BIN Siapkan 11 Ribu Vaksin untuk Binjai dan Deli Serdang

Pelajar dan santri adalah sasaran utama

Binjai, IDN Times - Kesempatan vaksinasi bagi mereka yang membutuhkan kembali diberikan Badan Intelijen Negara (BIN). Sasaran utama kali ini adalah pelajar, santri dan masyarakat umum yang membutuhkan vaksinasi di wilayah Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. 

"Total vaksin yang kami bawa hari ini ada 11 ribu dosis. 7.500 untuk santri, pelajar dan masyarakat kota Binjai, sementara 3.500 lainnya dipusatkan di Pondok Pesantren Darularafah Raya di Kutalimbaru, Deli Serdang," kata Kepala BIN Daerah Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana, di sela-sela kegiatan vaksinasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1, Jalan Pekanbaru, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatera Utara, Kamis (23/9/2021).

1. Gelar vaksinasi untuk dorong pembelajaran tatap muka

BIN Siapkan 11 Ribu Vaksin untuk Binjai dan Deli SerdangKabinda Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana, saat memberikan keterangan (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Tidak hanya pelajar di sekolah MAN 1 saja yang mendapatkan vaksi. Vaksinasi juga dilakukan kepada pelajar dari sekolah lain yang belum mendapatkan vaksin. Kegiatan dilakukan sebagaimana instruksi dari Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo yakni menyukseskan vaksinasi terhadap masyarakat.

"Hari ini, BIN membawa 7.500 dosis untuk warga Kota Binjai, terkhusus bagi pelajar. Agar para pelajar segera membuka pembelajaran tatap muka (PTM). Karena seluruh pelajar dan guru sudah harus divaksinasi," papar dia.

Baca Juga: Terapkan Prokes Ketat, Sekolah di Binjai Mulai Uji Coba Tatap Muka

2. Sediakan mobil keliling untuk memberi vaksinasi kepada masyarakat

BIN Siapkan 11 Ribu Vaksin untuk Binjai dan Deli SerdangKabinda Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana dan Walikota Binjai, saat memnatau proses vaksinasi kepada para pelajar (IDN Times/ Bambang Suhamdoko)

Untuk itulah, BIN memberikan dukungan dengan mengutamakan vaksinasi kepada pelajar dan santri. Sehingga pembelajaran tatap muka (PTM) kepada seluruh pelajar dapat secepatnya dilakukan. "Ini juga merupakan dukungan BIN agar seluruh sekolah dan pondok bisa secepatnya melaksanakan pembelajaran tatap muka," ungkapnya.

Perwira tinggi TNI ini menjelaskan, bahwa program vaksin BIN di Kota Binjai dilaksanakan di sejumlah titik, yakni MAN Binjai sebanyak 3.500 dosis, kemudian 4.000 dosis lainnya di kantor Lurah Kebun Lada, Pustu Jati Karya dan juga ada tim vaksinator yang mendatangi warga dari rumah ke rumah dengan mobil keliling yang didesain khusus.

3. Semangat membawa Indonesia keluar dari COVID-19

BIN Siapkan 11 Ribu Vaksin untuk Binjai dan Deli SerdangKabinda Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar bersama Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin saat meninjau pelaksanaan vaksinasi siswa dan santri. IDN Times/ istimewa

Disinggung terkait totalitas BIN Daerah melaksanakan vaksinasi di wilayah algomerasi ibu kota. Brigjen TNI Asep menjelaskan bahwa hal tersebut menular dari semangat presiden. Guna mensukseskan vaksinasi yang merupakan program pemerintah pusat yang harus didukung.

"Semangat Bapak Presiden (Jokowi) untuk membawa kita keluar dari pandemik COVID-19 dengan menggencarkan vaksinasi. Hal ini menjadi semangat kami untuk mempercepat program vaksinasi, terutama di wilayah dengan mobilitas dan interaksi tinggi," tegas Brigjen TNI Asep.

Baca Juga: Panglima TNI: Vaksinasi 23 Daerah Sumut Masih di Bawah Target

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya