PPDB SMA/SMK Negeri Binjai-Langkat Dibuka 17 Mei

Pendaftaran dibagi menjadi 3 zona di Kabupaten/Kota

Binjai, IDN Times - Tahap persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2022/2023 akan mulai memasuki proses pendaftaran. Berdasarkan penetapan Gubernur dan keputusan Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Disdik Sumut) tentang Juknis PPDB, tahap pendaftaran dibagi dalam 3 zona di tiap daerah Kabupaten/Kota.

1. Kurang dari sepekan, pendaftaran PPDB Binjai-Langkat dibuka

PPDB SMA/SMK Negeri Binjai-Langkat Dibuka 17 MeiProses belajar mengajar di salah satu SMA Kota Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Pendaftaran PPDB di Kota Binjai dan Kabupaten Langkat yang masuk dalam zona 3 tercatat bakal dibuka dalam minggu ini.

"Untuk PPDB online dibagi menjadi 3 zona, Binjai - Langkat ada di zona III, pendaftaran mulai dibuka 17 Mei sampai 22 Mei 2022 untuk gelombang I. Sedangkan pendaftaran tahap ke 3 dijadwalkan 11 Juni mendatang," kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Binjai-Langkat, M Basir S Hasibuan.

Baca Juga: 3.777 Jemaah asal Sumut Berangkat Ibadah Haji Tahun Ini

2. Ini besaran kuota di setiap jalur PPDB tahun 2022

PPDB SMA/SMK Negeri Binjai-Langkat Dibuka 17 MeiProses belajar mengajar di salah satu SMA Kota Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Kuota Jalur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMA dan SMK tahun ini perlu disimak calon peserta didik sebelum mendaftar. Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima, Rabu (11/5), Disebutkan untuk besaran kuota tiap jalur yang bisa jadi pilihan.

Kuota Jalur Afirmasi untuk jenjang SMA sebesar 50 persen dari pagu sekolah, jalur perpindahan orang tua/anak guru/anak Nakes Covid-19 sebesar 25 persen, prestasi 25 persen, dan Zonasi 50 persen.

Sedangkan Kuota jalur penerimaan jenjang SMK untuk jalur Afirmasi 20 persen, jalur perpindahan orang tua/anak guru/anak Nakes Covid-19 5 persen, seleksi jarak Domisili 10 persen, jalur prestasi 5 persen dan seleksi nilai rapor 60 persen.

3. Kacabdis imbau peserta didik perhatikan jadwal sesuai zona

PPDB SMA/SMK Negeri Binjai-Langkat Dibuka 17 Mei(Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi dengan petugas pusat layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA 7 Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Informasi seputar pendaftaran PPDB TA 2022 juga bisa diakses melalui laman https://ppdb.disdik.sumutprov.go.id/web/. Kacabdis Binjai-Langkat M.Bashir  mengatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke semua sekolah SMP/Mts.

"Ya, kita sudah sosialisasi ke semua sekolah SMP/Mts, bahkan sudah menyurati camat di Kabupaten/kota  untuk melanjutkannya ke Desa/Kelurahan. Saya imbau dipersiapkan segala Administrasi yang berkaitan dengan pendaftaran, dan memerhatikan jadwal sesuai zona daerah masing-masing," ujar Bashir.

Baca Juga: Dinkes Sumut Pastikan Belum Ada Kasus Hepatitis Misterius

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya