Profil Taufik Zainal Abidin, Mundur Dari PNS Jadi Wakil Bupati Asahan

Taufik membangun pondok Pesantren Syam Zalilul Akbar

Taufik Zainal Abidin Siregar adalah Wakil Bupati Asahan periode tahun 2021 – 2024 yang dilantik langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi atas nama Presiden Republik Indonesia sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.12-354 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Di Kabupaten dan Kota pada Provinsi Sumatera Utara.

Taufik Zainal Abidin lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara pada tanggal 4 September 1968 dan sekarang dia telah berusia 53 tahun.

Taufik Zainal Abidin juga pernah menjabat sebagai sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Asahan karena Taufik Zainal Abidin berniat maju berpasangan dengan H Surya yang masih aktif sebagai Bupati dalam kontestasi Politik Pilkada serentak 2020.

Oleh karena itu, statusnya sebagai aparatur sipil negara (ASN) digugurkan (pensiun) sebagai salah satu syarat pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) nanti.

Saat ini, Taufik Zainal Abidin menjabat sebagai Wakil Bupati Asahan yang terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) serentak yang dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020.

1. Kuliah hingga jenjang S2

Profil Taufik Zainal Abidin, Mundur Dari PNS Jadi Wakil Bupati AsahanTaufik Zainal Abidin, Wakil Bupati Asahan (Dok. IDN Times)

Sebelum memasuki dunia pekerjaan, dulunya Taufik Zainal Abidin menempuh Pendidikan dasar di SD 010093 Kisaran tahun 1975-1981. Lalu menempuh jenjang sekolah menengah pertama di SMP negeri 1 kisaran tahun 1981-1984 dan jenjang sekolah menengah atas di SMA Negeri 2 Tebing Tinggi tahun 1984-1987

Setelah lulus dari SMA Taufik Zainal Abidin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu Perguruan tinggi di Universitas Sumatera Utara tahun 1994-1997 setelah itu dia juga mengambil Pendidikan pasca sarjana (S2) di Universitas Negeri Medan tahun 2008-2012.

2. Membangun pondok Pesantren Syam Zalilul Akbar

Profil Taufik Zainal Abidin, Mundur Dari PNS Jadi Wakil Bupati AsahanTaufik Zainal Abidin, Wakil Bupati Asahan (Dok. IDN Times)

Setelah terpilih menjadi  sebagai Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin mengikuti pembekalan kepemimpinan pemerintahan dalam negeri secara virtual yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kepala daerah tentang pemerintahan daerah.

Selama pelatihan kepala daerah akan diberi materi enam rumpun, seperti demokrasi, kepemimpinan, dan pemberantasan korupsi.

Mendukung kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di daerahnya seperti pembangunan pondok Pesantren Syam Zalilul Akbar, yang berlokasi di Dusun III Desa Pulau Maria Kecamatan Teluk Dalam, Asahan.

Pembangunannya ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Bupati Asahan, Kedatangan Bapak Wakil Bupati Asahan pada kegiatan ini merupakan salah satu bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan mendukung pembangunan pondok pesantren di Kabupaten Asahan.

3. Peduli terhadap sesama

Profil Taufik Zainal Abidin, Mundur Dari PNS Jadi Wakil Bupati AsahanTaufik Zainal Abidin, Wakil Bupati Asahan (Dok. IDN Times)

Saat pandemi COVID-19 ini Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin meninjau pelaksanaan vaksinasi di tiga wilayah PT Socfindo Kebun Aek Loba Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi, Taufik juga meresmikan Rumah Isolasi Mandiri PT Socfindo Kebun Aek Loba, Kecamatan Aek Kuasan, Kabupaten Asahan. 

Selain itu Taufik Zainal Abidin juga peduli terhadap sesama karena banyak supir bus di Kabupaten Asahan kehilangan pencariannya karena larangan pemerintah yang tidak memperbolehkan masyarakat mudik disaat lebaran selama pandemi covid-19 masih berlangsung. Kondisi itu membuat mereka kehilangan mata pencarian.

Taufik Zainal Abidin yang prihatin melihat kondisi itu para sopir bus untuk diberikan bantuan menjelang Idul Fitri. Mereka menerima beras dan sejumlah uang tunai.

Baca Juga: Profil Surya, Dari Tenaga Pendidik Kini Jadi Pemimpin Asahan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya