Besok Jokowi ke Binjai, Sejumlah Ruas Jalan Rusak Ditambal 

Jokowi dijadwalkan berkunjung ke 2 lokasi

Binjai, IDN Times - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko 'Jokowi' Widodo dijadwalkan melakukan kunjungan kerja  ke Kota Binjai, Sumatra Utara, Jumat (25/2/2023). Ada dua lokasi yang akan didatangi mertua Wali Kota Medan, Bobby Nasution sepulang dari kunjungan ke Afrika.

Jokowi dijadwalkan meresmikan Jaringan Distribusi Utama Sistem Penyediaan Air Minum (JDU SPAM) Regional Mebidang PDAM Tirtasari Kota Binjai. Kemudian dia dijadwalkan datang ke Pasar Brahrang di Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai, Sumatra Utara.

1. TNI dan Polri mulai berjaga, jalan berlubang mulai ditambal

Besok Jokowi ke Binjai, Sejumlah Ruas Jalan Rusak Ditambal IDN Times/Rudal Afgani

Kunjungan orang nomor satu di republik ini membuat pemerintah daerah melakukan persiapan. Salah satunyua sejumlah ruas jalan yang berlubang seketika ditambal agar mulus saat dilalui. Beberapa personil keamanan dari TNI dan Polri juga terlihat sudah mulai melakukan penjagaan di beberapa titik, Kamis (24/8/2023).

Perbaikan jalan terlihat di Jalan Gunung Sinabung, Kelurahan Tanah Marah, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatra Utara. Jalan ini merupakan jalan yang nantinya akan dilewati presiden saat meninjau lokasi pembangunan Jaringan Distribusi Utama Sistem Penyediaan Air Minum (JDU SPAM) Regional Mebidang PDAM Tirtasari Kota Binjai.

Baca Juga: Jokowi Dijadwalkan ke Binjai 26 Agustus, Ini 2 Titik Lokasinya

2. Personel yang terlibat pengamanan mulai melakukan simulasi

Besok Jokowi ke Binjai, Sejumlah Ruas Jalan Rusak Ditambal Jalan di Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, menuju JDU SPAM terlihat mulai diperbaiki jelang kunjungan Presiden RI (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Pantauan IDN Times di lokasi, sejumlah personel Brimob sedang melakukan simulasi pengamanan. Beberapa personel Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres),  sudah terlihat di sekitar lokasi. Sayang, salah seorang personel Paspampres melarang wartawan untuk mengambil gambar.

Tak hanya itu, Jokowi juga akan menyambangi satu lokasi lagi. Lokasi yang dimaksud adalah Pasar Tradisional Brahrang yang berada di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai, Sumatra Utara.

Di pasar tradisional ini beberapa petugas dari Dinas Kebersihan Kota Binjai, tengah melakukan bersih-bersih. Sedangkan personel TNI-Polri terlihat juga sedang malakukan sterilisasi dilokasi.

3. Kunjungan Presiden RI Jokowi dipercepat satu hari dari jadwal sebelumnya

Besok Jokowi ke Binjai, Sejumlah Ruas Jalan Rusak Ditambal binjaikota.go.id

Kedatangan sekaligus kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) di Kota Binjai, Sumatera Utara, dipercepat satu hari. Sempat dikabarkan, Jokowi akan melaksanakan kunjungan ke Kota Binjai pada, Sabtu tanggal 26 Agustus 2023.

Nyatanya Jokowi datang ke Kota Binjai lebih cepat satu hari, yaitu pada Jumat tanggal 25 Agustus 2023. "Besok (Jumat) Bapak Presiden RI datang ke Kota Binjai," ujar Kadis Kominfo Binjai, Sofyan Siregar.

Ada perubahan kunjungan di pasar tradisional. Sebelumnya orang nomor satu di Indonesia ini, dikabarkan akan berkunjung ke Pasar Tavip Kota Binjai. "Untuk waktu belum dipastikan, bisa pagi ataupun selesai Salat Jumat. Sedangkan itu, Pemko Binjai telah menyiapkan seluruh kebutuhan dalam rangka kunjungan Bapak Presiden," tegas Sofyan.

4. Sebanyak 900 personel dilibatkan pengamanan didua lokasi di Binjai

Besok Jokowi ke Binjai, Sejumlah Ruas Jalan Rusak Ditambal Kapolres Binjai AKBP Rio Alexander Panelewen, saat berbincang-bincang dengan wartawan (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Sementara itu Kapolres Binjai, AKBP Rio Alexander Panelewen didampingi Kasi Humas, Iptu Riswansyah siap melakukan pengamanan ketat. Rio mengakui, ada sebanyak 900 personel gabungan TNI-Polri siap diterjunkan untuk menjamin pengamanan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kota Binjai, pada Sabtu 26 Agustus 2023 mendatang.

"Totalnya ada 900 orang. Semua itu terdiri dari gabungan dari personel TNI dan Polri," kata Rio.

Konsentrasi pengamanan nantinya, jelas dia, berada pada dua titik, masing-masing di lokasi pembangunan Jaringan Distribusi Utama Sistem Penyediaan Air Minum (JDU SPAM) Regional Mebidang PDAM Tirtasari Kota Binjai dan Pasar Brahrang.

Baca Juga: 3 Agenda Kunjungan Kerja Presiden Jokowi di Medan Hari Ini

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya