Musibah Banjir di Binjai, Pedagang Gorengan Berbagi kepada Sesama

Iyul: Berbagi itu indah

Binjai, IDN Times - Di balik kesulitan, pasti ada saja kemudahan serta uluran tangan orang baik kepada sesama. Seperti yang dilakoni Iyul (42). Meski musibah banjir berdampak padanya dan ribuan jiwa warga di Lingkungan 1 Kelurahan Mencirim Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatra Utara.

Pedagang gorengan ini tetap sabar dalam menghadapi ujian. Bahkan dirinya ringan tangan membantu sesama dengan berbagi daganganya kepada warga lain. "Ini lagi buat gorengan tuk masyarakat pak," jawab Iyul kepada IDN Times, Jumat (6/10/2023).

1. Banjir juga menggenangi rumah dan lapak dagangannya

Musibah Banjir di Binjai, Pedagang Gorengan Berbagi kepada SesamaDapur umum yang mulai didirikan untuk membantu warga tertimpa musibah banjir (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Dirinya mengakui, selain rumahnya. Lapak dagangannya juga terendam air. Sehingga aktifitas berdagang sehari-hari tidak dilakoninya. "Gak jualan hari ini pak. Ini bahan yang sudah saya persiapkan digoreng dan dibagikan saja," jelas dia, sembari sibuk menggoreng.

Di tengah kerumunan masyarakat yang menanti hasil gorengannya. Ada seorang perwira TNI yang juga ingin berbagi dengan memborong dagangannya untuk dibagikan juga. "Saya borong ya Bu. Biar saya bagikan kepada warga sini," kata perwira tersebut.

"Ini tidak dijual pak, ini untuk dibagikan saja kepada warga. Gratis," jawab Iyul, yang terlihat terus menggoreng dan memberikan gorengan kepada warga yang meminta.

Baca Juga: 2 Sungai di Binjai Meluap, 3.541 Jiwa di 4 Kecamatan Terdampak Banjir

2. Iyul mengakui sangat indah berbagi kepada sesama

Musibah Banjir di Binjai, Pedagang Gorengan Berbagi kepada SesamaIyul, pedagang gorengan yang juga terdampak banjir berbagi gorengan kepada warga (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Di tengah kesibukannya itu, dirinya juga mengakui sangat indah berbagi kepada sesama. Karena menurut dia, ada saja kemudahan dibalik kesulitan yang menimpa. "Saya yakin itu, di balik kesulitan pasti ada kemudahan jika kita berbagi," terang dia.

Iyul juga meyakini, pastinya ada banyak orang-orang baik diluar sana. Karena setiap orang yang dilahirkan itu pada dasarnya orang baik.

"Harus yakin, kita semua ini orang baik. Makanya, seperti yang saya bilang tadi. Jika berbagi itu indah loh," celoteh dia sembari tersenyum.

3. Petugas disiagakan, bantu warga dirikan posko dan dapur umum

Musibah Banjir di Binjai, Pedagang Gorengan Berbagi kepada SesamaDapur umum yang mulai didirikan untuk membantu warga tertimpa musibah banjir (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Untuk diketahui, hujan deras yang terjadi pada Kamis tanggal 5 Oktober 2023, mengakibatkan dua sungai di Kota Binjai, Sumatra Utara dilanda banjir. Musibah ini berdampak bagi sekitar 3.541 jiwa pada 4 kecamatan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Binjai, Rudi Baros menguraikan, banjir terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi di hulu sungai hingga berbuntut 3 sungai yang mengelilingi Kota Binjai mengalami kenaikan.

"Berdasarkan laporan tinggi air daerah aliran sungai (DAS) pada saat terjadi banjir, DAS Bingai tinggi air 430 centimeter, DAS Mencirim tinggi air 400 centimeter dan DAS Bangkatan tinggi air 100 centimeter," tegas dia.

Pemerintah Kota Binjai bersama Polri dan TNI, juga turun membantu masyarakat tertimpa musibah. Dapur umum juga telah dibangun dan meski air perlahan mulai surut. Namun petugas masih terlihat besiaga disekitar lokasi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Harga Cabai Kian Pedas di Pasar Tradisional Binjai, Hampir Rp40 Ribu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya