Pelaku Money Politic Pilkades Deli Serdang Diarak Warga ke Polsek

Janjikan uang agar warga memilih salah satu cakades

Deli Serdang, IDN Times - Warga Dusun Pulau Sari, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, berhasil menggagalkan aksi curang pemilihan Kepala Desa (Pilkades)

Mereka juga berhasil mengamankan seseorang yang disinyalir melakukan aksi suap (memberi uang), agar memenangkan salah satu Calon Kepala Desa (Kades) berinisial AW.

"Sempat kami bawa (pelaku) kepada kepala dusun tadi. Lalu kami arak ke Polsek Binjai (Polsek Tandem)," kata pria berinisial P, yang merupakan salah satu warga, Senin (18/4/2022).

1. Warga curiga, sehari sebelum pemilihan pelaku mondar mandir keliling kampung

Pelaku Money Politic Pilkades Deli Serdang Diarak Warga ke PolsekPelaksanaan Pilkades salah satu TPS di Desa Sumber Sari, Kecamatan Babulu, Penajam Paser Utara (IDN Times/Ervan)

Menurut dia, yang juga diamini beberapa warga di sana, mereka mencurigai seorang pria yang menunjukkan gelagat mencurigakan. Selain tidak ada yang mengenalnya, pria tersebut diketahui bukan warga sekitar.

"Sehari sebelum pelaksanaan pemilihan, dia kerap mondar-mandir disini. Warga di sini pun gak ada yang mengenali dia. Makanya saya dan rekan-rekan lain curiga," sebut dia.

Baca Juga: Pura-pura Jadi Satpol PP, 2 Residivis Perkosa Remaja di Taput

2. Berstatus guru, disuruh oleh salah satu calon kades berinisial AW

Pelaku Money Politic Pilkades Deli Serdang Diarak Warga ke PolsekPelaksanaan Pilkades salah satu TPS di Desa Sumber Sari, Kecamatan Babulu, Penajam Paser Utara (IDN Times/Ervan)

Warga kemudian mencegat pria tersebut dan bertanya keperluan pria tersebut berada di lingkungan mereka. "Setelah kami tahan, dia bilang warga Langkat dan bekerja sebagai seorang guru swasta di Langkat," ucapnya.

Bahkan diakui dia, jelas P, kalau dia disuruh oleh salah satu calon berinisiap AW untuk membagikan uang kepada warga. Sehingga nantinya dapat memilik AW di balik bilik pemilihan. "Dia mengaku memberikan uang kepada warga untuk memilih AW agar dapat menang dalam pemilihan ini," ucapnya.

3. Sempat diarak ratusan warga dan diamankan ke Polsek Binjai

Pelaku Money Politic Pilkades Deli Serdang Diarak Warga ke Polsek197 Personel POLRI yang dikerahkan untuk amankan jalannya Pilkades serentak di Penajam Paser Utara (IDN Times/Ervan)

Setelah diamankan pria tersebut diarak ke kediaman Kepala Dusun (Kadus), guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. Ia lalu disuruh membuat pernyataan soal perbuatannya. "Kami temukan uang ratusan ribu untuk diberikan kepada warga," terang P.

Rencananya setiap warga akan diberikan uang Rp 100 ribu, agar dapat memilih AW. Sesudah membuat surat pernyataan, warga memboyong pelaku ke Polsek Tandem (Polres Binjai).

"Benar, tadi sempat diarak warga. Karena posisi wargakan ramai dan takut dimassa makanya diamankan di Polsek Binjai (Tandam). Karena aturan mainya di P2K tingkat Kecamatan, jadi kita serahkan ke sana untuk ditindaklanjuti," tegas Kasubag Humas Polres Binjai Iptu Junaidi.

Baca Juga: 54 Rumah di Asahan Terbakar, Warga Selamatkan Diri Naik Perahu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya