Selamat, Prof Baharuddin Terpilih Sebagai Rektor Unimed 2023-2027

Ingin kembangkan riset yang relevan dengan masyarakat

Medan, IDN Times - Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd. terpilih menjadi Rektor Universitas Negeri Medan Periode 2023-2027 dalam sidang rapat senat dengan agenda pemilihan rektor tahap akhir yang dilaksanakan di Gedung Pusat Administrasi Unimed pada Selasa, (20/6/2023).

Rapat Senat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. didampingi Sekretaris Senat Winsyahputra Ritonga, S.Pd., M.Si., Kuasa dari Kemdikbudristek yang di hadiri Prof. Dr. Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr. (Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Diktiristek Kemdikbudristek) dan Drs. Suwitno (Koordinator SDM Sekretariat Ditjen Diktiristek Kemdikbudristek), dan dihadiri seluruh anggota Senat Unimed yang berjumlah 52 anggota senat.

1. Baharuddin mendapatkan 59 suara

Selamat, Prof Baharuddin Terpilih Sebagai Rektor Unimed 2023-2027Syawal Gultom (Dok. IDN Times)

Setelah dilakukan pemilihan dari 52 anggota senat dan kuasa Mendikbudristek, Hasil perolehan suara Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd. mendapatkan 59 suara, disusul oleh Dr. Erond Litno Damanik, M.Si. dengan perolehan 10 suara dan Dr. Marice, M.Hum dengan perolehan 10 suara dan 1 suara abstain. Dengan jumlah total 80 suara (52 suara Senat Unimed dan 28 suara Mendikbudristek).

Ketua Senat Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam penutupan rapat senat mengatakan, Kami semua anggota senat Unimed mengucapkan Alhamdulilah, karena semua tahapan dalam Pemilihan Rektor Unimed ini dalam berjalan dengan aman dan lancar.

"Kita semua menyampaikan selamat dan sukses kepada Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd, atas terpilihnya sebagai Rektor Unimed masa periode 2023-2027, semoga dengan terpilihnya Prof. Baharuddin, Unimed akan semakin maju dan menjadi kampus terbaik di negeri kita tercinta Indonesia," ujar Syawal.

"Kami Senat akan mengirimkan hasil rapat senat ini kepada Mendikbudristek sebagai laporan dan kita semua menunggu petunjuk dan jadwal pelantikan Rektor Unimed yang diperkirakan dilaksanakan pada akhir agustus 2023 di kantor Mendikbudristek," tambahnya.

2. Ingin mengembangkan riset yang relevan dengan kebutuhan masyarakat

Selamat, Prof Baharuddin Terpilih Sebagai Rektor Unimed 2023-2027Prof. Dr. Baharuddin, S.T., M.Pd. Rektor Unimed Periode 2023-2027 (Dok. IDN Times)

Rektor terpilih Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd. mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana pemilihan Rektor Unimed, anggota senat dan Kuasa dari Kemendikbudristek serta civitas akademika yang telah menyelesaikan seluruh tahapan pemilihan rektor dengan sukses.

"Saya akan berusaha untuk menjalankan tugas dan amanah ini dengan integritas dan dedikasi yang tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan, mengembangkan riset yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, serta memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak untuk kemajuan Unimed kampus yang kita banggakan," jelasnya.

3. Perubahan teknologi dan ekonomi yang cepat harus diikuti

Selamat, Prof Baharuddin Terpilih Sebagai Rektor Unimed 2023-2027Kampus Unimed (Dok. Istimewa)

Kuasa Mendikbudristek yakni Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ditjen Diktiristek, Prof. Dr. Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr. yang hadir diberi kuasa untuk mewakili Menteri Mas Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya sebelum pemungutan suara pemilihan rektor mengatakan calon rektor harus berkomitmen untuk memperkuat aspek internal serta membangun sinergi yang solid dan membuka ruang kolaborasi dengan dunia industri dan sumber daya lainnya.

"Perubahan teknologi dan ekonomi yang cepat harus diikuti dengan peningkatan kompetensi. Karena itu simbiosis mutualisme antara perguruan tinggi dan dunia industri harus dibangun,” tuturnya.

Kepada calon rektor, Prof. Dr. Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr. juga berpesan agar memperkuat akuntabilitas dan kualitas kelembagaan Unimed karena kemampuan suatu bangsa dipengaruhi oleh sumber daya manusia dan karakter kebangsaan menjadi modal yang utama. Semoga kita senantiasa diberi kemampuan untuk menjalankan amanah mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca Juga: Trial PSMS Medan Hari Pertama, Beberapa Wajah Lama Terlihat

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya