Dua Rekening AKBP Achiruddin Berisi Puluhan Miliar Dibekukan

Dalam LHKPN KPK Achiruddin hanya laporkan harta Rp467 juta

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memblokir rekening milik AKBP Achiruddin Hasibuan dan anaknya, Aditya Hasibuan. PPATK menyebut rekening yang diblokir itu isinya mencapai puluhan miliar rupiah.

Kepala Biro Humas PPATK Natsir Kongah kepada wartawan menjelaskan, dari rekening bank Eks Kabag Bin Ops Ditnarkoba Polda Sumut dan anaknya itu  ada indikasi tindak pidana pencucian uang

"Dari dua rekening itu, ada puluhan miliar (nilai transaksinya)," ungkanya, Kamis (27/4/2023).

Nilai ini jauh lebih besar dari apa yang sebelumnya sudah dilaporkan Achiruddin dalam laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya.

Berdasarkan penelusuran IDN Times, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK yang dilakukan Achiruddin pada tahun 2021, ia mencantumkan harta sebesar Rp467 juta. Berikut ringkasannya:

1. Kerap pamer Moge di akun media sosial

Dua Rekening AKBP Achiruddin Berisi Puluhan Miliar DibekukanAKBP Achiruddin Hasibuan menaiki moge (Dok Instagram @achiruddinhasibuan)

Dalam LHKPN KPK 2021, Achiruddin Nasution memiliki total harta kekayaan Rp467.548.644. Dengan rincian harta berupa tanah dan bangunan senilai Rp46.330.000.

Kemudian mobil fortuner tahun 2006 dengan nilai Rp370 juta. Selebihnya hanya memiliki harta berupa kas dan setara kas Rp51.218.644 serta tidak memiliki utang.

Namun dalam laporan kekayaan ini ini tidak ada mencantumkan motor gede (moge) Harley Davidson dan mobil Rubicon yang sering diunggah di akun media sosialnya.

2. Polda Sumut dan Pertamina Geledah Gudang Solar Milik AKBP Achiruddin

Dua Rekening AKBP Achiruddin Berisi Puluhan Miliar DibekukanSuasana penggeledahan gudang solar milik AKBP Achiruddin (IDN Times/Indah Permata Sari)

Petugas gabungan dari Ditreskrimsus Polda Sumut bersama Pertamina Regional Sumbagut menggeledah gudang solar ilegal diduga milik AKBP Achiruddin Hasibuan yang juga tak jauh dari kediamannnya di Jalan Guru Sinumba Kelurahan Helvetia Timur, Kecamatan Medan Helvetia tampak tertutup dan digembok, Kamis (27/4/2023). Isi gudang ini tampak disegel seluruhnya.

Tampak di lokasi, lahan solar ilegal milik pejabat Polda Sumut itu ditemukan puluhan drum minyak, sejumlah tangki minyak bertuliskan Pertamina, 2 unit motor, serta satu unit mini bus yang telah disegel berisi tandon minyak dan juga faktur kuitansi.

Baca Juga: Ibu Korban Minta Teman dan Abang Aditya Hasibuan juga Ditangkap

3. Pernah aniaya kakek tukang parkir

Dua Rekening AKBP Achiruddin Berisi Puluhan Miliar DibekukanAKBP Achiruddin Hasibuan. (Dok. Istimewa)

Nama Achiruddin Hasibuan juga pernah viral pada tahun 2017. Kala itu ia masih berpangkat Komisaris Polisi di Polda Sumut dilaporkan atas dugaan menganiaya seorang tukang parkir.

Ia diduga melakukan kekerasan terhadap Juru Parkir Najirman Jambak (64), Minggu (7/5/2017) sekira pukul 21.00 WIB.

 Najirman bercerita bahwa awalnya oknum perwira AH ini diarahkan olehnya untuk memarkirkan mobil dikawasan jalan Adam Malik tepatnya di rumah makan Steak and Shake. Hal ini dilakukan Najirman karena letak parkir mobil milik perwira mantan kasat Narkoba Deli Serdang ini menyalahi, yakni memarkirkan mobilnya di areal perparkiran sepeda motor.

Diduga tersinggung karena harga dirinya sebagai Perwira Kepolisian tidak dihargai oleh Najirman, Achiruddin kembali menemui Najirman usai makan di rumah makan Steak and Shake itu, dengan perasaan dongkol dan bercampur emosi memarahi Najirman.

Tidak sampai disitu, Kompol AH kemudian melayangkan kakinya untuk menendang pria tua ini sampai tersungkur jatuh disaksikan cucunya Z (14). Tidak hanya ditendang, pukulan telak pun dilayangkan oleh AH dan bersarang di wajah pria tua itu.

Najirman didampingi cucunya melaporkan peristiwa tersebut ke Propam Polda Sumatera Utara dengan nomor STTLP/329/IV2017/SPKT III.

4. AKBP Achiruddin sudah dicopot dari jabatannya dan anaknya dijadikan tersangka

Dua Rekening AKBP Achiruddin Berisi Puluhan Miliar DibekukanPolda Sumut menetapkan Aditya Hasibuan sebagai tersangka, Selasa (25/4/2023) malam. (Dok. Twitter @mazzini_gsp)

Akibat video penganiayaan yang viral baru-baru ini, anak Achiruddin, Aditya kini ditahan di Mapolda Sumut. Begitu juga Achiruddin ditahan di tempat khusus oleh Bidang Propam Polda Sumut. AKBP Achiruddin juga dicopot dari jabatannya sebagai Kabag Bin Opsnal Direktorat Narkoba Polda Sumut.

AKBP Achiruddin juga terbukti melanggar Pasal 13 huruf m Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Kode Etik Profesi Dan Komisi Kode Etik Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dia terbukti melakukan pembiaran terhadap tindakan pidana yang dilakukan anaknya.

“Untuk pemeriksaan, sementara dievaluasi dan di-nonjob-kan. Sementara tidak menjabat sebagai Kabag Bin Opsnal Ditnarkoba Poldasu dan kami tahan di ruangan khusus," ucap Direktur Reskrimum Polda Sumut Komisaris Besar Sumaryono kepada awak media di Mako Polda Sumut, Selasa (25/4/2023) malam.

AKBP Achiruddin juga terancam dilakukan demosi atau pun ditempatkan di lokasi khusus. Apalagi jika terbukti ada upaya pengancaman yang dilakukan AKBP AH dengan menggunakan senjata laras panjang.

Sementara itu, Aditya terancam dijerat dengan pasal 351 ayat 2 tentang penganiayaan dengan ancaman 5 tahun penjara.

5. Ibu Korban Minta Teman dan Abang Aditya Hasibuan juga Ditangkap

Dua Rekening AKBP Achiruddin Berisi Puluhan Miliar DibekukanElfi, ibu kandung KA, korban penganiayaan Aditya Hasibuan, anak pejabat Polda Sumut AKBP Achiruddin Hasibuan. (Istimewa)

KA dianiaya dengan brutal oleh Aditya Hasibuan pada 22 Desember 2022 lalu. Disaksikan sang Ayah Achiruddin Hasibuan.

Elfi, Ibu dari korban KA mengatakan ada pelaku lain yang belum dipanggil pihak kepolisian. 

"Menurut saya ada RS, penodong senjata. Pak Achiruddin perintahkan masuk ke dalam rumah ambil senjata laras panjang. Inilah orangnya, di BAP juga tapi sama sekali belum dipanggil. Semua jelas di BAP ada, Polrestabes," kata Elfi, Rabu (26/4/2023).

Elfi mengatakan sosok yang dimaksud adalah teman dari Aditya Hasibuan. Termasuk juga abang pelaku.

"Ini kawannya Aditya. Artinya pada saat anak saya disiksa begitu ada dia, juga salah satu abangnya Aditya, yang bilang 'kuhajar kamu nanti'," kata Elfi.

Elfi berharap kepolisian bergerak untuk memanggil sosok-sosok yang ada di video penganiayaan tersebut.  "Saya mohon siapapun yang ada di situ. Yang menyaksikan penyiksan anak saya bisa dipanggil lah," tambahnya.

Karena penganiayaan itu, KA menderita luka cukup parah. Kata Elfi, anaknya mendapat perawatan intensif di rumah sakit. Anaknya juga mendapat sejumlah jahitan.

Keesokan hari setelah dianiaya, kepala KA tidak bisa dimiringkan. Dia juga sudah melakukan pemindaian di rumah sakit untuk mengetahui dampak penganiayaan.

Baca Juga: Kerap Pamer Moge, AKBP Achiruddin Laporkan Harta hanya Rp467 Juta

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya