Gojek Akan Akuisisi UKM Binaan Dekranasda Masuk Ekosistem Digital

Omzet UMKM mitra GoFood meningkat 36 persen

Medan, IDN Times - Gojek, super app terbesar di Asia Tenggara menandatangani nota kesepahaman dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sumatera Utara (Dekranasda Sumut), Selasa (21/2/2023). Tujuannya untuk mempercepat digitalisasi usaha para pelaku UMKM dan peningkatan tata kelola pelayanan publik dan transportasi di Sumatera Utara.

Sebagai langkah lanjutan dari kerja sama yang dibangun, pihak Gojek dan Pemprov Sumut serta dinas-dinas terkait akan melakukan akuisisi UKM binaan Dekranasda untuk masuk dalam ekosistem Gojek.

Menindaklanjuti program-program peningkatan kapasitas dan digitalisasi pelaku UKM melalui Pusat Layanan Usaha terpadu Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumut serta melakukan eksplorasi dalam promosi UKM dalam ekosistem Gojek dengan pendanaan pemerintah daerah.

Penandatanganan nota kesepahaman secara terpisah ini dilakukan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, dan penandatanganan langsung dengan Ketua Dekranasda Sumut, Hj. Nawal Lubis dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Utara, Suherman dengan Vice President Sumatera Region, Erika Agustine yang diwakili oleh Regional Consumer Engagement Head, Cut Putri Pohan.

Acara Kriya Fest yang digelar oleh Dekranasda Sumut di Tiara Convention Center, mulai tanggal 21 hingga 23 Februari 2023.

1. Ada beberapa nota kesepahaman yang disepakati

Gojek Akan Akuisisi UKM Binaan Dekranasda Masuk Ekosistem DigitalGojek menandatangani nota kesepahaman dengan Pemprov Sumut dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sumatera Utara (Dekranasda Sumut) (Dok. IDN Times)

Kolaborasi strategis kedua belah pihak ini akan meliputi; pertama, nota Kesepahaman untuk Program Percepatan Digitalisasi UKM, Integrasi Transportasi, dan Pelayanan Publik Menggunakan Produk Layanan Gojek.

Kedua, nota kesepahaman dengan Dekranasda yang bertujuan untuk melakukan peningkatan kapasitas dan digitalisasi pelaku UKM dengan ekosistem Gojek.

Ketiga, Nota Kesepahaman dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu untuk melakukan inisiatif bersama peningkatan kapasitas pelaku UKM melalui ekosistem Gojek.

2. Gojek mendorong pelaku usaha UMKM memasuki ranah ekosistem digital

Gojek Akan Akuisisi UKM Binaan Dekranasda Masuk Ekosistem DigitalNawal saat pembukaan Kriya Fest 2023 di Tiara Covention Centre, Medan, Selasa (21/2/2023). (Istimewa/IDN Times)

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, secara terpisah menyampaikan apresiasinya terkait kerjasama strategis yang dibangun antara kedua belah pihak.

“Kolaborasi strategis ini merupakan sumbangsih sektor swasta secara nyata untuk pertumbuhan ekonomi dan good governance yang semakin baik di era digital saat ini. Kontribusi perusahan-perusahaan teknologi seperti Gojek, tentu membuat pelaku UMKM bisa semakin berkembang, dan tentu saja tata pemerintahan melalui ekosistem digital bisa membuat semua jenis pelayanan publik semakin cepat dan efisien,” ungkap Gubernur Edy.

Head of Public Policy & Government Relations Gojek Sumatera Bagian Utara, Teddy Firman Supardi mengatakan Gojek mendorong pelaku usaha UMKM memasuki ranah ekosistem digital, akan memberi dampak sosial nyata bagi perekonomian lokal di Sumatera Utara.

Menurutnya Gojek terus berupaya memberikan kontribusinya terhadap perekonomian lokal. Dengan memasuki ranah digital, maka omzet pelaku UMKM akan berpotensi terus meningkat dan memiliki pasar yang lebih luas ketimbang usaha konvensional. Selain UMKM, ekosistem digital ini akan memberikan dampak positif bagi tata kelola pelayanan publik di Sumatera Utara.

"Hal ini akan membantu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk mewujudkan good governance. Kami berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara atas kepercayaan yang diberikan kepada Gojek untuk menjalin kolaborasi strategis ini,” ungkapnya.

3. Omzet UMKM yang bergabung dalam GoFood di tahun 2019 meningkat 36 persen

Gojek Akan Akuisisi UKM Binaan Dekranasda Masuk Ekosistem DigitalGojek menandatangani nota kesepahaman dengan Pemprov Sumut dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sumatera Utara (Dekranasda Sumut) (Dok. IDN Times)

Dari hasil riset Lembaga Demografi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LDUI) yang bertajuk “Peran Ekosistem Digital Gojek di Ekonomi Indonesia Sebelum dan Saat Pandemi COVID-19” menemukan bahwa omzet UMKM yang bergabung dalam GoFood di tahun 2019 meningkat 36 persen, omzet social sellers GoSend meningkat 3 persen, dan omzet UMKM GoPay meningkat 7 persen sejak bergabung dengan Gojek.

Sedangkan, 78 persen UMKM GoFood juga mengalami peningkatan volume transaksi dan 98 persen dari mereka mendapatkan pelanggan baru.

Baca Juga: Kota Tua Jangan Hanya Tinggal Cerita

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya