Pekan Raya Pegadaian di Manhattan, Dorong UMKM Binaan Naik Kelas

Bisa tebus Murah Sembako jika bertransaksi Rp100 ribu

Medan, IDN Times - PT Pegadaian Kantor Wilayah 1 Medan menggelar Pekan Raya Pegadaian di Manhattan Times Square Kota Medan pada 12-14 Oktober 2023. 

Dalam kegiatan ini, ada banyak serangkaian acara yang dapat dinikmati masyarakat dengan tujuan memberikan hiburan dan ragam hadiah menarik. Di antaranya Bazar UMKM, Tebus murah sembako, bazar lelang emas, Talkshow, Hiburan musik, hingga aneka perlombaan dan lucky draw dengan total nilai hadiah jutaan rupiah.

"Ada 28 merchant UMKM, dari mulai pakaian, kuliner, dan Gallery 24, ada juga bazar emas, dan lain sebagainya. Di sini UMKM yang kita ajak adalah UMKM binaan Pegadaian. Harapannya untuk membuat mereka bisa naik kelas," Gopher Manurung selaku Kabag Humas dan Protokoler PT Pegadaian Kanwil I Medan saat Media Gathering, Kamis (12/10/2023).

Selain itu, tambahnya, kegiatan ini merupakan bagian rangkaian acara dari penyerahan Pegadaian Poin di mana salah satu nasabah Pegadaian Medan mendapatkan satu unit mobil Wuling  dan akan diserahkan pada Sabtu (14/10/2023) nanti.

1. Tebus Murah Sembako jika bertransaksi minimal Rp100 ribu

Pekan Raya Pegadaian di Manhattan, Dorong UMKM Binaan Naik KelasPT Pegadaian Kantor Wilayah 1 Medan menggelar Pekan Raya Pegadaian di Manhattan Times Square Kota Medan pada 12-14 Oktober 2023.  (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Beragam hiburan dan acara yang menarik disajikan bagi pengunjung dan juga nasabah setia Pegadaian. Seperti expo UMKM Pegadaian, Talkshow keuangan, tebus murah sembako, bazaar lelang emas, cuci emas gratis. live music, aneka lomba kuis berhadiah, booth Galery 24 serta penyerahan hadiah Pegadaian Poin.

“Masyarakat akan disuguhkan Program Tebus Murah Sembako dimana bagi yang bertransaksi minimal Rp100 ribu di booth Pegadaian dan UMKM. Selain itu bagi para Nasabah setia Pegadaian yang mempunyai Surat Bukti Gadai aktif periode tanggal 1–14 Oktober 2023 juga akan memperoleh kesempatan yang sama," ujar Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil 1 Medan, Arief Rinardi Sunardi.

Pada kesempatan ini masyarakat juga akan diuji keberuntungan memperoleh hadiah langsung berupa merchandise menarik dari Pegadaian melalui permainan mesin capit hadiah (claw machine).

Untuk menambah keseruan lainnya, Pegadaian juga menggelar ajang Stand Up Comedy Competition pada hari Jumat (13/10/2023) dan Idol Anak pada hari Sabtu (14/10/2023) yang bakal mengisi hiburan pada acara Pekan Raya Pegadaian.

"Ayo tunggu apalagi, bagi nasabah setia Pegadaian dan masyarakat Kota Medan sekitar datang dan ramaikan Pekan Raya Pegadaian pada 12-14 Oktober 2023, di Manhattan Times Square. Banyak beragam layanan dan produk yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat," ajak Arief.

2. Pegadaian ingin 'meng-Emas-kan' Indonesia pada 2045

Pekan Raya Pegadaian di Manhattan, Dorong UMKM Binaan Naik KelasPT Pegadaian Kantor Wilayah 1 Medan menggelar Pekan Raya Pegadaian di Manhattan Times Square Kota Medan pada 12-14 Oktober 2023.  (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Deputi Operasional PT Pegadaian Medan Basuki Tri Andayani mengatakan acara ini sengaja mengundang UMKM binaan untuk membangkitkan UMKM setelah pandemi panjang.

Pegadaian juga mendukung digitalisasi yakni menciptakan masyarakat digital dengan pembayaran cashless. Caranya bekerja sama dengan BRI untuk mengoptimalkan pembayaran dengan mesin ADC BRI.

Selain itu, tahun ini Pegadaian menjadi sponsor utama Liga 2 Indonesia. Karena Pegadaian punya visi kedepan pada 2045 yakni 'Mengemaskan Indonesia'. Dimana pada 2045 ditargetkan semua keluarga sudah punya tabungan emas dan olahraga sepakbola adalah strategi yang tepat untuk mengampanyekan hal ini.

"Oleh karena itu pegadiaan mendorong masyarakat melakukan investasi tabungan emas, baik secara rutin, mencicil dalam bentuk logam mulia, arisan emas dan lain sebagainya," jelasnya Basuki.

Pada acara puncak Pekan Raya Pegadaian Sabtu, 14 Oktober 2023 nanti akan diserahkan hadiah utama mobil listrik dan sepeda motor. Nama pemenang dapat dilihat melalui akun instagram @sahabatpegadaian.

Basuki mengimbau agar nasabah berhati-hati apabila ada pihak yang mengatasnamakan pihak Pegadaian, dengan meminta sejumlah uang atau data diri Anda sehubungan Undian Pegadaian Poin. Program ini tidak dipungut biaya apapun. Jika terjadi indikasi penipuan, harap dilaporkan melalui Call Center Pegadaian 1500 569.

Ia juga mengingatkan, Pegadaian tidak pernah melakukan lelang online. Informasi resmi pegadaian hanya diumumkan di instagram Pegadaian bercentang biru.

"Masyarakat harus lebih waspada," ujarnya.

3. Pekan Raya Pegadaian menghadirkan banyak manfaat bagi masyarakat

Pekan Raya Pegadaian di Manhattan, Dorong UMKM Binaan Naik KelasPT Pegadaian Kantor Wilayah 1 Medan menggelar Pekan Raya Pegadaian di Manhattan Times Square Kota Medan pada 12-14 Oktober 2023.  (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah menjelaskan, ada beberapa serangkaian program Pegadaian yang juga dihadirkan dalam semarak Pekan Raya Pegadaian seperti Bazar Expo Gadepreneur UMKM, Pegadaian Poin dan juga keikutsertaan Pegadaian untuk memeriahkan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) OJK dengan tujuan meningkatkan literasi dan menjadi bagian inklusi keuangan di masyarakat.

“Ibarat pepatah sekali mendayung 2 sampai 3 pulau terlewati. Pekan Raya Pegadaian menghadirkan banyak manfaat bagi masyarakat dan juga menjadi wadah unjuk gigi bagi para pelaku UMKM mulai dari sektor FnB, Kriya, Fashion hingga Beauty and Healthy. Program GadePreneur merupakan tanggung jawab Pegadaian terhadap perkembangan UMKM di Indonesia yang diharapkan nantinya para peserta GadePreneur dapat lebih naik kelas,” jelas Elvi.

Selain itu ada juga Pegadaian Poin yaitu program yang dirancang sebagai bentuk apresiasi Pegadaian kepada nasabah setianya. Setiap transaksi produk Pegadaian baik secara langsung maupun melalui aplikasi Pegadaian Digital senilai Rp100 ribu atau kelipatannya, nasabah akan mendapatkan Poin yang dapat ditukar ke berbagai produk/program menarik.

Selain itu poin juga dilakukan pengundian dengan hadiah utama mobil listrik, sepeda motor, maupun puluhan hadiah lainnya.

Adapun periode pengundian dilakukan sebanyak dua kali. Periode 1 Mei - 31 Agustus 2023 diundi pada 14 September 2023. Sedangkan periode 2 September - Desember 2023 akan diundi di bulan Januari 2024.

Baca Juga: Manajemen PSPS Yakin Ridwan Saragih Bisa Kalahkan PSMS Minggu Ini

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya