Harimau Mangsa Lembu, Larangan Masuk Bagi Warga KTHK Diberlakukan 

Berharap warga kandangkan hewan ternak

Langkat, IDN Times - Petugas Taman Nasional Gunung Lauser (TNGL), melakukan imbauan dan larang kepada warga agar tidak masuk maupun melakukan aktivitas kedalam hutan untuk sementara waktu.

Larangan ini sempat diutarakan Kepala Bidang Pengelolaan TNGL wilayah III Ruswanto, saat dihubungi via selularnya, Jumat (24/12/21).

1. Harimau diyakini dapat kembali ke pemukiman warga

Harimau Mangsa Lembu, Larangan Masuk Bagi Warga KTHK Diberlakukan Dok.IDN Times/istimewa

Selama ini memang warga Kelompok Tani Hutan Konservasi, jelas Riswanto, memang kerap mengembala hewan ternak dipinggir hingga masuk dalam hutan. Bahkan meninggalkan hewan ternak begitu saja hingga berhari-hari tanpa dikandangkan.

"Paling tidak sebulan ini kita larang mendekat. Karena tidak menutup kemungkinan Harimau, akan masuk lagi dan itu merupakan kebiasan Harimau, ketika berburu," ungkap dia, sembari mengatakan pemberlakuan dilakukan sampai ada pemberitahuan selanjutnya dan selalu waspada.

2. Berbagai antisipasi dilakukan agar harimau tidak masuk ke pemukiman

Harimau Mangsa Lembu, Larangan Masuk Bagi Warga KTHK Diberlakukan quora.com

Atas kejadian ini, ungkap Ruswanto, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan stakeholders terkait tindakan antisipasi masuknya Harimau ke perkampungan warga. Beberapa antisipasi juga dilakukan agar Harimau, tidak keluar hutan dan mengusirnya kedalam kembali.

Salah satunya mehidupkan petasan untuk melakukan pengusiran. "Kita sudah kordinasi terkait masalah ini dan langkah-langkah untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak kita inginkan terus kita lakukan," pungkasnya.

3. Berbagai faktor disinyalir menjadi sebab harimau masuk ke pemukiman

Harimau Mangsa Lembu, Larangan Masuk Bagi Warga KTHK Diberlakukan Petugas BBKSDA menunjukkan foto Kondisi Sri Nabilla, Harimau Sumatra Betina yang dievakuasi karena masuk ke pemukiman warga di kawasan Tapanuli Selatan. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Diketahui, konflik antar hewan buas khususnya Harimau Sumatera, memang kerap terjadi. Berbagai faktor mrnjadi penyebab masuknya Harimau, kepemukiman warga yang menetap disekitar kawasan hutan TNGL.

Seperti kurangnya kesediaan hewan buruan, rusaknya lingkungan sekitar hutan, hingga faktor-faktor lain. Beruntung, tahun 2021 ini baru kali pertama serangan Harimau, terhadap hewan ternak warga yakni pada Kamis tanggal 23 Desemeber 2021 kemarin pagi.

Hal itu diketahii warga ketika hendak pergi keladang. Mereka (warga) menemukan lembu milik mereka sudah mati. Juga ditemukan bekas cakaran dan gigitan hewan buas ditubuh lembu tersebut.

Baca Juga: Harimau Masuk Pemukiman Warga Langkat, Hewan Ternak Dimangsa

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya