625 Orang dari 167 Desa Daftar Calon Kades Langkat

Panitia diminta netral dan pahami aturan

Langkat, IDN Times - Sebanyak 625 orang mendaftar menjadi calon kepala desa (Cakades) Langkat 2022. Mereka terdiri dari 167 desa mengikuti pesta demokrasi di desa. 

"Rinciannya terdiri dari Incunmbent 73 orang, perangkat desa 44 orang, BPD (badan permusyawaratan desa) 35 orang dan calon berasal dari masyarakat sebanyak 473 orang," kata Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sutrisuanto.

Hal itu dikatakan pada koordinasi (Rakor) panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Langkat tahun 2022 di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Rabu (20/4/2022). 

1. Penetapan bakal calon setelah melakukan serangkaian tes

625 Orang dari 167 Desa Daftar Calon Kades LangkatRapat persiapan pemilihan kepala desa di Langkat (IDN Times/ istimewa)

Diakui dia, rangkaian penetapan bakal calon yang memenuhi persyaratan oleh panitia. Dengan kata lain, telah melaksanakan tes tertulis kemampuan dasar atau PKD, melaksanakan wawancara, penyerahan hasil tes kepada panitia desa, penetapan dan pengumuman nama calon. 

Baca Juga: Pelaku Money Politic Pilkades Deli Serdang Diarak Warga ke Polsek

2. Diharapkan akan terpilih calon kades terbaik guna menyejahterakan warganya

625 Orang dari 167 Desa Daftar Calon Kades LangkatSekda Kabupaten Langkat dr Indra Salahudin, saat menyampaikan harapan dalam rapat (IDN Times/ istimewa)

Pada kesempatan itu, Sekda Indra Salahuddin berharap, hasil penjaringan melalui pilkades serentak, nantinya dapat menghasilkan calon Kades yang terbaik. Sehingga mampu membangun desanya masing-masing untuk mensejahterakan warga masyarakat. 

Kepada Panitia Pilkades, Sekda meminta untuk adil dan benar melaksanakan amanahnya. "Laksanakan tugas secara baik dan bijak serta bersikap netral dan tidak berpihak. Dan diharapkan kuasai dan pahami peraturan dan perundang-undangan terkait Pilkades," kata dia.

Dia juga mengharapkan, seluruh yang terkait untuk selalu berkoordinasi untuk terjaminnya keamanan, untuk keberlangsungan Pilkades yang demokratis, jujur dan tanpa menimbulkan Ekses dikemudian hari. "Perharinya untuk satu personil anggaran Rp100 ribu, sebagai pengganti uang makan petugas yang mengamankan," tegas Sekda.

3. Begini tahapan Pilkades Langkat

625 Orang dari 167 Desa Daftar Calon Kades LangkatPersonil TNi, Polri dan OPD yang ikuti rapat persiapan Pilkades Langkat (IDN Times/ istimewa)

Diketahui pengamanan Pilkades mulai dilakukan tanggal 20 April 2022 hingga pelantikan Kades terpilih pada September 2022. Dalam pengamanan sendiri melibatkan seribu lebih personil gabungan dari Kodim 0203/Langkat, Polres Langkat, Polres Binjai dan Sat Pol PP Pemkab Langkat dengan biaya pengamana mencapai RpRp247.600.000.

Adapun susunan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang telah disusun nantinya yakni :

1. Penyusunan daftar pemilih sementara, pemilih tambahan dan pemilih tetap pada 18 - 31 Mei 2021

2. Penyampaian visi misi calon Kades dan kampanye  pada 8 - 11 juni 2022, secara tertutup tidak di tempat terbuka dengan penerapan Protokol kesehatan dan pembatasan jumlah audiens. 

3. Masa tenang pada 12 - 15 Juni 2022.

4. Pelantikan Kades terpilih maksimal 74 hari setelah hari pemungutan suara pada 19 Juni 2022.

Baca Juga: Berikut Tahapan Pilkades Langkat, Akan Bergulir Juni 2022

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya