Binjai Disapu Puting Beliung, Puluhan Rumah Rusak dan Listrik Padam

pohon dan tiang listrik tumbang tutupi jalan

Binjai, IDN Times - Bencana alam angin puting beliung melanda Kota Binjai, Sumatra Utara, Selasa (19/4/2022). Puluhan rumah warga mengalami kerusakan ringan hingga berat. Tidak hanya rumah warga, satu unit rumah ibadah juga mengalami kerusakan.

Beberapa pohon dan tiang listrik juga tumbang disapu angin disertai hujan deras. Akibatnya, aliran listrik dilokasi bencana putus dan badan jalan tertutup pepohonan yang tumbang untuk sementara waktu.

1. Catatan BPBD, bencana terjadi di dua kelurahan satu kecamatan

Binjai Disapu Puting Beliung, Puluhan Rumah Rusak dan Listrik PadamPetugas gabungan yang melakukan evakuasi dan bantu warga yang mengalami bencana (IDN Times/ istimewa)

Berdasarkan catatan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai, yang diterima IDN Times. Ada sekitar 62 rumah yang rusak disapu angin disertai hujan deras. Lokasi berada di dua kelurahan, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatra Utara.

Sejauh ini tidak ada korban jiwa dalam bencana alam yang terjadi. Kerusakan rumah warga hampir rata-rata terjadi pada bagian atap rumah. Baik itu tergolong rusak ringan hingga rusak berat.

Baca Juga: Malam Ketupatan, Tradisi Ramadan Warga Keturunan Banten di Binjai

2. Berikut lokasi dan data rumah yang rusak akibat angin puting beliung

Binjai Disapu Puting Beliung, Puluhan Rumah Rusak dan Listrik PadamSalah satu rumah warga yang terlihat porak poranda diterpa angin puting beliung (IDN Times/ istimewa)

Adapun puluhan rumah yang rusak akibat diterpa angin yakni tepat di Jalan Gunung Leuser, Lingkungan IV, Kelurahan Tanah Merah. Di sini ada tercatat sekitar 6 unit rumah rusak dan 2 di antaranya rusak berat.

Kerusakan rumah paling banyak terjadi di Jalan Gunung Singgalang, Lingkungan V, Kelurahan Tanah Merah. Di sini tercatat 44 unit rumah dan 1 rumah ibadah GBKP (Fasum) mengalami kerusakan, 4 unit rumah di antaranya mengalami rusak berat.

Untuk di Jalan Samanhudi, Kelurahan Bhakti Karya ada sekitar 12 unit rumah yang mengalami kerusakan, dengan rincian 3 unit mengalami rusak sedang dan 2 unit di antaranya mengalami rusak berat.

3. Petugas gabungan berjibaku hingga malam hari bantu warga

Binjai Disapu Puting Beliung, Puluhan Rumah Rusak dan Listrik PadamPetugas gabungan yang melakukan evakuasi dan bantu warga yang mengalami bencana (IDN Times/ istimewa)

Petugas gabungan dari BPBD, Polres Binjai dan TNI serta Tagana, turun ke lokasi kejadian. Personil gabungan ini mulai berjibaku melakukan pendataan dan membantu warga memperbaiki rumah dan fasilitas lain.

Petugas gabungan juga terlihat melakukan evakuasi terhadap warga sekitar. Mereka juga terpantau berjibaku melakukan evakuasi (membersihkan) pohon dan tiang listrik yang tumbang hingga malam hari guna mengantisipasi bahaya yang terjadi.

Warga yang rumahnya mengalami kerusakan untuk sementara menumpang ke rumah tetangga.

Baca Juga: Akan Diperiksa, Adik Ipar Terbit Dicopot dari Kasat Samapta Binjai

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya