Anindya Bakrie: USU dan KADIN Bisa Kolaborasi Membangun Business Hub

Anindya Bakrie beri Orasi Ilmiah pada Dies Natalis Ke-70 USU

Medan, IDN Times – Universitas Sumatera Utara memiliki peran strategis dalam mendorong percepatan pembangunan di Sumatera Utara. Satu hal yang bisa dilakukan USU dengan berkolaborasi Bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) adalah dengan membangun Business Hub.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Anindya Novyan Bakrie Lubis saat memberikan orasi ilmiah pada acara Dies Natalis Ke-70 Universitas Sumatera Utara (USU) di Auditorium USU, Kamis (20/10/2022).

Anindya Bakrie mengaku sangat bangga bisa berdiri dan hadir di hadapan civitas akademika USU untuk menyampaikan orasi ilmiah. Menurutnya USU sebagai salah satu kampus terbesar di Indonesia yang sudah berusia 70 tahun tentu bisa membuat terobosan.

“Ini merupakan suatu kehormatan saya pribadi untuk menyampaikan orasi ilmiah di sini. Saya hadir di sini mewakili KADIN Indonesia sebagai Dewan Pertimbangan,” katanya.

Baca Juga: Kapolsek Miliarder, AKP Manaek Lebih Kaya daripada Kapolda Irjen Panca

1. Sumut bisa jadi salah satu contoh Net Zero Business Hub

Anindya Bakrie: USU dan KADIN Bisa Kolaborasi Membangun Business HubKetua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Anindya Novyan Bakrie Lubis saat memberikan orasi ilmiah pada acara Dies Natalis Ke-70 Universitas Sumatera Utara (USU) di Auditorium USU, Kamis (20/10/2022). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Menurutnya dari kacamata KADIN ada beberapa dukungan yang bisa diberikan pada USU. Menurutnya USU perlu memikirkan dua hal, pertama core of competency, kompetensi apa yang ada di USU ini.

“Tabiat orang Sumatera Utara ini pejuang semua. Sehingga tidak menutup kemungkinan menggalakkan inovasi, ini bisa jadi ciri Sumatera Utara dan USU tentunya,” tambahnya.

Kedua, Core of excellence, yaitu memaksimalkan apa yang membuat kita excellence. Ia melihat peluang ini sangat besar pada USU. Dimana USU bisa bekerja sama dengan Stamford University.

“Terakhir pesan saya, bagaimana USU bisa menjadi bussines HUB, berkolaborasi dengan KADIN, yang secara UU memayungi seluruh organisasi usaha. Ini bisa jadi terobosan, Sumut bisa jadi salah satu contoh Business Hub, Net Zero Business Hub, fokusnya untuk membuat bisnis menggunakan emisi yang baik di Sumut sebelum tahun 2060 dimana Indonesia sudah berkomitmen secara global,” terangnya.

2. KADIN saat ini sedang mengembangkan close-loop system

Anindya Bakrie: USU dan KADIN Bisa Kolaborasi Membangun Business HubPresiden RI Joko Widodo saat memberikan sambutan pada acara Dies Natalis Ke-70 Universitas Sumatera Utara (USU) di Auditorium USU, Kamis (20/10/2022). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

KADIN, tambahnya, saat ini sedang mengembangkan close-loop system. Karena harus disadari bahwa 90 persen tenaga kerja ada di UMKM 70 persen kontribusi ekonomi ada di UMKM. Sehingga KADIN memikirkan bagaimana mengakselerasi lima hal.

Pertama mengakselerasi akses pada pasar, kedua akselerasi meningkatkan upskilling, ketiga akses pada financing, empat bagaimana bersama mendapat regular support, dan kelima bagaiamana bisa berkelanjutan

“Kelima hal ini membuat kerja sama USU dengan berbagai pihak menjadi baik. Mungkin ini adalah yang bisa dikembangkan di Sumut dan di mulai dari USU,” jelasnya.

3. Momentum untuk merefleksikan seluruh upaya yang telah dilakukan USU

Anindya Bakrie: USU dan KADIN Bisa Kolaborasi Membangun Business HubRektor USU, Dr Muryanto Amin, S.Sos, M.Si (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Rektor USU, Dr Muryanto Amin, S.Sos, M.Si dalam penyampaian laporannya mengatakan bahwa tahun 2022 USU sudah berusia 70 tahun, menandai perjalanan panjang yang telah ditempuh USU sebagai salah satu Universitas tertua di Indonesia.

Sepanjang berdirinya, USU dinilai sudah berkontribusi signifikan pada pembangunan manusia dan pengembangan keilmuan bagi Bangsa Indonesia.

"Peringatan usia ke-70 ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk merefleksikan seluruh upaya yang telah dilakukan USU, berdasarkan potensi keunggulan yang dimiliki dikembangkan secara berkesinambungan. Hal itu, untuk mewujudkan Visi USU pada Tahun 2039 yaitu Menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global," jelas Muryanto.

Program Prioritas Rektor USU 2021-2026 dan Rencana Strategis USU 2020-2024 yaitu focus pada pengembangan USU sebagai universitas yang menggabungkan program pembelajaran inovatif. Kemudian hilirisasi penelitian, dan produk inovasi yang digunakan oleh masyarakat, Pemerintah dan industri. 

"Peringatan Dies Natalis USU Ke-70 ini memperkuat semangat entrepreneurial, agar menghadapi potensi resesi tahun 2023. Indonesia dapat bertahan dan memperkuat pondasi ekonomi bangsa melalui pengembangan teknologi dan inovasi industri nasional agar mengurangi ketergantungan Indonesia pada produk impor," ungkap mantan Dekan FISIP USU ini.

Baca Juga: Ini Deretan Kepala Daerah Terkaya hingga Termiskin di Sumatera Utara

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya