Menpora Dito Akan Hadiri Grand Final Danau Toba Rally APRC 2023

Beberapa negara telah konfirmasi kehadiran di grand final

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo dipastikan hadir dalam gelaran Danau Toba Rally - Asia Pacific Rally Championship (APRC) Grand Final pada tanggal 24 sampai 26 November 2023 mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua Ikatan Motor Indonesia Sumatera Utara (IMI Sumut) Harun Mustafa Nasution bersama Pembina IMI Sumut Musa Rajekshah usai bertemu Menpora Dito di Kantor Kemenpora Senayan, Jakarta, Rabu (8/11/2023).

“Pada pertemuan kami tadi, Menteri Olahraga menyatakan siap hadir dalam acara Grand Finalnya APRC,” ujar Harun.

1. Menpora sangat antusias melihat geliat olahraga reli

Menpora Dito Akan Hadiri Grand Final Danau Toba Rally APRC 2023Pereli Sean Gelael dengan mobil Hyundai i20 saat balapan APRC 2023 di Aek Nauli Simalungun (Dok. https://www.sean-gelael.com/)

Menurutnya, Menpora menyatakan sangat antusias melihat geliat olahraga reli di Sumatera Utara yang mampu mendorong pariwisata dan pertumbuhan ekonomi.

“Tadi Pak Menteri mengaku sangat senang, dia sangat antusias dan mendukung kegiatan reli di Sumatera Utara, khususnya di Danau Toba,” ujarnya.

Berbagai persiapanpun, lanjutnya terus dilakukan IMI bersama seluruh panitia.

“Panitia saat ini terus bergerak memantapkan semua persiapan. Jalur Tobasari Sidamanik yang kemarin tidak dipakai karena kendala berlumpur karena hujan, di grand final ini kita perbaiki dan lintasannya nanti diperbanjang,” ujar Harun sembari mengatakan tahun ini, lanjutnya akan ada 12 SS dengan total jarak 433,35 kilometer.

2. Beberapa negara telah konfirmasi kehadiran di grand final

Menpora Dito Akan Hadiri Grand Final Danau Toba Rally APRC 2023Pembukaan APRC Asia Cup dan Kejurnas Rally putaran 3 di Kaldera Toba, Jumat (22/9/2023) (Dok.Media Ijeck)

Pembina IMI Sumut Musa Rajekshah menambahkan beberapa negara yang telah konfirmasi kehadiran di grand final mendatang diantaranya Jepang, Thailand, Malaysia, New Zealand dan India.

“Informasi terakhir ada 9 peserta asing dari lima negara yang ikut. Kehadiran peserta ini kita harap membawa cerita yang baik, cerita keindahan alam, pariwisata yang ada di Sumut khususnya Danau Toba sehingga jadi ajang promosi bahwa Indonesia itu tidak hanya Bali, Indonesia punya Danau Toba yang begitu indah dan dengan ini kita harap pertumbuhan ekonomi bisa meningkat,” ujar pria yang akrab disapa Ijeck ini.

3. Pembukaan Danau Toba Rally APRC Grand Final akan dilaksanakan di The Kaldera

Menpora Dito Akan Hadiri Grand Final Danau Toba Rally APRC 2023Pembukaan APRC Asia Cup dan Kejurnas Rally putaran 3 di Kaldera Toba, Jumat (22/9/2023) (Dok.Media Ijeck)

Menurut Ijeck, ada yang menarik di tahun ini karena ada Super Special Stage (SS1) sepanjang 3,10 km di kawasan The Kaldera Toba Nomadic Escape, Kabupaten Toba.

Pembukaan Danau Toba Rally APRC Grand Final juga akan dilaksanakan di The Kaldera, sementara itu untuk update media akan dilaksanakan di Samosir dan berlanjut pertandingan SS2 hingga SS12 di Kawasan Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Aek Nauli hingga Tobasari Sidamanik, Kabupaten Simalungun.

Baca Juga: Bertepatan dengan Hari Pahlawan, 2 Ruas Tol Baru di Sumut Resmi Dibuka

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya