SMA Harapan 3 Jajaki Peluang Kerja Sama Buka Kelas Khusus ke Prancis

Lakukan studi banding ke SMA Labschool di Cibubur Bekasi

Medan, IDN Times - SMA Harapan 3 Medan sebagai salah satu SMA terbaik di Sumatera Utara selalu berupaya melakukan inovasi dan terobosan untuk kemajuan pendidikan di Sumatera Utara. Setelah sukses membuka program Kelas Focus Kedokteran sejak beberapa tahun lalu, kini SMA Harapan 3 menjajaki peluang kerja sama dengan Kedutaan Besar Prancis untuk membuat Kelas Khusus pada siswa SMA yang ingin melanjutkan sekolah ke Perguruan Tinggi Negeri di Prancis.

Pada Rabu (24/3/2021) pihak SMA Harapan 3 Medan melakukan studi banding ke SMA Labschool Cibubur, Jatiranggon, Kota Bekasi, Jawa Barat. Sekolah ini merupakan yang pertama di Indonesia menerapkan Kelas Khusus Prancis yang diberi nama France track.

1. France Track didesain dengan menggabungkan kurikulum Nasional dan pembelajaran Bahasa Prancis

SMA Harapan 3 Jajaki Peluang Kerja Sama Buka Kelas Khusus ke PrancisSuasana dialog yang penuh persahabatan antara SMA Harapan 3 dengan SMA Labschool Cibubur (Dok. IDN Times)

France Track adalah layanan studi lanjut Perguruan Tinggi Negeri di Prancis melalui program pembelajaran di SMA labschool Cibubur. France Track di desain dengan menggabungkan kurikulum Nasional dan pembelajaran Bahasa Prancis yang merupakan kerja sama antara Labschool Cibubur dengan Pemerintah Prancis melalui Institut Francais d'Indonesie (IFI).

Target dari program ini adalah siswa siap melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri di Prancis dengan menguasai Kompetensi Bahasa Prancis - Diplome d' Etudes en Langue Francaise ( DELF) Level B2  yang berkarakter Indonesia, berwawasan global, mandiri, dan berintegritas.

2. SMA Harapan 3 akan jadi yang pertama dan satu-satunya di Pulau Sumatera yang menerapkan France Track

SMA Harapan 3 Jajaki Peluang Kerja Sama Buka Kelas Khusus ke PrancisKepala Sekolah SMA Harapan 3 Abdul Jalil S.Pd, MS (kanan) memberikan cenderamata pada Kepala SMA Labschool Cibubur Dr Ali Chudori (Dok. IDN Times)

Kepala Sekolah SMA Harapan 3 Abdul Jalil S.Pd, MS menjelaskan sebelum melakukan studi banding, pihaknya sudah berkomunikasi dengan SMA Labschool Cibubur melalui Kepala Sekolahnya Bapak Dr Ali Chudori untuk menjajaki program ini dan menerapkannya di Sumatera Utara.

"Program ini akan kita duplikasi tentunya dengan menyesuaikan dengan kondisi sekolah di Sumatera Utara. Jadi kalau sebelumnya SMA Labschool Cibubur yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, maka selanjutnya akan ada SMA Harapan 3, dan akan jadi yang pertama dan satu-satunya di Pulau Sumatera,” jelas Abdul Jalil.

3. Di perpustakaan SMA Labschool ada Laporan Akhir Siswa

SMA Harapan 3 Jajaki Peluang Kerja Sama Buka Kelas Khusus ke PrancisFoto bersama antara pihak SMA Labschool Cibubur dengan Tim manajemen SMA Harapan 3 (Dok. IDN Times)

Pada studi banding ini, Abdul Jalil didampingi Wakil Kepala Bidang Kurikulum Bapak Bambang Subakir M.Pd dan Wakil kepala Bidang Sarana dan Prasarana serta Keuangan  Ahmad Razali M,Sos.

Selama studi banding, rombongan diajak berkeliling ke ruangan kelas, perpustakan digital, dan melihat hasil penelitian dan karya siswa SMA Labschool. Salah satunya yang paling menarik adalah Laporan Akhir Siswa, seperti karya ilmiah mirip skripsi yang wajib dikerjakan para siswa dan hasilnya dikumpulkan di ruang perpustakaan yang sangat modern dan lengkap.

4. Tiga fasilitas khusus pada program France Track yang menjadi pembeda

SMA Harapan 3 Jajaki Peluang Kerja Sama Buka Kelas Khusus ke PrancisKepala SMA Labschool Cibubur Bapak Dr.Ali Chudori (Kanan) bersama Wakil kepala Sekolah ( WKS -2) SMA Harapan 3, Ahmad Razali M, Sos (Dok. IDN Times)

Dari hasil studi banding ini, tiga fasilitas khusus pada program France Track yang menjadi pembeda dengan peserta didik reguler yakni meliputi, pertama penambahan pembelajaran bahasa Prancis dari guru bahasa Prancis yang memiliki kualifikasi yang terstandar.

Kedua, Fasilitas pembelajaran bahasa yang disesuaikan dengan kebutuhan, program pengayaan budaya dan bahasa Prancis.

Dan ketiga, pendampingan secara khusus dan tersistem dari pengajar serta konselor dari Campus France.

5. 7 alasan mengapa melanjutkan kuliah ke Prancis itu penting?

SMA Harapan 3 Jajaki Peluang Kerja Sama Buka Kelas Khusus ke PrancisRombongan SMA Harapan 3 disambut pihak SMA Labschool Cibubur (Dok.IDN Times)

Lantas mengapa melanjutkan kuliah ke Prancis itu penting? Pertama, Prancis adalah salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan yang paling efektif di dunia. Kedua, memiliki kapasitas nasional untuk penelitian dan inovasi terkenal secara internasional.

Ketiga, memiliki kekayaan dan keberagaman dari kurikulum dan program mempermudah untuk menemukan program pendidikan yang sesuai dengan tujuan dan latar belakang pendidikan. Keempat, terdapat beasiswa dan bantuan pendanaan. Biaya pendidikan di institusi negeri disubsidi oleh pemerintah Perancis.

Kelima, kedinamisan budaya yang tiada bandingannya. Keenam, kualitas hidup Perancis , keuntungan hidup untuk siswa, dan terakhir adalah tempat ideal untuk menjelajahi Eropa.

Baca Juga: Dukung Merdeka Belajar, SMA Harapan 3 dan Unimal Teken MoU

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya