Ini Nama 5 Personel Polda Sumut untuk Misi PBB ke Afrika Tengah

Bikin bangga Indonesia di mata dunia

Polda Sumut mengirimkan lima personel terbaiknya dalam Pembaretan Satgas Garuda Bhayangkara FPU 4 Minusca, di Gunung Halimun, Caringin, Jawa Barat.

Tujuannya untuk melaksanakan tugas misi PBB, di wilayah konflik, ke Bangui, Republik Afrika Tengah, pada 17-19 September mendatang.

Nama-nama personil terbaik Polda Sumut tersebut diantaranya, Brigadir Charles Sihombing, Brigadir Andika Pratama, Briptu Romi Tarigan, Briptu Pratiwi Mandasari dan Briptu Anna Maria Manihuruk.

1. Akan diberangkatkan pada tanggal 17-19 September 2022

Ini Nama 5 Personel Polda Sumut untuk Misi PBB ke Afrika Tengahinstagram.com/unitednations

Upacara dipimpin Kepala Kontingen Satgas Garuda Bhayangkara FPU 4 MINUSCA AKBP Wahid Kurniawan  sebagai Komandan Upacara, dan Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri Irjen Pol, Johni Asadoma, sebagai inspektur upacara menutup pembaretan personel Satgas di Camp Puncak Halimun.

Kadivhubinter Polri Irjen Pol, Johni Asadoma menyampaikan, sebanyak 154 personel Satuan Tugas (Satgas) Garuda Bhayangkara (Garbha) FPU 4 MINUSCA yang terdiri dari 25 polisi wanita (Polwan) dan 115 polisi laki-laki (Polki) (Sudah termasuk lima personil Polda Sumut). 

"Personil yang telah mengikuti latihan, semuanya akan diutus dalam pra penugasan untuk berangkat pada tanggal 17-19 September 2022," ucap Irjen Jhoni Asadoma, kepada wartawan, Minggu (28/8/2022).

2. Ada seleksi kesehatan, psikologi, dan kemampuan bahasa

Ini Nama 5 Personel Polda Sumut untuk Misi PBB ke Afrika Tengah5 Personel Polda Sumut untuk Misi PBB ke Afrika Tengah (dok. Istimewa)

Johni mengatakan, pihaknya telah melakukan seleksi kesehatan, psikologi, dan kemampuan bahasa. Kemudian akan melatih personel dalam bahasa Inggris dan Prancis. 

"Terutama karena di sana adalah misi francophone, dan juga masalah teknik taktik lapangan agar mereka siap untuk ditempatkan di misi perdamaian PBB," terang Johni.

Satgas Garbha FPU 4 MINUSCA telah melewati proses latihan yang panjang dan telah teruji sesuai dengan standar PBB untuk pemberangkatan ke Bangui, Republik Afrika Tengah.

Baca Juga: Mengenal Edwin Hariandja, Eks Kapolres Sibolga yang Baru Dipecat

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya