Hujan dari Siang hingga Malam, Ratusan Rumah di Langkat Kebanjiran

Dua sungai meluap!

Langkat, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Sumatera Utara, mengakibatkan intensitas air di sungai naik. Di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, luapan air sungai merendam ratusan rumah yang berada dibantaran sungai.

Seperti terlihat di Kecamatan Kuala dan Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat, Sumatera Utara misalnya. Dua sungai yang mengapit kecamatan ini yakni Sungai Begumit dan Tembo, meluap pada Rabu (29/4) malam.

Luapan kedua sungai ini mengakibatkan Dua Desa dan Dua Kelurahan, dilaporkan terendam genangan air dan membajiri ratusan rumah.

1. Warga dilanda cemas, panas terik berganti hujan lebat

Hujan dari Siang hingga Malam, Ratusan Rumah di Langkat KebanjiranRumah warga yang terendam banjir (IDN Times/ istimewa)

Meski kini telah surut, intensitas hujan masih tinggi dan membuat masyarakat khawatir akan banjir susulan yang terjadi. "Kemarin malamnya yang parah. Dua sungai di sini meluap dan ratusan rumah terendam," kata Dicky Sitepu, salah satu warga yang rumahnya kebajiran.

Kekhawatiran warga bukan tak beralasan, di musim pancaroba ini. Situasi memang tidak bisa ditaksir. Panas terik, tiba-tiba bisa menjadi mendung dan hujan deras kembali melanda. "Abang lihat sendiri sajalah ini, tadi panas terikkan. Ini sore sudah terlihat mendung dan sudah mulai rinting-rintik," sebut dia.

Baca Juga: Bangunkan Sahur Berujung Maut di Langkat, Polisi Buru Penabrak

2. Warga harus dievakuasi dari genangan banjir

Hujan dari Siang hingga Malam, Ratusan Rumah di Langkat KebanjiranPetugas yang harus mengevakuasi warga dari genangan banjir (IDN Times/ istimewa)

Sementara Camat Kuala Imanta PA, mengakui dua desa yang terendam terdiri dari Desa Namo Mbelin, Dusun Perpulungen, Desa Balai Kasih, Dusun Belilir, Kelurahan Pekan Kuala, Lingkungan IV, V, VI dan Kelurahan Bela Rakyat, Lingkungan I, IV dan VIII.

"Malam tadi petugas gabungan dari aparatur pemerintah, Polsek, Koramil, BPBD, Tagana dan para pemuda serta warga masyarakat, bahu membahu melakukan evakuasi terhadap para warga terdampak banjir," ungkapnya.

Imanta menegaskan, tidak ada korban luka maupun jiwa akibat musibah ini. "Alhamdulillah warga dalam keadaan baik. Untuk kerugian materil atau kerusakan rumah masih kita data secara door to door," ucapnya.

3. Hujan terjadi mulai siang hingga malam hari

Hujan dari Siang hingga Malam, Ratusan Rumah di Langkat KebanjiranRatusan rumah yang terdampak banjir (IDN Times/ istimewal

Dari data yang disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat Irwan Syahri mengatakan, bahwa di Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, hujan deras melanda didaerah itu pada Rabu (29/4) sekitar pukul 15.00 WIB hingga malam hari sekitar pukul 21.00 WIB.

Hal ini mengakibatkan dua sungai meluap dan merendam kediaman warga. "Di lapangan ketinggian air rata-rata yang merendam runah warga mencapai 50 cm sampai 200 cm," kata dia.

Seperti di Kelurahan Bela Rakyat, Lingkungan IV, Kecamatan Kuala, ada sedikitnya 125 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya terendam air. "Ada juga rumah rusak sebanyak 13 rumah, banjir juga merendam fasilitas umum seperti sekolah dan masjid," terang dia.

4. Ratusan rumah dan fasilitas umum terendam

Hujan dari Siang hingga Malam, Ratusan Rumah di Langkat KebanjiranBanjir yang mengakibatkan warga harus mengungsi untuk sementara waktu (IDN Times/ istimewa)

Di Kelurahan Pekan Kuala, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, jelas dia, banjir melanda Lingkungan IV, Pekan Kuwala dan terdampak terhadap 200 kepala keluarga (kk). Disini juga ada fasilitas umum seperti 1 sekolah dasar (SD) dan 1 masjid juga terendam air. "Rumah rusak di akibatkan banjir terdapat 2 unit," jelas dia.

Untuk Lingkungan V, tambah dia, ada 53 Kepala Keluarga (KK) terendam banjir. Lingkungan VI, sebanyak 139 rumah dan 2 unit sekolah SD dan 1 unit SMP mengalami kebanjiran. "Air juga merendam kantor Lurah Pekan Kuala, Puskesmas, Kantor Koramil 04, dan fasilitas umum di sini juga terendam banjir," tambah dia, sembari mengakui di Kecamatan Selesai, juga ada 76 Kepala Keluarga (KK) dilanda kebanjiran dan tak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Baca Juga: Selebgram Nekat Bikin Pesta di Hotel, Polisi Minta Para Tamu Pulang

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya