Aplikasi Siap Nikah dan Hamil Diujicoba di Binjai, Ini Manfaatnya

Berharap dapat menekan angka stunting

Binjai, IDN Times - Aplikasi  Siap Nikah dan Hamil (Elsimil), yang mulai dikembangkan Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, mendapat respon Kantor Staf Presiden (KSP). Hal ini ditandai kunjungan tim verifikasi pusat yang melakukan peninjauan langsung perkembangan uji coba aplikasi di Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai, Sumatra Utara, Jumat (22/10/2021) kemarin.

Kedatangan tim ke disambut oleh Wali kota Binjai Amir Hamzah, didampingi wakilnya Rizky Yunanda, beserta Ketua serta Wakil Ketua I TP PKK setempat.

1. Pemko Binjai paparkan pengembangan dan progres aplikasi Elsimil

Aplikasi Siap Nikah dan Hamil Diujicoba di Binjai, Ini ManfaatnyaTim Kantor Staf Presiden, saat berkunjung ke Kota Binjai uji coba aplikasi Elsimil (IDN Times/ istimewa)

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas PP dan KB Kota Binjai Drg. Lilik Roesdawati, M.Kes, memaparkan terkait sejauh mana pengembangan dan progres yang telah dijalani selama uji coba yang dilakukan Pemko Binjai.

"Ada 5 orang calon pengantin (catin) wanita dari 8 yang diuji cobakan telah melakukan skrining kesehatan dan terdaftar di aplikasi Elsimil. Sementara tiga lagi belum terdaftar lantaran belum ada kesiapan faskes dan pendamping. Kendati begitu, bagi yang sudah terdaftar telah mendapatkan Multiple Micronutrient Supplement (MMS)," kata Roesdawati.

Baca Juga: Hobi Pukuli Pohon Pisang, Pemuda Ini Bikin Binjai Jadi Viral

2. Beberapa kendala ditemui saat uji coba aplikasi Elsimil

Aplikasi Siap Nikah dan Hamil Diujicoba di Binjai, Ini ManfaatnyaTim Kantor Staf Presiden, saat berkunjung ke Kota Binjai uji coba aplikasi Elsimil (IDN Times/ istimewa)

Memang diakui dia, masih ada beberapa kendala saat uji coba. Di antaranya HP yang belum dimiliki semua calon pengantin, tim pendamping yang belum mahir, hingga kesiapan fasilitas kesehatan (faskes) yang belum punya alat uji valid. Semua kendala yang dihadapi sedang terus dilakukan upaya penyempurnaan.

Hal senada juga diakui Wali Kota Binjai Amir Hamzah dan mengaku akan melakukan berbagai upaya guna perbaikan Elsimil. Meski sejauh ini masih banyak kekurangan dalam proses pelaksanaannya. Pemerintah Kota Binjai, terus berupaya melakukan berbagai hal agar aplikasi Elsimil. Dengan harapan ke depan dapat diterapkan di seluruh wilayah Kota Binjai guna menekan angka stunting.

3. Aplikasi Elsimil, mendapat apresiasi dari tim KSP

Aplikasi Siap Nikah dan Hamil Diujicoba di Binjai, Ini ManfaatnyaAplikasi viduatik bisa diakses siswa. Tampilan aplikasi juga dibuat menarik. Dok/Humas UMM

Dalam kegiatan ini sendiri, progres Elsimil turut mendapat apresiasi dari Tenaga Ahli Madya Bidang Pembangunan Manusia Kantor Staf Presiden, Yenny Sucipto. Pejabat pusat itu berharap agar Aplikasi tidak hanya di satu wilayah saja, tapi juga bisa dikembangkan ke wilayah lainnya di Kota Binjai.

"Hingga saat ini sudah baik, tapi ada beberapa catatan yang nantinya akan kita cari bersama solusinya. Intinya tujuan Aplikasi Elsimil kedepan dapat tercapai. Sehingga dapat digunakan tidak hanya di Kota Binjai saja," tegas Yenny.

Baca Juga: Polisi Cabut Status Tersangka Pedagang Sayur Pasar Gambir yang Viral

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya