Indako Tularkan Virus Safety Riding untuk Pelajar Sibolga

 Faktor penyebab kecelakaan didominasi kelalaian manusia 

Sibolga, IDN Times - Kontribusi menumbuhkan semangat #Cari_aman di kalangan generasi muda Sumatera Utara (Sumut) kembali ditunjukkan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda dengan menggelar edukasi keselamatan berkendara (safety riding) kepada puluhan pelajar SMKN 3 Sibolga yang beralamat di Aek Tolan , Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah pada Selasa (21/9/2021).

Bekerja sama dengan dealer Honda PT. Kencana Mulia Abadi Sibolga yang juga turut menghadirkan penawaran menarik, edukasi bertemakan” Melayani Pelanggan dengan #Cari_aman“ yang diselenggarakan secara daring dan mengedepankan protokol kesehatan ini dimanfaatkan para instruktur safety riding untuk mengulas sejauh mana kepedulian para pelajar SMKN 3 Sibolga terhadap pentingnya keselamatan saat berkendara baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

1. Edukasi persiapan berkendara dan pengecekan kendaraan

Indako Tularkan Virus Safety Riding untuk Pelajar SibolgaTraining Safety Riding di Indako Safety Riding Center (Dok. IDN Times)

Berbagai strategi untuk memperkuat kesadaran para pelajar akan pentingnya menjaga keselamatan juga gencar diberikan Honda.

Seperti memberikan gambaran resiko yang di dapat ketika terjadi kecelakaan, dimana kecelakaan sendiri seperti gunung es , dimana hanya terlihat kecil di permukaan, terlihat kecil efeknya, namun besar di bagian bawahnya, dan ternyata besar sekali efek buruk yang harus diterima.

Para peserta edukasi juga dibekali dengan pengetahuan tentang persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum berkendara, dimana pengecekan kondisi ban, rantai, oli, rem, dan juga kelistrikan pada motor menjadi ritual penting yang harus dilakukan.

Antusias pelajar juga tampak saat para instruktur memberikan materi terkait teknik berkendara aman dan nyaman dengan motor di jalan.

2. Etika berkendara aman dan menginspirasi generasi muda lainnya

Indako Tularkan Virus Safety Riding untuk Pelajar SibolgaEdukasi keselamatan berkendara secara virtual (Dok. IDN Times)

Honda juga berupaya membuka wawasan para pelajar dengan pemahaman tagline #Cari_aman yang menjadi cara Honda untuk mengajak generasi muda menganut pola fikir tentang pentingnya menjaga keselamatan dan melindungi diri dengan helm dan jaket saat berkendara tidak hanya sekedar kebutuhan, namun menjadi gaya hidup.

Awaliul Ramdani selaku Kepala Sekolah SMKN 3 Sibolga mengungkapkan, sangat menyambut baik edukasi safety riding yang diberikan Honda kepada para pelajar yang terbilang cukup banyak menjadikan motor sebagai moda transportasi untuk berangkat sekolah.

Menurutnya, hal baik ini pastinya akan sangat bermanfaat bagi mereka untuk tidak hanya mematuhi peraturan lalu lintas di jalan, namun juga menerapkan etika berkendara aman dan menginspirasi generasi muda lainnya.

3. Faktor penyebab kecelakaan didominasi kelalaian manusia

Indako Tularkan Virus Safety Riding untuk Pelajar SibolgaIndako menggelar edukasi safety riding untuk pelajar (Dok. IDN Times)

Sofian Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy mengungkakan, Honda terus berupaya untuk pantang kendor menjaga komitmen dan konsistensi dalam mengampanyekan keselamatan berkendara kendati di masa pandemi.

Pihaknya juga berharap para pelajar Sibolga nantinya dapat manjadi bagian dari duta safety riding dengan memberi contoh dan mengimplementasikan ilmu-ilmu keselamatan berkendara yang diperolehnya.

“Selain faktor kendaraan dan lingkungan, manusia menjadi penyebab terbesar dengan dominasi 95 persen. Karenanya, melalui edukasi safety riding, Honda berharap para generasi muda akan dapat meningkatkan kualitas diri, menumbuhkan kesadaran, dan lebih menghargai nilai-nilai kehidupan dengan selalu #Cari_aman saat naik motor di jalan,“ ujar Sofian Hazri.

Baca Juga: Kisah Jusuf Sokartara, Mantan Atlet yang Keliling Dunia dengan Sepeda

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya