Rumah AKBP Achiruddin Hasibuan Digeledah Polda Sumut

Polisi sempat dibikin menunggu

Medan, IDN Times - Personel Polda Sumatra Utara melakukan penggeledahan rumah milik Ajun Komisaris Besar Achiruddin Hasibuan, Rabu (26/4/2023). Achiruddin adalah pejabat Polda Sumut, ayah Aditya Hasibuan (19), tersangka penganiayaan terhadap KA (18), 22 Desember 2022 lalu.

Sejak pukul 16.00 WIB sudah berada di sana. Mereka mencoba masuk bersama beberapa orang perangkat daerah.

"Assalamualaikum, assalamualaikum," ujar seorang Kepala Lingkungan setempat.

Namun dari dalam rumah tidak ada yang menyahut. Polisi kemudian bergerak ke pintu belakang. Dari sana mereka juga coba memanggil orang di dalam rumah. Namun lagi-lagi tidak ada yang menyahut.

Baca Juga: AKBP Achiruddin Pernah Ngamuk di Rumah Korban Penganiayaan Anaknya

1. Hingga saat ini penggeledahan masih berlangsung

Rumah AKBP Achiruddin Hasibuan Digeledah Polda SumutPolda Sumut geledah rumah AKBP Achiruddin Hasibuan, ayah dari Aditya Hasibuan pelaku penganiayaan remaja 18 tahun (Dok. IDN Times)

Rumah yang berada di Jalan Guru Sinumba, Kelurahan Helvetia Timur, Kecamatan Medan Helvetia itu, terlihat cukup megah. Pagar setinggi sekitar dua meter berhias besi, menutup bagian depan rumah. Di kiri kanan, berdiri dinding setinggi sekitar 3 meter.

Rumah berkelir kuning tua itu cukup lebar. Jika berjalan dari ujung ke ujungnya, jaraknya sekitar 63 langkah orang dewasa. Sementara panjangnya sekitar 18 meter dari pagar depan ke belakang.

Rumah dihiasi dengan taman yang juga cukup luas. Jika dilihat dari depan, di bagian kanan ada satu garasi yang cukup lebar. Bisa dimasuki dua mobil minibus.

Setelah menunggu sekitar satu jam, seorang laki-laki ke luar dari dalam rumah. Kombes Sumaryono menemui laki-laki berambut cepak tersebut.

Laki-laki itu kemudian mengizinkan personel kepolisian untuk masuk. Belum diketahui pasti apa yang dicari Polda Sumut di dalam rumah tersebut. Belum ada keterangan resmi dari kepolisian ihwal penggeledahan yang dilakukan.

Hingga pukul 17.54 WIB Kombes Sumaryono bersama anggotanya masih berada di dalam rumah.

2. Niat minta ganti rugi kerusakan mobil malah bonyok dihajar Aditya

Rumah AKBP Achiruddin Hasibuan Digeledah Polda SumutPenganiayaan yang diduga dilakukan Aditya Hasibuan, anak pejabat Polda Sumut AKBP Achiruddin Hasibuan Desember 2022 lalu. (Istimewa)

Sebelumnya, video penganiayaan Aditya Hasibuan terhadap KA viral di media sosial. Kasus itu dipicu obrolan di media sosial. Kemudian Aditya melakukan perusakan spion mobil mini cooper yang dikendarai KA, 21 Desember 2022.

Pada 22 Desember 2022, KA dan beberapa temannya datang ke rumah Adit. Mereka ingin meminta pertanggungjawaban kerusakan spion. Bukan ganti rugi, malah bonyok didapat. KA dianiaya dengan brutal dan disaksikan langsung oleh AKBP Achiruddin. Bahkan dia juga menyemangati anaknya untuk terus menghajar KA.

Informasi yang dihimpun, KA dan temannya juga mendapat ancaman senjata laras panjang. Ihwal kasus pengancaman ini tengah didalami Polda Sumut.

AKBP Achiruddin dicopot dari jabatannya sebagai Kabag Bin Ops Ditnarkoba Polda Sumut sejak awal April lalu. Dia terbukti melakukan pembiaran dan pelanggaran kode etik kepolisian.

3. AKBP Achiruddin pernah ngamuk di rumah korban

Rumah AKBP Achiruddin Hasibuan Digeledah Polda SumutAKBP Achiruddin Hasibuan. (Dok. Istimewa)

Upaya perdamaian sempat dilakukan dilakukan. Keluarga KA sempat membuka diri atas upaya perdamaian tersebut.

Ibu KA, Elfi mengatakan, Achiruddin pernah datang ke rumah mereka pada 29 Desember 2022 lalu. Namun bukan perdamaian yang terjadi. Achiruddin malah bikin keributan dan mengamuk.

Elfi bercerita, saat itu suaminya mengatakan bahwa mereka kaget. Lantaran anaknya yang baru pulang untuk berlibur dari Inggris dalam kondisi babak belur. Namun mendengar itu Achiruddin, lanjut Elfi seolah tidak terima. Achiruddin merasa tidak terima karena anaknya dimaki-maki.

“Pak Achiruddin emosi, jadinya ribut di rumah saya dan tidak ada jalan perdamaian lagi. Harusnya Pak Achiruddin jangan marah-marah di rumah saya,” kata Elfi.

Karena penganiayaan itu, KA menderita luka cukup parah. Kata Elfi, anaknya mendapat perawatan intensif di rumah sakit. Anaknya juga mendapat sejumlah jahitan.

Baca Juga: Kerap Pamer Moge, AKBP Achiruddin Laporkan Harta hanya Rp467 Juta

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya