Bertepatan dengan Hari Pahlawan, 2 Ruas Tol Baru di Sumut Resmi Dibuka

Rute Tebingtinggi - Indrapura - Limapuluh masih gratis

Batubara, IDN Times - Dua ruas jalan tol baru di Sumatera Utara resmi dibuka oleh PT Hutama Karya (Persero) dan PT Hutama Marga Waskita (Hamawas), Jumat (10/11/2023). Yakni ruas tol Tebingtinggi - Indrapura dan Indrapura - Limapuluh. Ini merupakan bagian dari megaproyek Tol Trans Sumatera.

Pada kesempatan ini, Bupati Batubara, Zahir didampingi Direktur Hutama Karya dan Hamawas melakukan seremoni tap perdana menandakan pintu tol ini resmi dibuka untuk umum.

Ari Wibowo, Branch Manager Tol Indrapura - Kisaran menjelaskan peresmian ini sengaja dilakukan hari ini karena bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional, 10 November.

Ari menjelaskan Keputusan Menteri untuk mengoperasikan dua ruas tol baru ini sudah keluar pada 2 November 2023. Sehingga pihaknya memilih melakukan seremoni pembukaan tol tepat pada Hari Pahlawan.

"Jadi moment hari ini sangat tepat untuk mengoperasi jalan tol ini tanpa tarif," katanya.

1. Waktu tempuh Tebing Tinggi ke Limapuluh hanya 20 menit saja

Bertepatan dengan Hari Pahlawan, 2 Ruas Tol Baru di Sumut Resmi DibukaRuas jalan tol Tebingtinggi - Indrapura dan Indrapura - Limapuluh resmi dibuka, Jumat (10/11/2023). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Dua ruas tol saat ini masih digratiskan untuk masyarakat menunggu Kepmen tentang tarif tol. Ari belum bisa memastikan hingga kapan tol ini akan digratiskan. 

"Meski gratis, kami mengimbang pengendara tetap mengutamakan keselamatan, kemudian saat memasuki tol dan keluar jangan lupa tetap pakai kartu e-toll. Sampai kapan gratis? Tunggu kepmen tarif nanti akan kita beritahukan," jelasnya.

Ruas Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura memiliki panjang 28,3Km. Sementara ruas tol Indrapura - Lima Puluh sepanjang 15,60 Km. Waktu tempuh dari Tebing Tinggi hingga ke Lima Puluh hanya memakan waktu sekitar 15-20 menit saja. Jauh lebih hemat waktu dibanding melalui jalan lintas Sumatera, yakni satu setengah jam.

2. Di rest area akan diisi produk UMKM lokal

Bertepatan dengan Hari Pahlawan, 2 Ruas Tol Baru di Sumut Resmi DibukaRuas jalan tol Tebingtinggi - Indrapura dan Indrapura - Limapuluh resmi dibuka, Jumat (10/11/2023). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Saat ini Rest Area ruas jalan tol Indrapura - Limapuluh masih dalam proses konstruksi. Nantinya, di rest area ini akan diisi oleh UMKM dari Kabupaten Batubara.

"Kita targetkan (rest area) bisa difungsikan saat momen liburan Natal dan Tahun Baru. Produk UMKM akan kita prioritaskan di rest area, sebanyak 80 persen akan diisi UMKM lokal (Batubara).

Bupati Batubara, Zahir berterima kasih pada HK dan Hamawas atas peresmian tol ini. Karena menurutnya jalan tol ini akan sangat membantu perekonimian masyarakat. Karena pengantara barang hasil pertanian dan transportasi jadi lebih cepat.

"Tol ini sudah sangat kami nantikan karena akan mempermudah dan mempercepat warga Batubara dalam pengiriman barang,  transpotasi, pengangkutan hasil-hasil pertanian. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Selain, Zahir juga mengamini bahwa sebagian besar pedagang di Rest Area nanti akan diisi oleh UMKM unggulan dari pelaku UMKM Batubara.

"Jalan tol ini akan ada rest area dan akan digunakan mempromosikan produk UMKM. Jadi nanti akan dipilih beberapa UMKM lokal. Mudah-mudahan Kabupaten Batubara bisa mendapat stand atau kios supaya prouk UMKM terbaik bisa dipajang disana untuk dipasarkan secara lokal dan nasional," ungkapnya.

3. Tol ini sudah dilengkapi dengan 29 unit CCTV

Bertepatan dengan Hari Pahlawan, 2 Ruas Tol Baru di Sumut Resmi DibukaRuas jalan tol Tebingtinggi - Indrapura dan Indrapura - Limapuluh resmi dibuka, Jumat (10/11/2023). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Dua ruas tol ini sebelumnya telah melalui Uji Laik Fungsi (ULF) pada tanggal 22-25 Agustus 2023. Hasilnya, kedua ruas tol sudah Standar Pelayanan Minimal (SPM) dengan dikeluarkannya Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada tanggal 8 September 2023 untuk Jalan Tol Indrapura - Lima Puluh dan untuk Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura pada tanggal 19 September 2023.

HK juga sudah menyematkan berbagai fasilitas penunjang operasional jalan tol. Tol telah dilengkapi dengan 4 gardu tol, 29 unit CCTV, 3 unit VMS, dan 27 unit armada siaga pada Jalan Tol Indrapura - Lima Puluh dan 2 gerbang tol, 7 gardu tol, 70 unit CCTV, 4 unit VMS serta 16 unit armada siaga pada Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura.

Kedua ruas tol ini nantinya akan saling terintegrasi. Pengguna jalan akan mengawali perjalanan dengan masuk ke Jalan Tol Tebingtinggi - Indrapura sepanjang 28,3Km terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan ke Jalan Tol Indrapura - Lima Puluh sepanjang 15,60 Km.

Integrasi jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh dari arah Tebing Tinggi ke daerah Lima Puluh yang sebelumnya lebih dari 90 menit menjadi 20 menit saja.

Baca Juga: Tol Tebingtinggi-Limapuluh Beroperasi, Pangkas Waktu Tempuh 70 Menit

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya