Wabup Tapsel dan Poktan Kopi Aek Latong Bagikan Ribuan Bibit Kopi

Rasyid juga beri penyuluhan cara bertani pada masyarakat

Tapanuli Selatan, IDN Times - Gerakan Wakil Bupati Tapanuli Selatan untuk mendukung pencapaian prioritas pembangunan tahun depan sebagai mana tertera pada RPJMD , salah satunya terkait produksi, produktivitas produk pertanian dan kehutanan terlihat terus berlangsung. Kali ini Rasyid Assaf Dongoran, MSi turun ke Kelompok Tani Perempuan yang berada di Aek Latong, Desa Marsada, Kamis (24/8/2023).

Dalam Dialog Penyuluhan tatap muka Rasyid mengatakan bahwa perlu memahami perbedaan hama dan penyakit, jarak tanam dan teknik penanaman, memilih bibit , pengendalian ekosistem lahan.

Selanjutnya Rasyid mengajak para petani menanam dan memelihara seluruh bibit kopi 9.000 batang, kayu manis 300 batang, petai 300 batang dengan pola agroforestri

"Jika sudah dipelihara selama 6-8 bulan dan tumbuh dengan baik, In sya Allah kita akan cari pupuknya dan kita tambah bibit tanaman untuk lahan lainnya sehingga semua lahan di Aek Latong ini produktif kedepan, Insya Allah," ujarnya.

Rasyid juga mengatakan kepada para ibu-ibu Poktan bibit yang ia bagikan sudah dibibitkan di suatu tempat secara terus menerus dan sekarang dibagi-bagi ke beberapa desa.

"Ini rezeki dari Allah SWT, bukan rezeki dari saya, maka ibu-ibu harus bersyukur pada Tuhan dan Bersabar dalam memeliharanya. Selalu juga berdoa sebagaimana diminta Tuhan Allah dalam surah Al Kahfi 39 yakni ucapkan Masya Allah, La Quwwata illa Billah jika memasuki Kebun. Kita harus sangat yakin bahwa rezeki itu datangnya dari Tuhan , bukan datangnya dari Manusia. Semakin dekat lah kepada Tuhan sebagai Maha Pemberi rezeki," terangnya.

Pembentukan Poktan ini sebagai sarana kerjasama untuk saling berdekatan sesama manusia, tapi sumber rezeki tetap dari Tuhan. "Mari bekerja dan berdoa ya ibu-ibu," ujarnya sambil disambut tepuk tangan ibu-ibu.

Baca Juga: Nyaris Tumbang dari Sada Sumut, Penalti Selamatkan Persiraja

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya