Comscore Tracker

Panglima TNI: Vaksinasi 23 Daerah Sumut Masih di Bawah Target

Vaksinasinya masih di bawah 30 persen

Medan, IDN Times- Percepatan vaksinasi masih menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara. Apalagi masih banyak daerah di Sumut yang vaksinasinya masih rendah atau di bawah target. 

Dari 33 kabupaten/kota ada 23 daerah yang persentase vaksinasinya masih dibawah 30 persen. Hal itu diungkap Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat meninjau vaksinasi pedagang di Pasar Induk lau Cih, Jumat (17/9/2021).

"23 kabupaten/kota perlu didorong melakukan percepatan supaya target di atas 30 persen tercapai," ujar Hadi.

1. Ada daerah yang vaksinasinya masih di bawah 5 persen

Panglima TNI: Vaksinasi 23 Daerah Sumut Masih di Bawah TargetPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri dan Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau vaksinasi pedagang di Medan, Jumat (17/9/2021) (Dok.IDN Times/istimewa)

Daerah-daerah yang vaksinasinya masih rendah antara lain Labuhanbatu 3 persen, Labuhanbatu Utara 12,9 persen, Mandailing Natal 12 persen, Nias 11,8 persen, Langkat 11,2 persen, Nias Utara 8,3 persen Nias Selatan 7,7 persen, Binjai 27 persen dan banyak lainnya.

Sementara 10 daerah vaksinasinya sudah di atas 30 persen. Termasuk Kota Medan. Hadi mengatakan, pemerintah daerah akan dibantu TNI, dan Polri agar vaksinasi lebih cepat. Peran tokoh, agama dan tokoh adat juga diperlukan.

"Pengendalian COVID-19 melalui vaksinasi bisa tercapai sesuai dengan target yang dicanangkan," beber Hadi.

Baca Juga: Ke Sumut, Jokowi Minta Vaksin Tidak Lama di Gudang Penyimpanan

2. Kapolri minta masyarakat tak takut vaksin agar PPKM bisa turun level

Panglima TNI: Vaksinasi 23 Daerah Sumut Masih di Bawah TargetKapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melambaikan tangan kepada awak media usai menjalani pertemuan dengan Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis), di Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/3/2021) (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sementara Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan, masyarakat diharapkan tidak lagi takut untuk mengikuti vaksinasi COVID-19. Dengan percepatan vaksinasi beberapa daerah di Sumut seperti Medan diharapkan bisa turun dari level 4.

"Jika sudah turun level, perekonomian bisa meningkat dan pertumbuhan COVID-19 bisa dikendalikan," kata Listyo.

3. Bobby sebut vaksinasi digalakkan di setiap kecamatan

Panglima TNI: Vaksinasi 23 Daerah Sumut Masih di Bawah TargetWali Kota Medan Bobby Nasution saat tinjau vaksinasi pedagang (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara itu Wali Kota Medan Bobby Nasution yang turut meninjau vaksinasi mengatakan, pihaknya terus gencar mempercepat vaksinasi. Terutama di kecamatan-kecamatan lewat fasilitas kesehatan yang ada. 

Di pasar Induk ini, ada 1.400 dosis vaksinasi yang diberikan untuk pedagang. Selain itu pihaknya juga menggenjot vaksinasi untuk pelajar agar sekolah tatap muka bisa digelar. 

"Kita sudah di atas 40 persen yang dosis pertama dan sekitar 30 persen dosis kedua. Secara nasional target kabupaten kota itu 35 persen. Kita sampai saat ini akan terus menggalakkan vaksinasi agar level PPKM bisa segera turun," kata Bobby.

Sehari sebelumnya Presiden Joko 'Jokowi' Widodo juga datang memantau vaksinasi di Medan. Dia juga menyerukan agar vaksinasi dipercepat karena di Sumut masih rendah.

“Kita berpacu dengan waktu, jangan sampai ada stok di daerah, vaksin datang suntikan ke masyarakat, habis minta ke Gubernur. Sekarang stok vaksin kita ada, walau di awal kita sempat kesulitan mendapat vaksin karena negara yang membuat mengutamakan masyarakatnya lebih dulu,” kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Forkopimda se-Sumatera Utara, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Kamis (16/9/2021).

Baca Juga: Ke Deli Serdang, Jokowi Minta Percepat Vaksinasi di Sumut 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya