10 Jurusan Kuliah Terfavorit di Universitas Negeri Medan

Peminat SNMPTN Unimed tahun 2021 meningkat tinggi

Medan, IDN Times - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah dibuka sejak 15 Februari 2021 dan akan ditutup pada Rabu 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB.

Berdasarkan data resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), jumlah siswa yang sudah melakukan login ke portal SNMPTN sebanyak 629.467 siswa.

Ketua Pelaksana LTMPT Budi Prasetyo menjelaskan, dari jumlah peserta yang login, sebanyak 544.434 pendaftar telah memilih program studi (prodi).

Nah berikut 10 prodi atau jurusan terfavorit di Unimed:

1. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar paling banyak peminat

10 Jurusan Kuliah Terfavorit di Universitas Negeri Medan10 Jurusan Kuliah Terfavorit di Universitas Negeri Medan (Dok. IDN Times)

Untuk pendaftar di Unimed sebanyak 25.780 orang peserta yang telah memilih 51 Program Studi di Unimed. Adapun sepuluh Prodi favorit dengan peminat terbanyak di Unimed pada SNMPTN 2021 yakni: (1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebanyak 3237 peminat; (2) Manajemen 1861 peminat; (3) Akuntansi 1071 peminat; (4) Pendidikan Bimbingan dan Konseling 1048 peminat; (5) Gizi 978 peminat.

(6) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebanyak 962 peminat, (7) Pendidikan Bahasa Inggris 896 peminat; (8) Pendidikan Matematika 851 peminat; (9) Ilmu Komputer 816 peminat, dan (10) Pendidikan Biologi 780 peminat.

Baca Juga: 9 Tanda Cowok Serius dan Akan Melamar Kamu, Siap-siap Ya!

2. Peminat di Unimed tahun ini meningkat yang awalnya 13.715 saat ini sudah mencapai 25.780

10 Jurusan Kuliah Terfavorit di Universitas Negeri MedanRektor Unimed Syamsul Gultom (dok. Humas Unimed)

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom mengatakan, peminat di Unimed tahun ini meningkat yang awalnya 13.715 saat ini sudah mencapai 25.780.

Untuk Prodi PGSD selalu menjadi unggulan yang paling banyak peminatnya, setiap tahunnya selalu menempati urutan pertama peminat tertinggi pada penerimaan mahasiswa baru di semua jalur. Hal ini mengindikasikan, banyak masyarakat yang berminat kuliah di Prodi PGSD tersebut.

Kemungkinan dilatarbelakangi oleh peluang kerja lulusan Prodi PGSD yang menjanjikan, dan peluang langsung kerja setelah tamat jadi acuan masyarakat. Untuk Prodi yang lain yang diminati oleh masyarakat secara general tidak mengalami perubahan berarti. Artinya setiap tahun memang 10 Prodi tersebut di atas yang di minati oleh masyarakat.

3. Jalur SNMPTN akan diumumkan pada Senin 22 Maret 2021

10 Jurusan Kuliah Terfavorit di Universitas Negeri Medanwww.youthmanual.com

Lebih jauh Dr. Syamsul, mengungkapkan bahwa persaingan di SNMPTN 2021 semakin ketat karena kouta SNMPTN 2021 sebesar 1.400 orang.

Jalur SNMPTN akan diumumkan pada Senin 22 Maret 2021, yang dapat dilihat di laman ltmpt.ac.id atau unimed.ac.id bagi siswa/i yang belum dinyatakan lulus jangan berkecil hati karena memang persaingan yang sangat ketat, tetapi masih ada jalur SBMPTN yang koutanya di setiap PTN lebih banyak dari SNMPTN. Kemudian setelah SBMPTN, juga masih ada jalur Seleksi Mandiri di setiap PTN.

Kunci suksesnya untuk bisa diterima kuliah di PTN pilihan, sesungguhnya melalui banyak-banyak berdoa, berusaha belajar secara maksimal, dan persiapkan pengetahuan dan mental dengan baik. Tidak ada kata terlambat, jika ada niat baik dan kesungguhan untuk sukses, pasti akan ada jalan untuk meraihnya.

Seleksi SNMPTN dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: a) Siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi. b) Siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

Kebijakan LTMPT, siswa yang telah lulus jalur SNMPTN 2021 nanti, harus mengambilnya karena tidak akan dapat kembali mendaftar pada jalur SBMPTN dan Mandiri Unimed. Pilihan Prodi pada jalur SNMPTN yang telah dipilih oleh pendaftar merupakan pilihan final sesuai minat dan bakat yang telah ditentukan.

Baca Juga: Astaga, 20 Artis Ini Ternyata Punya Mantan Sama

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya