8 Bulan, 270 Tersangka Terlibat Narkoba Ditangkap Polres Langkat

Jaringan antar provinsi turut diciduk

Langkat, IDN Times - Dalam kurun waktu Januari hingga Agustus 2023, Sat Res Narkoba Polres Langkat menuntaskan kasus narkotika sebanyak 217 kasus. Dari ratusan kasus ini, total 270 tersangka yang terdiri dari 255 tersangka laki-laki dan 15 orang perempuan ditangkap. Mereka berperan sebagai pengedar hingga bandar. 

"Dari 217 kasus yang berhasil diungkap oleh Satresnarkoba Polres Langkat berserta Polsek Jajaran juga kita berhasil ungkap ada beberapa yang merupakan Jaringan peredaran Narkoba antar provinsi," ujar Kapolres Langkat, AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang, Sabtu (2/9/2023).

1. Berikut jumlah narkoba dan pelaku yang diamankan

8 Bulan, 270 Tersangka Terlibat Narkoba Ditangkap Polres LangkatIlustrasi Pengguna Narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan yaitu, papar Faisal, berupa ganja sebanyak 363.330,07 gram (363 kg), sabu-sabu sebanyak 22.544,76 gram (22 Kg) dan Pil Ekstasi sebanyak 38 butir dengan berat 22,23 gram.

"Saat sekarang ini para tersangka sebahagian besar sudah dilimpahkan ke  kejaksaan dan sebagian masih berada di RTP Polres Langkat sebanyak 99 laki-laki dan satu orang wanita," sebut dia.

Baca Juga: Sarang Narkoba Digerebek, Januari-Agustus Ada 98 Kasus di Binjai

2. Peran serta masyarakat sangat membantu pihak kepolisian berantas narkoba

8 Bulan, 270 Tersangka Terlibat Narkoba Ditangkap Polres LangkatIlustrasi posko bencana. (IDN Times/Dok BPBDPPU)

Keberhasilan Sat Narkoba Polres Langkat dalam memberantas peredaran narkoba, diakui Faisal, tak lepas dari peran serta masyarakat yang berani membantu pihak Kepolisian dalam berkerja.

"Kami juga berterima kasih kepada masyarakat yang turut membantu memberikan informasi ke pihak Kepolisian, sehingga mempermudah kami dalam meringkus pelaku tindak pidana narkoba," ungkap dia.

3. Bangun posko dan patroli antisipasi aksi kriminalitas di Langkat

8 Bulan, 270 Tersangka Terlibat Narkoba Ditangkap Polres LangkatSelundupkan sabu di sepatu ditangkap Polres Langkat (Dok. IDN Times)

Sementara itu, dalam upaya pencegahan dan pemberantasan peredaran gelap narkotika di wilayah hukum Polres Langkat, saat ini Polres Langkat sudah membangun beberapa titik posko kampung bebas dari narkoba disetiap kecamatan.

"Pihak kepolisian terus berkomitmen memberantas peredaran narkoba. Langkah membangun posko ini diharapkan, adalah salah satu upaya pemberantasan barang haram ini. Kita juga melakukan patroli di titik-titik rawan antisipasi aksi kriminalitas lain," tegas Faisal.

Baca Juga: Otak Pelaku Dituntut 20 Tahun, Keluarga Paino Minta Tolong Jokowi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya