Kelurahan Jati Karya sebanyak empat rumah, Kelurahan Jati Makmur sebanyak 23 rumah, Kelurahan Pahlawan sebanyak 28 rumah, dan Kelurahan Kebun Lada sebanyak empat rumah.

Kecamatan Binjai Barat, Kelurahan Limau Mungkur, Musala Ar-Ridho mengalami kerusakan, dan Kelurahan Payaroba sebanyak 17 rumah.

Baca Juga: Revitalisasi Lapangan Merdeka Harus Sesuai Keinginan Warga Medan 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya