Comscore Tracker

Harimau Masuk Pemukiman Warga Langkat, Hewan Ternak Dimangsa

Sepanjang 2021, baru kali ini penyerangan terjadi

Langkat, IDN Times - Harimau Sumatra kembali masuk ke pemukiman warga di Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Hewan buas ini memangsa hewan ternak lembu milik warga yang bermukim di pinggiran kawasan hutan Taman Nasional Gunung Lauser (TNGL).

1. Hewan ternak kerap dilepas, aksi penyerangan harimau terjadi pagi

Harimau Masuk Pemukiman Warga Langkat, Hewan Ternak DimangsaDok.IDN Times/istimewa

Staf Resor Sekoci Lepan TNGL Hardi Damanik mengatakan, menurut informasi dari warga, hewan ternak tersebut dimangsa harimau pada dini hari. Ketika itu warga di sana memang kerap melepas hewan di pinggiran kawasan hutan.

"Dari keterangan warga, hewan ternak itu dimangsa sekitar pukul 2 pagi. Karena mereka sempat mendengar raungan suara hewan buas itu," kata Hardi lewat sambungan telepon genggam, Rabu (22/12/2021).

Baca Juga: Terluka Hingga Berbelatung, Harimau ‘Dewi Siundol’ Diduga Terjerat

2. Ditemukan sejumlah luka, warga mengetahui ketika pergi berladang

Harimau Masuk Pemukiman Warga Langkat, Hewan Ternak Dimangsaquora.com

Hewan ternak itu, menurut dia, pertama kali diketahui ketika warga di sana akan pergi berladang. Sebab, sebagian warga di sana memang keseharian bekerja sebagai petani dan memelihara ternak.

"Ketika itu warga melihat adanya lembu mati diduga dimangsa harimau. Karena ditemukan sejumlah luka diduga akibat cakaran dan gigitan," jelas dia.

3. Harimau menyerang hewan ternak di Langkat pertama terjadi di 2021

Harimau Masuk Pemukiman Warga Langkat, Hewan Ternak DimangsaIlustrasi Harimau Sumatera yang ada di Secreet Zoo. Beberapa spesies seperti Harimau Jawa dan Harimau Bali sudah punah. IDN Times/ Alfi Ramadana

Pada tahun 2021 ini, papar dia, harimau yang memangsa hewan ternak warga baru kali ini terjadi. Memang sebelumnya kejadian serupa sempat terjadi pada tahun lalu. "Tahun ini, baru pertama kali ini hewan ternak warga dimangsa," jelasnya.

Atas kejadian ini, terang Hardi, pihaknya mengimbau agar warga tidak terlalu jauh masuk ke hutan. Langkah ini dilakukan agar tidak ada kejadian warga diserang harimau.

"Kita sudah informasi kepada warga agar tidak terlalu jauh kali masuk ke hutan," tegas dia.

Baca Juga: 5 Fakta Liger, Hibrida Singa dan Harimau yang Unik

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya