Tapsel Dapat Dukungan Excavator dari KKP RI Dua Tahun Beruntun

Wabup Tapsel: Untuk kembangkan usaha perikanan rakyat

Tapanuli Selatan, IDN Times - Kabupaten Tapanuli Selatan memiliki Potensi yang masih luas untuk dikembangkan sebagai Kabupaten Produser Ikan Darat sepeti Nila, Mas, Lele, Mujair karena memiliki Sumber Daya Air yang baik

Dari pengamatan IDN Times, sejak setahun lalu pasca pelantikan, Wakil Bupati Tapanuli Selatan Rasyid Assaf Dongoran selalu melakukan perjalanan dinas ke Jakarta dan Medan untuk melakukan Kewajibannya (Wakil Kepada Daerah) sebagaimana ditetapkan Undang- undang yakni menjalin komunikasi dengan instansi vertikal.

"Benar, saya memang melakukan komunikasi dengan Instansi Vertikal baik secara langsung maupun tidak langsung, misalkan Kementerian Pertanian (Kementan RI), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP RI), Kementerian Koperasi (Kemenkop RI), karena saya yakini 3 Kementerian ini sangat strategis bagi kesejahteraan rakyat Tapanuli Selatan," ujar Rasyid.

1. Tapsel satu-satunya kabupaten yang dapat bantuan hibah excavator baru tahun 2022

Tapsel Dapat Dukungan Excavator dari KKP RI Dua Tahun BeruntunDukungan Excavator KKP RI Untuk Kembangkan Perikanan warga di Tapsel (Dok. IDN Times)

Kemudian dari hasil komunikasi selama satu tahun ini, Rasyid mengatakan bahwa untuk tahun 2021 masyarakat melalui Koperasi Periper telah menerima 1 unit Excavator Mini dari KKP RI dan berjalan efektif mencetak kolam masyarakat untuk berproduksi ikan air tawar.

Bahkan dalam kurun waktu 7 bulan belakang telah menghasilkan 66 unit kolam tanah baru dan beberapa kilometer jalan usaha perikanan

"Saya sudah menerima informasi bahwa tahun 2022 ini akan kembali kita Tapanuli Selatan menerima 1 unit excavator standard yang baru lagi, karena saya sudah dikirim Surat Keputusan Dirjen bahwa Tapsel adalah satu-satunya yang dapat bantuan hibah excavator baru di 2022 ini, kita sangat bersyukur bisa diberikan kepada Koperasi Patama Tapsel," ungkapnya

Baca Juga: Mengenal Jenderal yang Dulu Pernah Dipelihara Oleh Wagub Ijeck

2. Potensi pasar ikan darat di Tapsel terutama Ikan Nila sangat besar

Tapsel Dapat Dukungan Excavator dari KKP RI Dua Tahun BeruntunWabup Tapsel, Rasyid Assaf Dongoran memotivasi warga untuk melakukan budidaya ikan Tapsel (Dok. IDN Times)

Kedepan, Rasyid berjanji akan melakukan komunikasi lagi ke Kementrian Pertanian RI dan Kementerian Koperasi, melacak dan lobi tentang program yang bisa diberikan untuk upaya percepatan kesejahteraan masyarakat Tapsel.

"Tentunya bantuan yang bisa langsung kepada manfaat pada masyarakat, tentunya kita harus saling mendukung dan bersabar , semua demi masyarakat Tapsel " tegasnya

Muhammad Batubara, pelaku perikanan di Tapanuli Selatan mengatakan bahwa potensi pasar ikan darat di Tapsel terutama Ikan Nila sangat besar. Bahkan ia mengaku kelabakan dan tak sanggup menerima orderan atau pesanan dari berbagai daerah di Sumut dan Riau.

Ia mengatakan saat ini dibutuhkan ratusan ton ikan per minggu untuk dikirim ke Riau dan Medan.

"Kita tak sanggup penuhi semua kebutuhan pasar tersebut, karena kolam-kolam produksi ikan di Tapsel masih minim dan pelaku bisnis mikro perikanan juga belum melek tehadap solusi permodalan dari Skema Bank," jelas Muhammad.

3. Bantuan Excavator Mini baru senilai hampir Rp1 Miliar

Tapsel Dapat Dukungan Excavator dari KKP RI Dua Tahun BeruntunWabup Tapsel, Rasyid Assaf Dongoran memotivasi warga untuk melakukan budidaya ikan Tapsel (Dok. IDN Times)

Hasaoran, Ketua Koperasi Perikanan Tapsel (Periper) mengatakan Berkat Bantuan Komunikasi Wakil Bupati Tapsel, pihaknya mendapatkan bantuan Excavator Mini Baru senilai hampir Rp1 Miliar yang berasal dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI)

"Kami rakyat kecil butuh kemampuan kerja sama tim dan individual dari para pemimpin formal untuk melobi pemerintah pusat, sehingga potensi daerah kita di Tapsel bisa semakin berkembang," katanya.

Baca Juga: Wabup Tapsel: Marsialap Ari Perluasan Pekuburan Berhasil Dilakukan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya