Karyawati Asal Bogor Nyaris Kena Penipuan Bawa Nama Kapolda Sumut

Untung dicek langsung ke Call Centre Polri

Medan, IDN Times - Seorang karyawati swasta asal Bogor, Jawa Barat, Klara nyaris menjadi korban penipuan lewat telepon, Senin (7/8/2023). Yang membuat dara 25 tahun ini awalnya nyaris percaya karena membawa-bawa nama Kapolda Sumut dan langsung disambungkan dengan oknum yang mengaku berpangkat Bripka asal Polda Sumut serta menunjukkan KTP dan KTA lewat telegram.

Namun karena merasa curiga, Klara melakukan croscek ke call centre Polri dan pihak call centre minta modus seperti itu diabaikan saja.

Merasa nyaris kena tipu modus baru seperti inidan tak mau sejawatnya menjadi korban berikutnya, Klara membagikan kisahnya lewat akun instagramnya. Yuk simak kronologi dari Klara. 

Baca Juga: Kronologi Nabila Febrianti Harus Diamputasi karena Selamatkan Kucing

1. Panggilan teleponnya cukup profesional, ada nada tunggu 'Selamat Datang di Polda Sumut'

Karyawati Asal Bogor Nyaris Kena Penipuan Bawa Nama Kapolda SumutKlara, karyawati swasta asal Bogor membagikan kisahnya nyaris tertipu dengan modus bawa-bawa nama Kapolda Sumut. (Kolase story instagram @clarelivvi)

"Jadi hari ini gue ditelpon nomor luar negeri gitu. Gak gue angkat dan pas cek get contact itu nomor Malaysia. Nah.. 2 jam kemudia gw di telpon lagi tapi sama nomor beda, nomor Indonesia. Biasanya gue gabakal angkat, tapi krn kebetulan gw lagi nunggu kabar asuransi buat operasi gigi, jadi gw angkat (karena expect itu dari rumah sakit/dari asuransi) Nah, yg nelpon gw ini katanya dari Kedutaan Indonesia yang di Kuala Lumpur.

Dia bilang kalau paket gue yg dikirim ke Kuala Lumpur bermasalah. PADAHAL GW AJA GAPERNA KIRIM PAKET KE KUALA LUMPUR ANJIR. Di sini gw belom mikir ditipu, apalagi gw sebelumnya juga ditelpon orang malaysia kan Terus, karena gw bilang itu bukan gw, ya dia langsung saranin gw buat laporin: penyalahgunaan data ke Kapolda Medan Kenapa Kapolda Medan? soalnya yg ngirim itu alamatnya di medan tapi atas nama gue dan pake nomor HP gue"

Setelah dikonfirmasi IDN Times, yang maksud Klara adalah Kapolda Sumut. Karena Klara bingung membedakan Medan dan Sumut.

Dilanjutkan Klara, "Si 'kedutaan' ini terdengar reliable banget. Dia kasih tau detail paket yang katanya atas nama gw itu. Alamat pengirimnya di mana, dikirimnya ke siapa, isi paketnya apa, nama orang yang dikirim, sampe nomor resi juga. Dia minta gue catet biar bisa laporin ke Kapolda Medan itu
Eh ya ini kata dia juga, harus dilaporin karena kalau dibiarin takutnya nanti kalau kena sama polisi malaysia, malah gw yg kena masalah (jir ya nimbulin rasa panik bangett)
Nah abis gw catet itu. Si kedutaan bilang "Ini saya sambungin langsung ke Kapolda Medan ya, biar bisa langsung laporin".
Di sini gw udah mulai curiga. Soalnya aneh banget orang kedutaan bisa langsung nyambungin telpon ke Kapolda?
Tapi eh tapi.. pas dia sambungin itu...
ADA WAITING ROOM CALL NYA!!! kayak kesannya profesional banget gila. Waiting room callnya itu juga nyebut "Selamat datang di Kapolda Medan bla bla bla, tekan tombol apa saja untuk sambung ke polisi kami" atau gimana gitu,"

2. Oknum ngaku berpangkat Bripka mengirimkan KTP dan KTA untuk meyakinkan klara

Karyawati Asal Bogor Nyaris Kena Penipuan Bawa Nama Kapolda SumutKlara, karyawati swasta asal Bogor membagikan kisahnya nyaris tertipu dengan modus bawa-bawa nama Kapolda Sumut. (Kolase story instagram @clarelivvi)

"Nahh, abis itu gue telponan sama orang baru. Orang yang katanya "Bripka" di Medan. Sama ni.. ini orang juga profesional banget. Nanya apa keperluan gw, terus pas gw kasih info tentang penyalahan data itu, dia nanya kronologisnya ke gue... Udah kayak CS
Yaudah gw kasih tau aja data-data yg gw dapetin sebelumnya. Terus.. munculah suatu yg aneh..

Dia bilang, mau bantu bikin surat laporannya secara online. Ya gue expect bikinnya lewat web resmi gitu. Lah ini DISURUH KE TELEGRAM
Gw udah mulai ngerasa ini penipuan. Tapi karena masih agak panik, ya gue ladenin dulu aja. Terus akhirnya dia chat gue di telegram pake foto "Kapolda Medan" (sambil tetep masih telpon gue)"

"Terus dia bilang dia butuh FOTO KTP GUE buat bikin surat pelaporannya. Nah, biar gue gak takut kasih foto KTP gue, dia berusaha membuktikan identitas dia beneran Bripka, dengan kasih foto KTP dia dan ID polisi dia di telegram Di sini gw udah ngerasa yakin ditipu, tapi juga takut kalau beneran gmn. Yaudah, rencananya gw mau coba buktiin validitas dia dulu Jadi gue dalih bilang "Kak ini boleh lanjutin nanti? Terus saya call lagi aja, karena saya di tengah meeting" emang bener sih wkkwkw Nah dia tuh kayak gamau gue matiin telpon.

Dia tiba" nakutin gw, suruh gw cepet" urus penyalahan gunaan datanya biar ga dipake buat pinjol atau bagaimana (pdhl elu kan yg mau pake data KTP gue WKWKKWKW) Terus gw bilang aja kalau gw dipanggil meeting. Nanti sekitar 30 menit gue call lagi. Terus dia bilang "Kalau gak kirim dulu aja foto KTP nya biar bisa langsung saya buat surat pelaporannya" WKKWKW ANJER MAKSA. Ya long short story, akhirnya gue berhasil matiin itu call lah. Dan langsung coba cek" kebenaran datanya,"

3. Call Centre Polri minta untuk tidak diladeni

Karyawati Asal Bogor Nyaris Kena Penipuan Bawa Nama Kapolda SumutKlara, karyawati swasta asal Bogor membagikan kisahnya nyaris tertipu dengan modus bawa-bawa nama Kapolda Sumut. (Kolase story instagram @clarelivvi)

"Langsung gw cek getcontact nomor "Kedutaan" itu. Eh kosong, artinya nomor baru. Gue cek resi yg dikasih juga. Tapi gak ditemukan wkwkkw Gue juga cek nama Bripka yg di telpon kedua itu, (kan gw dikasih foto KTP & ID dia di telegram).

Eh pas gw sm temen kantor gw googling, si Bripka ini keknya udah meninggoy Biar makin yakin lagi, gue juga sampe nelpon call center kapolda wkkwkwkw. Terus dia juga bilang itu pasti penipuan, gausah diladenin Gila sih penipuannya kali ini mainin rasa panik orang. Kalau gw panikan bgt, keknya gw bisa kena anjer,"

Di akhir curhatannya, Klara menampilkan nomer HP yang menghubunginya serta KTP dan KTA polisi mengaku berpangkat Bripka tersebut.

So, hati-hati dengan modus-modus seperti ini ya, guys. Klara membagikan ceritanya dengan harapan ga ada calon korban yang ketipu sama modus seperti ini.

Baca Juga: Geruduk Polrestabes Medan, Mayor Dedi Diserahkan ke Puspom TNI

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya