Kisah Imran, Driver Gojek yang Rutin Isi Tausiyah saat Bulan Ramadan

Ia lebih dikenal sebagai ustaz Imran Purba Al-Bataky

Medan, IDN Times - Fleksibilitas waktu menjadi mitra Gojek, rupanya membuka kesempatan untuk banyak orang memiliki lebih dari satu sumber penghasilan dan sekaligus beraktivitas menanam benih kebaikan. Kemudahan mengatur waktu, membuat beberapa orang bahkan bisa menjalani dua atau tiga aktivitas yang bermanfaat dalam satu hari.

Seperti yang dilakukan olehImran Purba S.Pd.I, salah satu mitra driver di kota Medan. Ia memutuskan untuk bergabung menjadi mitra Gojek tahun 2016.

Ternyata profesi utamanya adalah guru dan juga rajin mengisi tausiyah di masjid, khususnya di Bulan Ramadan.

Yuk simak kisahnya:

1. Ia mulai cari penumpang saat pulang mengajar

Kisah Imran, Driver Gojek yang Rutin Isi Tausiyah saat Bulan RamadanUstaz Imran Purba Al-Bataky, Driver Gojek di Medan (Dok. Gojek)

Imran mengaku bergabung menjadi mitra Gojek untuk mendapatkan penghasilan ekstra setelah selesai mengajar di sebuah sekolah dasar swasta di Medan.

Ditambah ia suka bersosialisasi dan bertemu orang banyak, sehingga menjadi driver Gojek adalah pilihan yang tepat baginya.

Ia mengaku bekerja sebagai ojol di Gojek biasanya mulainya sepulang sekolah.

"Kalau di bulan Ramadhan ini, biasanya saya on-bid itu selesai mengajar pagi. Siang saya bekerja menjadi mitra Gojek sampai sore. Dan kemudian malam setelah berbuka puasa saya memberikan tausiyah di masjid-masjid. Memang tidak setiap malam, tapi pasti ada saja,” kata Imran.

Ternyata tak hanya mengajar, Imran pun kerap mengamalkan ilmu agama yang didapatnya dari Fakultas Tarbiyah IAIN Sumatera Utara (Sekarang UIN Sumut) melalui tausiyah yang disampaikannya di masjid-masjid.

“Sejak SMA memang sudah mengajar mengaji untuk anak-anak kecil di kampung saya di Simalungun dulu. Lalu saya sempat menjadi ketua remaja masjid. Saya suka kalau waktu saya bermanfaat buat banyak orang,” ungkap pria dengan sebutan Ustaz Imran Purba Al-Bataky.

2. Pernah pesan Gojek untuk menuju lokasi tausiyah karena ban motor bocor

Kisah Imran, Driver Gojek yang Rutin Isi Tausiyah saat Bulan RamadanUstaz Imran Purba Al-Bataky, Driver Gojek di Medan (Dok. Gojek)

Namun, perbuatan baik pun tak luput dari cobaan. Mulai dari ban motornya yang pernah kempes hingga telat hadir di lokasi.

“Pengalaman menarik selama memberikan tausiyah itu salah satunya jika saya memberikan tausiyah di tempat yang agak jauh. Saya kan naik motor, jadi ada saja kejadian ban bocor atau halangan lainnya. Nah pernah suatu saat pernah saya hendak memberikan tausiyah, ban motor saya bocor. Jadi saya titipkan ke masjid terdekat, dan saya pesan Gojek untuk menuju lokasi tausiyah. Itu menjadi pengalaman berharga untuk saya. Terutama untuk selalu mengatur waktu dan hadir lebih awal sebelum acara. Misalnya kalau mengisi khotbah Jumat, saya biasanya jam 11 sudah sampai di lokasi. Kadang jamaahnya belum ada, saya sudah sampai,” jelas Imran.

3. Sering juga mengisi tausiyah di acara komunitas driver gojek

Kisah Imran, Driver Gojek yang Rutin Isi Tausiyah saat Bulan RamadanUstaz Imran Purba Al-Bataky, Driver Gojek di Medan (Dok. Gojek)

Sebagai ketua salah satu komunitas mitra driver di Gojek, ayah tiga anak ini pun seringkali diajak untuk mengisi tausiyah untuk komunitasnya, maupun komunitas-komunitas mitra Gojek lain di kota Medan.

“Jadi kegiatan di Gojek sebagai mitra, dan aktivitas saya sebagai pendakwah pun seringkali bisa disatukan. Seperti misalnya di acara kopdar menjelang Bulan Ramadan di bulan Maret silam. Tema yang disampaikan itu untuk menyambut Ramadhan, jadi saya sampaikan materi tausiyah disana. Saya bahagia kalau materi tausiyah saya  memberi manfaat untuk rekan-rekan mitra lain dan banyak orang,” jelas Pak Imran lebih lanjut.

Buat Imran, bahagia itu sangat sederhana. Bisa berbagi ilmu dan manfaat, menjadi bagian dalam hidup dan kehidupannya. Termasuk di dalamnya menjadi mitra Gojek, yang bisa memberikan manfaat bagi banyak orang melalui layanannya, sekaligus memberi manfaat kebaikan bagi rekan-rekan mitra lainnya melalui tausiyahnya.

Baca Juga: Mengenal Jenderal yang Dulu Pernah Dipelihara Oleh Wagub Ijeck

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya