Kapolda Tinjau Vaksin di Langkat, Ini Penyebab Rendahnya Angka Vaksin

Targetkan vaksinasi 70 persen hingga akhir tahun ini

Langkat, IDN Times - Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, adalah salah satu daerah Kabupaten/Kota di Sumut, yang tingkat vaksinasinya rendah. Hal ini sempat utarakan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.

Didampingi Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/BB Brigjen TNI Purwanto Hadi Wardhono dan Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, orang nomor dijajaran kepolisian Sumatera Utara, ini juga meninjau langsung pelaksanaan vaksin disana, Kamis (4/11/2021) kemarin.

"Kedatangan kami untuk melihat secara langsung bagaimana tata cara pelaksanaan vaksin di wilayah Langkat, khususnya wilayah kerja Polres Langkat," kata Panca.

1. Termasuk Langkat, ada beberapa Kabupaten/ Kota tingkat vaksinasi masih rendah

Kapolda Tinjau Vaksin di Langkat, Ini Penyebab Rendahnya Angka VaksinKapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra, saat meninjau vaksinasi di Kabupaten Langkat (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Berdasarkan data yang di terima terkait jumlah peserta vaksinasi, kata dia, untuk daerah Kabupaten Langkat, sangat rendah, sehingga dilakukan peninjauan secara langsung, untuk mengetahui apa kendala atau penyebab rendahnya angka vaksinasi.

"Ada beberapa Kabupaten/Kota di Sumut, yang angka (peserta) vaksinasinya rendah, salah satu adalah Kabupaten Langkat, sehingga kami sengaja turun ke daerah ini untuk melihat langsung pelaksanaan vaksin dan guna mengetahui apa kendala serta penyebab rendahnya angka vaksinasi," terang Panca.

2. Ini kendala Langkat rendah dalam vaksinasi

Kapolda Tinjau Vaksin di Langkat, Ini Penyebab Rendahnya Angka VaksinKapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra, saat meninjau vaksinasi di Kabupaten Langkat (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Setelah melakukan pengamatan secara langsung, papar dia, ternyata permasalahan terdapat pada input data. Disini terlihat adanya keterlambatan dalam melakukan pengimputan data saat melakukan vaksinasi. Sehingga, banyak data peserta vaksin belum masuk secara online.

"Tapi, vaksinasi sudah dilakukan, jadi disini terkendala hanya keterlambatan dalam memasukan data secara online," kata Kapolda.

Pada kesempatan itu, Kapolda juga menyampaikan terima kasihnya serta mengapresiasi kinerja jajaran Polres Langkat, dalam menjalankan tugas khususnya pelaksanaan vaksinasi.

"Kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap menjaga prokes dan mendukung program pemerintah dalam memerangi penyebaran Covid 19," imbuhnya.

3. Capai target 70 persen, Kapolres tindaklanjuti arahan Kapolda

Kapolda Tinjau Vaksin di Langkat, Ini Penyebab Rendahnya Angka VaksinKapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra, saat meninjau vaksinasi di Kabupaten Langkat (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Di sisi lain, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra ke Polres Langkat. AKBP Danu menegaskan, pihaknya sudah menindaklanjuti arahan Kapolda Sumut, untuk meningkatkan pencapaian vaksin di Kabupaten Langkat hingga 70 persen hingga akhir tahun ini.

"Kami tentunya segera merespon arahan Bapak Kapolda Sumut untuk melakukan peningkatan jumlah warga yang divaksin. Selain itu, permasalahan input data sertifikat vaksin juga kami atensi dengan mengerahkan para relawan yang didukung oleh tim dari Telkom dan Infokom Kabupaten Langkat," kata AKBP Danu Pamungkas Totok.

Dalam kunjungan ke Polres Langkat, Kapolda Sumut didampingi Kasdam I/BB Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono, SE.M.Hum, Irwasda Polda Sumut Kombes Drs. Armia Fahmi, MH, Ka SPN Komber Teguh Yuswardhie, SIK. MH, Kabid Tik Kombes Drs. R. Sinambela, Kapolres AKBP Danu Pamungkas Totok, SH, SIK, Danyonif 8 Marinir Letkol MAR. FARICK, M, Tr. OPSLA dan Kabag Ops Polres Langkat Kompol M. ARIF Batubara, SIK. MH.

Baca Juga: Vaksinasi Massal di Langkat Targetkan 1.200 Orang per Hari

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya