Aksi Begal Makin Meresahkan di Binjai, Pelakunya Anak di Bawah Umur

Bawa sajam celurit lukai pelaku

Binjai, IDN Times - Aksi kejahatan di Kota Binjai, Sumatra Utara, kian meresahkan warga. Pencurian, begal hingga geng motor terus bermunculan. Ironisnya, pelaku kejahatan ini dilakukan anak di bawah umur.

Inilah yang dirasakan dan menimpa Tulus (40) ketika melintas di Jalan Anggur, Kelurahan Bandar Senembah, Binjai Barat, Kota Binjai, Sumatra Utara. Pegawai swasta ini dibegal, Kamis tanggal 1 Juni 2023 dini hari lalu.

"Saat itu, korban hendak pulang ke rumahnya di Lingkungan V Beringin Blok C Nomor 81, Kelurahan Perdamaian, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat," kata Kasi Humas Polres Binjai Iptu Iptu Riswansyah, Jumat (16/6/2023).

1. Celurit diayunkan hingga melukai kaki korban

Aksi Begal Makin Meresahkan di Binjai, Pelakunya Anak di Bawah UmurAnak dibawah umur diamankan polisi karena melakukan pembegalan (IDN Times/ istimewa)

Sayangnya, ketika di perjalanan itu dirinya diikuti dan dipepet oleh 6 orang laki-laki dengan mengendarai tiga sepeda motor. Di sinilah, korban lantas terjatuh yang diduga akibat diserempet para pelaku.

"Salah satu terduga pelaku membawa senjata tajam (sajam) berupa celurit dan kemudian mengayunkan celuritnya ke arah korban," ucap Iptu Riswansyah.

"Celurit yang diayunkan pelaku mengenai lutut atau dengkul pada kaki kiri korban. Setelahnya, sepeda motor yang dikendarai korban langsung dilarikan oleh kawanan begal," kata Iptu Riswansyah.

Baca Juga: Ethics of Care Soroti Kasus Begal di Medan yang Semakin Marak

2. Pelaku ditangkap polisi dengan barang bukti celurit yang digunakan

Aksi Begal Makin Meresahkan di Binjai, Pelakunya Anak di Bawah UmurBarang bukti sajam yang diamankan polisi digunakan anak dibawah umur untuk membegal (IDN Times/ istimewa)

Atas peristiwa inilah, korban pada esok harinya Jumat tanggal 2 Juni 2023 membuat laporan ke Polsek Binjai Barat. Unit Reskrim Polsek Binjai Barat yang menerima laporan melakukan penyelidikan. Saat di lapangan, tugas luar reskrim Polsek Binjai Barat mencurigai tiga orang laki-laki.

"Terduga yang dicurigai ini  berboncengan dengan menunggangi sepeda motor Honda Beat BK 3493 RBB di Jalan Rambutan, Kelurahan Bandar Senembah, Binjai Barat, Senin  12 Juni 2023 dini hari," papar dia.

Kecurigaan ini membuat anggota membuntuti terduga pelaku yang rata-rata remaja di bawah umur. Kendaraan mereka lantas dihentikan dan dilakukan pemeriksaan.

"Saat diperiksa, ditemukan sebilah kerambit warna hitam yang diselipkan pada bagian depan pinggang sebelah kanan dari salah satu mereka," ujar Riswansyah.

3. Meski di bawah umur, tiga pelaku yang ditangkap tetap diproses sesuai hukum yang berlaku

Aksi Begal Makin Meresahkan di Binjai, Pelakunya Anak di Bawah UmurIlustrasi begal (IDN Times/Mardya Shakti)

Soal senjata tajam ini, ketiganya diboyong ke Polsek Binjai Barat guna proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut. Kepada polisi, ketiganya mengakui sudah dua kali melakukan tindakan pembegalan di wilayah hukum Polsek Binjai Barat.

"Hasil kejahatannya dijual untuk berfoya-foya," ungkap Riswansyah.

Adapun ketiganya, jelas dia, berinisial AK alias DAL (16), FG alias Ferdi (15) dan SW alias Dana (17). Ketiganya berdomisili di Kecamatan Selesai, Langkat. Dia menegaskan, ketiganya tetap diproses secara hukum, meski berstatus anak di bawah umur.

Sebab, mereka telah melakukan aksi begal dan membuat keresahan di tengah masyarakat. "Ya berkas tetap maju meski anak di bawah umur. Terkait keanggotaan geng motor, masih diselidiki," tegas Riswansyah.

Dari tangan mereka, barang bukti yang disita yakni, selembar STNK sepeda motor atas nama Desta Natalia Sitepu, satu unit sepeda motor Honda Beat BK 3493 RBB, sebilah parang panjang, sebilah kerambit warna hitam dan pakaian diduga hasil uang kejahatan. Ketiganya disangkakan pasal 365 ayat 2 ke 1e dan 2e KUHPidana dengan ancaman 12 tahun kurungan penjara.

Baca Juga: Diduga Geng Motor Serang Warung di Binjai, Sepeda Motor Raib

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya