Disuruh Diam di Rumah Malah Curi Motor, Babak Belur Deh Dihajar Massa

Virus Corona mewabah, malah manfaatkan situasi

Langkat, IDN Times - Di saat virus corona (COVID-19) mewabah dan menghebohkan seantero dunia. Berbagai cara dan upaya dilakukan pemerintah maupun masyarakat secara pribadi agar tidak terjangkit. Salah satu langkah adalah mengisolasi (berdiam) diri di rumah agar tidak terpapar penyakit mematikan ini.

Namun hal ini tidak berlaku bagi ketiga pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Kabupaten Langkat. Mereka malah memanfaatkan keadaan dengan berkeliaran dengan mencari mangsa. Beruntung, aksi pelaku berhasil dipergoki. Salah satu berhasil diamankan dan dijebloskan dalam jeruji besi Mapolres Langkat.

1. Dua kabur, seorang pelaku ranmor diamankan

Disuruh Diam di Rumah Malah Curi Motor, Babak Belur Deh Dihajar MassaSepeda motor yang coba dicuri pelaku (IDN Times/ istimewa)

Kapolres Langkat AKBP Edi Suranta Sinulingga melalui Kasubag Humas Polres Langkat AKP Rohmat kepada IDN Times mengatakan, jika salah satu pelaku yang berhasil diamankan yakni MF alias Fadli (26) warga Dusun Tanah X, Desa Stabat Lama, Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat.

"Pelaku sebenarnya ada tiga orang. Sayang, dua pelaku lain berhasil kabur saat dipergoki dan coba diamankan. Saat ini kasus masih kita kembangkan guna memburu pelaku lain," kata AKP Rohmat, saat dihubungi via selular, Jumat (27/3) siang.

Baca Juga: Dorong Polisi hingga Jatuh, Pencuri Spesialis Pakai Tanggok Ditembak

2. Curi sepeda motor yang terparkir dalam rumah

Disuruh Diam di Rumah Malah Curi Motor, Babak Belur Deh Dihajar MassaBarang bukti alat yang digunakan pelaku dalam berkasi (IDN Times/ istimewa)

Dikatakan Rohmat, aksi pencurian yang dilakukan pelaku terjadi di Dusun Kedondong Tengah, Desa Jentera, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, kemarin malam sekitar pukul 22.30 WIB. Dengan korban Muhammad Irawan Syahputra (21) warga Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat.

"Sama seperti aksi pencurian kendaraan bermotor lainya. Awalnya pelaku yang berboncengan berkeliaran guna memantau kondisi atau lokasi," terang dia.

Pada saat melakukan pemantauan, pelaku melihat korban sedang memarkirkan kendaraan roda dua miliknya. Setelah keadaan aman, pelakupun beraksi dengan membawa peralatan yang sudah disiapkan. "Jadi yang turun untuk melakukan aksinya si MF alias Fadli. Dua rekan lain memantau kondisi dari atas sepeda motor mereka," papar dia.

3. Dua identitas pelaku lain dikantongi dan diburu

Disuruh Diam di Rumah Malah Curi Motor, Babak Belur Deh Dihajar Massa(IDN Times/Mia Amalia)

Awalnya aksi pelaku tidak disadari pemilik dan warga sekitar. Ketika sepeda motor hendak dibawa kabur, barulah aksi pelaku dipergoki masyarakat dan pemilik. Merekapun meneriakin pelaku dan mengejar agar dapat diamankan. "Maling, maling, maling," teriak warga ditirukan oleh Rohmat.

Masyarakatpun berhamburan keluar rumah. Mereka mengejar dan berhasil menangkap pelaku. Tak pelak, pelakupun dihajar massa hingga babak belur. Hampir sekujur tubuh dan wajah pelaku lebam dihajar massa. Puas menghakimi pelaku, lalu warga menyerahkannya ke aparat kepolisian.

"Identitas pelaku lain sudah kita kantongi, keduanya yang berhasil kabur berinisial A dan R. Dari tangan pelaku yang diamankan kita berhasil menyita Honda Supra X BK 5873 LU, dua anak kunci yang sudah di modifikasi dan satu kunci cabang tiga," tegas Rohmat.

Baca Juga: Pria yang Diduga Curi Baterai dan Coklat di Minimarket Ternyata Polisi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya