Dies Natalis Ke-43 FISIP USU Berlangsung Meriah

Mengusung tema FISIP Harmoni Membangun Negeri

Medan, IDN Times - Dies Natalis ke-43 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) USU berlangsung meriah dengan berbagai kegiatan. Perayaan yang mengusung tema "FISIP Harmoni Membangun Negeri" itu digelar di Kampus FISIP USU, Jalan Dr. A. Sofian Medan, 20-21 Oktober 2023.

"Perayaan Dies Natalis tahun ini diharapkan bisa semakin menumbuhkan semangat semua stake holder untuk memajukan FISIP USU," kata Dekan FISIP USU, Dr. Hatta Ridho S.Sos MSP pada acara pembukaan Dies Natalis itu di Kampus FISIP USU, Medan, Jumat (20/10/2023).

Menurut dia, FISIP USU terus maju dan berkembang pesat. Hal itu, katanya, tercermin dari pencapaian seluruh program studi yang mendapatkan akreditasi A/Unggul. Bahkan saat ini, beberapa program studi sedang menuju akreditasi internasional.

Hatta Ridho, ke depannya FISIP bisa terus memberikan kontribusi. Dia juga berharap agar para mahasiswa menjadi pribadi yang siap pakai dengan soft skill dan hard skill yang mumpuni.

"Tema tahun ini 'FISIP Harmoni Membangun Negeri, berarti segala potensi yang ada kita gunakan untuk pengembangan masyarakat memberi kontribusi baik konsep. Pemikiran, tenaga, dan materi semua kita sumbangkan untuk negeri, " katanya.

1. Ajang jalin silaturahmi antar alumni

Dies Natalis Ke-43 FISIP USU Berlangsung MeriahDies Natalis ke-43 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) USU (Dok. IDN Times)

Mahasiswa harus lebih percaya diri dan lebih bangga. Alasan dia, USU sendiri sudah terakreditasi unggul, sudah masuk Word Class University, Mahasiswa adalah fokus utama.

"Dengan keterampilan ilmu yang dimiliki mahasiswa, baik soft skill dan hard skill berdaya saing internasional dan mahasiswa kita siap disandingkan dengan mahasiswa mancanegara," tambahnya.

Dari perayaan Dies Natalis ke-43 FISIP USU ini diharapkan dapat terjalin silaturahmi antar alumni, serta terbukanya peluang kerja sama antarlembaga dan mitra

2. Mengusung tema FISIP Harmoni Membangun Negeri

Dies Natalis Ke-43 FISIP USU Berlangsung MeriahDies Natalis ke-43 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) USU (Dok. IDN Times)

Ketua Panitia Dies Natalis ke -43 FISIP USU, Dra. Mazdalifah MSi Ph.D. mengatakan, perayaan itu mengusung tema "FISIP Harmoni Membangun Negeri".

Tema itu menggambarkan bahwa kerja sama dan komunikasi yang baik dapat menghilangkan celah dan menjembatani perbedaan, sehingga nantinya seluruh civitas akademika FISIP USU dapat bersatu padu memajukan FISIP USU dan mewujudkan cita-cita internasionalisasi.

Tema itu dipilih sejalan dengan semangat membangun atmosfer pendidikan yang maju menuju World Class University dengan tetap menekankan keunggulan lokal.

Hal itu sejalan dengan visi FISIP USU untuk menjadi fakultas berstandar internasional dengan keunggulan lokal dibidang ilmu sosial dan ilmu politik yang mampu bersaing di tataran global.

Diikuti oleh seluruh civitas akademika FISIP USU, baik mahasiswa, dosen, tenaga
kependidikan dan alumni, perayaan Dies Natalis ke-43 FISIP USU itu memiliki berbagai tujuan.

Mulai menjalin silaturahmi keluarga besar FISIP USU, Menjadi wadah untuk mengekspresikan prestasi civitas akademika kepada khalayak. Menggalang dukungan dari seluruh civitas akademika untuk mewujudkan internasionalisasi FISIP USU. 

3. Ada berbagai perlombaan yang digelar

Dies Natalis Ke-43 FISIP USU Berlangsung MeriahDies Natalis ke-43 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) USU (Dok. IDN Times)

Kemudian menjaring aspirasi dari seluruh civitas akademika untuk peningkatan kualitas FISIP USU.

"Untuk semakin memeriahkan Dies Natalis ke -43 FISIP USU juga digelar berbagai acara" ujar Mazdalifah yang juga Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP USU

Seperti Orasi Ilmiah Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pribudiarta Nur Sitepu, dengan tema "Urgensi Pemberdayaan Perempuan dalam Eksistensinya di Era Digital guna Membangun Peran Sosial di Masyarakat.

Kemudian pelantikan Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Praktisi Human Resources Indonesia (Asphri) Sumut dan Job Fair. Ada berbagai perlombaan seperti fashion show untuk mahasiswa dan anak.

Lomba mewarnai yang diikuti oleh anak-anak dari keluarga besar FISIP USU. Hingga bazar dan Fun Day yakni senam sehat dan sarapan bersama.

"Sebelumnya, telah dilaksanakan beberapa perlombaan mulai esai dan Vlog untuk mahasiswa aktif FISIP USU, serta Bulu Tangkis dan Tenis Meja untuk mahasiswa aktif, dosen, dan tenaga pendidik FISIP USU, " ujar perempuan yang akrab dipanggil Teteh ini.

Baca Juga: Viral Petugas Dishub Medan Diduga Dianiaya, Pelaku Salah Sasaran

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya